Visa Kerja Jerman: Pengertian hingga Prosedur Pembuatannya

Visa kerja Jerman merupakan salah satu dokumen yang harus Hunters siapkan jika kamu ingin kerja di Jerman. Namun, sebenarnya, apa, sih, yang dimaksud dengan visa kerja Jerman? 

Dilansir laman Germany Visa, visa kerja Jerman atau Germany Working Visa merupakan jenis visa yang diperuntukkan bagi pekerja asing, baik di Eropa maupun di luar Eropa yang ingin bekerja di Jerman. Visa kerja Jerman ini juga dibutuhkan oleh para pekerja asing agar mereka bisa menetap di sana.

Syarat Pembuatan Visa Kerja Jerman

Jika Hunters ingin membuat visa kerja Jerman, tentu ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Untuk rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Dua formulir pengajuan yang sudah diisi lengkap;
  2. Dua foto paspor;
  3. Paspor nasional yang masih berlaku;
  4. Bukti kependudukan (KTP, KK, dan lain-lain);
  5. Bukti asuransi kesehatan;
  6. Bukti kontrak kerja di Jerman;
  7. Laporan bukti kriminal (SKCK);
  8. Daftar riwayat hidup (CV);
  9. Sertifikat kualifikasi pendidikan (ijazah, transkrip nilai, sertifikat kompetensi, dan lain-lain);
  10. Surat lamaran pribadi;
  11. Bukti biaya pengajuan visa yang telah dibayar. 

 

Baca Juga: Cara Kerja di Jerman Lewat Program G to G

 

Prosedur Pembuatan Visa Kerja Jerman

Hunters bisa mengajukan pembuatan visa kerja Jerman di tiga tempat, yakni di Kantor Kedutaan Besar Jerman di Indonesia, di Kantor Konsulat Jenderal Jerman di Indonesia, atau di Kantor Urusan Imigrasi yang ada di Jerman. Adapun untuk prosedur pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat janji dengan petugas kedutaan, konsulat, atau petugas kantor imigrasi Jerman.
  2. Mengunjungi kantor kedutaan, konsulat, atau kantor imigrasi Jerman.
  3. Menyerahkan dokumen yang telah disyaratkan kepada petugas kedutaan, konsulat, atau kantor imigrasi Jerman.
  4. Menunggu proses verifikasi dokumen selesai. Biasanya, proses verifikasi dokumen membutuhkan waktu sekitar 10 menit.
  5. Setelah proses verifikasi dokumen selesai, petugas akan memasukkan data pribadi Hunters ke sistem online mereka. Proses ini biasanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit. Kemudian, Hunters akan mendapatkan salinan cetak pengajuan visa kerja.
  6. Setelah proses pengajuan selesai, Hunters akan diminta untuk melakukan pemindaian sidik jari digital. Proses ini biasanya membutuhkan waktu 7 hingga 8 menit.

 

Waktu Pemrosesan Visa Kerja Jerman

Setelah mengikuti semua prosedur di atas, Hunters hanya perlu menunggu hingga visa kerja Jerman yang kamu ajukan selesai dibuat. Biasanya, proses pembuatan visa kerja Jerman membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 3 bulan.

Itu pun tergantung banyaknya pengajuan yang diterima. Jika pengajuan yang diterima tinggi, maka waktu pembuatannya juga bakal lebih lama. 

Siapa Saja yang Harus Membuat Visa Kerja Jerman?

Secara umum, semua orang yang ingin kerja di Jerman harus membuat visa kerja Jerman. Itu diperlukan agar mereka bisa menetap di sana.

Namun, ada beberapa negara yang ternyata tidak memerlukan visa kerja Jerman jika mereka ingin bekerja di Jerman. Negara-negara tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Jepang;
  2. Australia;
  3. Kanada;
  4. Israel;
  5. Selandia Baru;
  6. Swiss;
  7. Korea Selatan;
  8. Amerika Serikat;
  9. Dan negara-negara anggota Uni Eropa.

 

Baca Juga: Simak Peluang Kerja di Jerman Berikut Ini

 

Nah, itu dia, Hunters, info lengkap mengenai visa kerja Jerman! Jadi, sekarang, kamu nggak perlu bingung lagi mengenai definisi hingga proses pembuatan visa kerja Jerman.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jerman

Ingin kerja di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.