Info Lengkap Studi di University of Birmingham

University of Birmingham merupakan salah satu universitas top di Inggris. Universitas ini terletak di Kota Birmingham, sebuah kota yang luar biasa untuk belajar. Kota ini memiliki populasi pelajar yang besar, infrastruktur yang bagus, dan pemandangan budaya yang semarak.

Kuliah di University of Birmingham tentunya akan memperkaya pengalaman studi kamu di Inggris. Sebab, Birmingham juga merupakan kota dengan budaya paling beragam di Inggris. Tercatat, lebih dari 20% penduduknya berasal dari luar negeri. Akibatnya, kota ini sering menyelenggarakan berbagai acara fantastis, seperti perayaan Idul Fitri terbesar di Inggris, festival makanan, musik, tarian, dan seni Birmingham Karibia yang penuh warna.

Lebih lanjut, Kota Birmingham juga menyediakan akomodasi tempat tinggal pelajar yang terletak di pusat dengan dukungan panggilan 24/7 dan Wi-Fi berkecepatan tinggi. Menginap di akomodasi Collegiate’s Birmingham berarti kamu bisa memiliki semua hal yang kamu butuhkan. Tidak seperti kota-kota besar lainnya di Inggris, seperti London, Birmingham adalah lokasi yang terjangkau.

Jika Hunters selalu ingin mencicipi makanan baru, maka Birmingham adalah tempat yang tepat. Adanya sejumlah besar restoran fantastis dan pengaruh berbagai negara yang tinggal di dalam kota, di Birmingham kamu dapat menemukan masakan lezat dari seluruh dunia. Lantas bagaimana dengan biaya kuliah di Birmingham ya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Biaya kuliah dan keperluan lain

Dalam satu tahun, biaya kuliah sekaligus akomodasi dan sebagainya dapat dirata – ratakan menjadi berikut ini:

  1. Jika kamu ingin mengambil program sarjana atau S1, maka uang yang perlu dipersiapkan untuk kebutuhan studi selama satu tahun ialah sekitar 11.410 poundsterling. Ini setara dengan 205 juta rupiah.
  2. Untuk mahasiswa pascasarjana atau program doktoral, uang yang perlu dipersiapkan dalam satu tahun untuk kepentingan studi ini adalah 13.130 poundsterling. Jika dirupiahkan, kira – kira akan menjadi 236 juta rupiah.
  3. Untuk biaya hidup per tahunnya, sudah meliputi tempat tinggal, makan, dan sebagainya, kamu perlu mengeluarkan biaya paling tidak 6.866 poundsterling. Ini setara dengan 125 juta rupiah.
  4. Sedangkan untuk akomodasi kampus dan berbagai keperluan lain, paling tidak kamu harus menyiapkan uang sebanyak 6.370 poundsterling. Jika dirupiahkan, nilainya sama dengan 115 juta rupiah.

 

Bagaimana menurut Hunters? Masih lebih murah dibanding dengan universitas-universitas lain di Inggris, bukan? Jadi, Birmingham jelas pilihan yang harus dipertimbangkan!

Kelebihan University of Birmingham

Jika Hunters bertanya-tanya apa saja kelebihan dari universitas ini, jawabannya tentu banyak sekali. Berikut beberapa hal yang menjadikan University of Birmingham layak untuk dipertimbangkan.

  1. University of Birmingham letaknya yang sangat strategis, yakni di pusat Kota Birmingham
  2. University of Birmingham menjadi universitas terbesar di Kota Birmingham dengan dua kampus utama.
  3. University of Birmingham memiliki beragam fasilitas yang paling mutakhir seperti laboratorium sains, ruang kejadian perkara, teater simulasi, juga kawasan terbesar studio TV antara Salford dan London. Ini disebabkan, dalam beberapa tahun terakhir pihak universitas berinvestasi sampai dengan 260 juta poundsterling untuk berbagai keperluan tersebut.
  4. Jika kamu berkuliah di University of Birmingham, kamu bisa berkuliah sekaligus bekerja melalui agen kesempatan kerja yang ditawarkan, di mana mahasiswa akan dibantu mendapat pekerjaan yang cocok dengan mereka.
  5. University of Birmingham memiliki banyak sekali rekanan industri yang memudahkan mahasiswanya magang sekaligus mendapat pengalaman kerja.
  6. Setiap mahasiswa di University of Birmingham punya kesempatan untuk melanjutkan studinya ke luar negeri melalui program pertukaran pelajar.
  7. Sebanyak 94% lulusan University of Birmingham mendapatkan pekerjaan mereka dalam kurun waktu 6 (enam) bulan pasca kelulusan karena memiliki tim dukungan karier yang solid.
  8. Setiap mahasiswa di University of Birmingham mendapatkan dukungan penuh dengan layanan yang maksimal selama perkuliahan. Misalnya, untuk mahasiswa disabilitas, program panduan keuangan, konseling serta informasi mengenai visa dan imigrasi, bimbingan karier dengan pakarnya langsung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Fasilitas lain di University of Birmingham

