Yuk Cari Tahu Keuntungan dan Peluang Kerja di Jerman!

Jerman adalah salah satu negara maju di wilayah Eropa Barat dan merupakan negara dengan ekonomi keempat terbesar di Eropa apabila dihitung berdasarkan Gross Domestic Product (GDP). Istilah negara maju sendiri diberikan kepada negara-negara yang mampu memimpin secara ekonomi maupun ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di dunia. Artikel ini akan memberikan informasi seputar keuntungan bekerja di Jerman dan bidang peluang kerja di Jerman yang wajib diketahui.

 

A. Keuntungan kerja di Jerman

1. Perkembangan ekonomi di Jerman yang semakin maju

Jerman adalah salah satu negara Eropa Barat yang termasuk ke dalam negara maju. Hal ini dibuktikan dengan sumber daya manusia yang kompeten dan inovasinya yang semakin beragam. Beberapa inovasi yang berasal dari Jerman adalah mobil Volkswagen dan Mercedes-Benz, produk telekomunikasi Siemens, hingga vaksin COVID-19 Pfizer–BioNTech.

2. Gaji yang menjanjikan

Gaji adalah salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi kepuasan dalam menjalankan pekerjaan. Jerman adalah salah satu negara yang menawarkan gaji tinggi dalam bidang-bidang pekerjaannya. Tidak heran jika Jerman menjadi salah satu negara impian bagi banyak orang yang ingin mengembangkan karier di luar negeri. Besaran gaji berbeda-beda di setiap bidang pekerjaannya dan tergantung pula pada wilayah tempat bekerja, posisi, dan pergantian shift saat bekerja.

3. Keseimbangan kehidupan kerja yang baik

Di Jerman, perusahaan sangat memperhatikan hak-hak karyawan. Jerman memiliki peraturan yang tidak memperbolehkan pekerjanya bekerja lebih dari 8 jam seminggu. Selain itu, tidak ada yang boleh bekerja di hari minggu karena bekerja di hari minggu dan hari libur tertentu sangat dilarang. Dari sini, Hunters dapat melihat bahwa perusahaan sangat memperhatikan hak-hak karyawan agar karyawan memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

4. Tinggal di negara dengan kota yang indah

Termasuk ke dalam salah satu negara Eropa tentunya menjadikan negara Jerman sebagai negara yang indah dan kaya akan budaya. Jika bekerja di negara ini, Hunters dapat bekerja sekaligus berkunjung ke tempat-tempat cantik di Jerman dan nikmati keindahannya, seperti keindahan Kota Rothenburg Ob Der tauber, Kota Regensburg dan lain-lain.

5. Peluang pekerjaan yang terbuka lebar

Pemerintah Jerman sangat terbuka dengan berbagai jenis bisnis, baik lokal dan internasional. Bahkan, pemerintah Jerman memiliki program kerja sama dengan pemerintah Indonesia, yaitu bekerja di Jerman melalui program Government to Government (G to G). Dengan banyaknya sektor bisnis di Jerman yang berkembang pesat, maka peluang pekerjaan akan semakin terbuka lebar.

 

Baca Juga : Cari Tahu Program Lowongan Kerja di Jerman yang Dibuka untuk Pekerja Asing!

 

B. Bidang Peluang Kerja di Jerman

1. Perawat

Berbagai teknologi dan inovasi bidang kesehatan di negara Jerman semakin berkembang pesat sehingga angka harapan hidup di Jerman semakin tinggi, begitu pula dengan jumlah populasi usia tua yang turut meningkat. Oleh karena itu, Jerman sangat membutuhkan tenaga kerja di bidang kesehatan, khususnya adalah perawat.

2. Industri teknologi

Industri teknologi atau IT memiliki pangsa yang cukup besar di Jerman dan menjadi salah satu penggerak ekonomi yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan negara. Dengan banyaknya inovasi teknologi yang berkembang di negara Jerman, maka peluang pekerjaan di bidang ini sangat terbuka lebar. Beberapa spesialis IT yang paling dicari di Jerman adalah Software Developer, Application Support, IT Security, dan Data Science.

3. Bidang sains dan penelitian

Jerman memiliki pekerjaan yang melimpah untuk ilmuwan dan ahli di bidang sains. Sebagai seorang ilmuwan atau ahli sains, Hunters dapat bekerja sebagai peneliti di kampus maupun di perusahaan. Jika Hunters bekerja sebagai peneliti di perusahaan di bidang research and development, maka gaji awal yang didapatkan adalah sekitar €45,000 per tahun.

4. Industri manufaktur

Jerman adalah salah satu negara dengan industri manufaktur dan teknik yang kuat. Peluang pekerjaan dalam bidang ini beberapa contohnya adalah posisi sebagai insinyur mekanik, ahli otomasi, dan teknisi produksi. Selain itu, industri manufaktur di Jerman juga berfokus pada industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja di Jerman

Ingin lolos kerja di Jerman? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.