Beberapa fasilitas lain yang akan Hunters dapatkan di Birmingham University ini, yaitu:

  1. Curzon, memiliki berbagai fasilitas paling mutakhir seperti laboratorium psikologi, ruang saham CITY, dan ruang sidang simulasi.
  2. Millennium Point, yakni tempat untuk semua program komputerisasi, lingkungan buatan dan teknik dirancang sekaligus disampaikan.
  3. Kampus City South, terletak di selatan kampus City Centre. Ini adalah tempat untuk menyampaikan program-program kesehatan juga pelayanan sosial. Bangunan ini mempunyai laboratorium spesialis khususnya untuk program-program baru di universitas. Misalnya seperti program olahraga, pendidikan, dan ilmu kehidupan.

 

Departemen yang ada di University of Birmingham

University of Birmingham terbuka untuk pelajar internasional dengan departemen dan jurusan sebagai berikut:

  1. College of Arts and Law
    1. Birmingham Law School;
    2. English, Drama and Creative Studies;
    3. History and Cultures;
    4. Language, Cultures, Art History and Music;
    5. Philosophy, Theology and Religion.
  2. College of Medical and Dental Sciences
    1. Applied Health Research;
    2.  Birmingham Medical School;
    3.  Cancer and Genomic Sciences;
    4.  Cardiovascular Sciences;
    5.  Clinical Sciences, dsb.
  3. College of Life and Environmental Sciences
    1.  Biosciences;
    2. Geography, Earth and Environmental Sciences;
    3.  Psychology;
    4. Sport, Exercise and Rehabilitation Sciences.
  4. College of Engineering and Physical Sciences
    1. Chemical Engineering;
    2.  Computer Science;
    3.  Engineering;
    4.  Mathematics;
    5. Physics and Astronomy, dsb.
  5. College of Social Sciences
    1. Birmingham Business School;
    2. Education;
    3. Government;
    4. Social Policy.

 

Tertarik kuliah di University of Birmingham dan ingin berkonsultasi lebih lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa, persiapan dokumen, hingga interview. Silakan klik tombol Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Bagaimana, semakin tertantang bukan, untuk kuliah di sana? Selain biaya yang lebih murah dibanding dengan universitas-universitas lain di Inggris, beasiswa juga disediakan loh. Simak yuk!

Kuliah di University of Birmingham dengan Beasiswa Erasmus+

Beasiswa Erasmus Mundus, atau yang kini sudah berubah nama menjadi program Erasmus+, adalah program pembiayaan yang ditawarkan oleh Uni Eropa untuk mendukung berbagai kegiatan pendidikan, pelatihan, kepemudaan dan olahraga di berbagai institusi pendidikan luar negeri di Uni Eropa.

Melalui program beasiswa yang dibuka oleh Erasmus+, pelajar internasional dari seluruh penjuru dunia bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman kerja di berbagai negara di Eropa sambil mengejar gelar di jenjang sarjana maupun pascasarjana.

Program Erasmus+ membuka berbagai program beasiswa dengan persyaratan dan target peserta yang berbeda – beda. Meskipun demikian, pelajar internasional dari regional ASEAN termasuk Indonesia dapat mengikuti 2 (dua) jenis program beasiswa yaitu Erasmus Mundus Joint Master Degree dan Erasmus Mundus Partnerships.

1. Erasmus Mundus Joint Master Degree Program

Program Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) adalah beasiswa di jenjang Master yang diselenggarakan secara bersama – sama oleh konsorsium internasional yang terbentuk berkat kerjasama berbagai institusi pendidikan tinggi di Uni Eropa.

Program studi yang dapat dicoba oleh calon mahasiswa di bawah skema beasiswa EMJDM mencakup berbagai disiplin ilmu termasuk di antaranya: Agricultural and Forestry Sciences, Business and Management Sciences, Communication and Information, Education and Teaching, Engineering, Humanities dan Law. Program studi di bawah skema EMJMD umumnya berlangsung selama 12–24 bulan.

Hal menarik dari program EMJMD adalah mahasiswa yang diterima untuk belajar di salah satu program studi EMJMD akan menempuh proses perkuliahan di berbagai universitas yang berlokasi di Eropa. Mahasiswa bisa mendapatkan kesempatan langka untuk merasakan pengalaman hidup dan belajar di berbagai belahan Eropa yang berbeda.

Selain itu, setelah menyelesaikan program studi EMJMD, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh joint degree (ijazah atau gelar pendidikan yang dikeluarkan oleh setidaknya 2 (dua) perguruan tinggi yang berbeda di bawah konsorsium EMJMD) atau multiple degree (setidaknya 2 (dua) ijazah atau gelar pendidikan yang dikeluarkan oleh 2 (dua) perguruan tinggi yang berbeda di bawah konsorsium). Program studi yang termasuk dalam skema EMJMD ini dapat berubah setiap tahunnya.

Cakupan Beasiswa ERASMUS Mundus Joint Master Degree Program (EMJMD)

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Tunjangan partisipasi pendidikan yang mencakup biaya kuiah, biaya yang dikeluarkan untuk perpustakaan dan laboratorium, biaya asuransi kesehatan secara penuh dan biaya wajib lainnya yang harus dikeluarkan saat menempuh pendidikan Master.
  2. Biaya perjalanan dan akomodasi.
  3. Uang saku bulanan yang diberikan selama periode studi berlangsung.

 

Rata-rata nilai beasiswa EMJMD untuk program studi dengan durasi 1 (satu) tahun adalah sebesar € 24,000. Meskipun demikian, nilai total beasiswa yang diberikan dapat berbeda – beda tergantung dari durasi perkuliahan dan negara asal mahasiswa.

Persyaratan Beasiswa ERASMUS Mundus Joint Master Degree Program (EMJMD)

Untuk mendaftar program beasiswa ini, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

  1. Calon mahasiswa jenjang S2 dari seluruh penjuru dunia;
  2. Sudah lulus atau mendapatkan ijazah dari jenjang pendidikan sebelumnya;
  3. Belum pernah mendapatkan beasiswa EMJMD atau Erasmus Mundus Master Course/Joint Doctorate Scholarship sebelumnya;
  4. Memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan untuk program studi yang dituju.

 

Baca Juga: Kuliah di Inggris Wajib Memiliki Sertifikat Bahasa Inggris, Lho! Intip Contoh Soal IELTS di sini

 

2. Erasmus Mundus Partnership Programme

Program Erasmus Mundus Partnership adalah program yang bertujuan untuk mendorong pengembangan berkelanjutan di bidang pendidikan tinggi di berbagai negara di dunia. Program ini mencakup skema beasiswa yang mendukung mobilitas pelajar saat berkuliah di berbagai universitas di Eropa untuk berbagai jenjang pendidikan termasuk jenjang Sarjana, Master, Doktoral dan Post Doktoral. Program ini dapat berlangsung dalam durasi 6–34 bulan tergantung jenjang pendidikan.

Cakupan Beasiswa Erasmus Mundus Partnership Programme

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Biaya perjalanan;
  2. Biaya akomodasi;
  3. Biaya hidup;
  4. Biaya terkait dengan matrikulasi dan asuransi kesehatan.

 

Persyaratan Beasiswa Erasmus Mundus Partnership Programme

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa ini berbeda – beda tergantung program yang dituju. Program yang dapat dituju untuk pelajar internasional dari ASEAN antara lain: 

  1. LEADERS 
  2. SMTLINK 
  3. EXPERTS
  4. LEADER
  5. LOTUS+
  6. ALFABET
  7. IMPAKT
  8. GLINK
  9. EURASIA

 

Baca Juga : Tertarik Kuliah di Eropa dengan Beasiswa? Cek 7 Beasiswa Tanpa Wawancara di sini

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Beasiswa Erasmus+

Ingin lolos beasiswa Erasmus+? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa Erasmus+? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

university of birmingham