Info Lengkap Visa Kerja Korea Selatan, Apa Saja?

Visa kerja Korea Selatan merupakan salah satu dokumen yang harus Hunters siapkan jika kamu ingin bekerja di sana. Namun, sebenarnya, apa, sih, yang dimaksud dengan visa kerja Korea Selatan? 

Dilansir laman resmi Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, visa kerja Korea Selatan merupakan jenis visa yang diperuntukkan bagi orang asing yang ingin bekerja di Korea Selatan. Visa kerja ini juga dibutuhkan oleh para agar mereka bisa menetap di Korea Selatan.

 

Baca Juga: Ketahui Pengertian Visa Kerja

 

Jenis Visa Kerja Korea Selatan

Ada tiga jenis visa kerja Korea Selatan yang harus Hunters ketahui. Tiga jenis visa kerja Korea Selatan tersebut, antara lain, visa bisnis, visa profesional, dan visa non-professional. Adapun penjelasan dari masing-masing jenis visa tersebut adalah sebagai berikut:

1. Visa Bisnis

Visa bisnis merupakan jenis visa kerja Korea Selatan yang digunakan untuk keperluan bisnis. Visa bisnis ini terbagi lagi menjadi tiga jenis, yakni visa transfer intra-perusahaan, visa investasi bisnis, dan visa pengunjung bisnis.

Visa transfer intra-perusahaan diperuntukkan bagi karyawan asing yang telah dipindahkan ke Korea Selatan. Karyawan yang bekerja di perusahaan multinasional dan kini dipindahkan ke cabang Korea Selatan akan diberi kode paspor D-7-1. Namun, karyawan yang bekerja di perusahaan Korea Selatan di cabang luar negeri dan kini dipindahkan ke cabang dalam negeri akan diberi kode paspor D-7-2.

Lebih lanjut, visa investasi bisnis merupakan jenis visa kerja Korea Selatan yang diperuntukkan bagi orang yang mau melakukan investasi bisnis di Korea Selatan. Sementara itu, visa pengunjung bisnis merupakan jenis visa kerja Korea Selatan yang diperuntukkan bagi orang yang ingin mengadakan pertemuan bisnis, riset bisnis, atau negosiasi bisnis di perusahaan yang ada di Korea Selatan.

2. Visa Profesional

Visa profesional merupakan jenis visa kerja Korea Selatan yang diperuntukkan bagi pekerja profesional. Visa profesional ini terbagi lagi menjadi tujuh jenis, yakni visa profesional, visa karyawan jangka pendek, visa pencari kerja, visa profesor, visa peneliti, visa instruktur bahasa asing, dan visa instruktur teknis.

Visa professional diperuntukkan bagi orang asing yang ingin melakukan praktik hukum, kedokteran, akuntansi, dan praktik profesional lainnya di Korea Selatan. Visa pencari kerja diperuntukkan bagi orang asing yang ingin mencari atau melamar pekerjaan di Korea Selatan. 

Lebih lanjut, visa karyawan jangka pendek diperuntukkan bagi orang asing yang berencana bekerja di Korea selatan kurang dari 90 hari. Visa profesor diperuntukkan bagi seorang profesor yang ingin melakukan penelitian atau memberikan kuliah umum di Korea Selatan. Visa peneliti diperuntukkan bagi orang asing yang ingin melakukan penelitian di Korea Selatan. 

Visa instruktur bahasa asing diperuntukkan bagi orang asing yang menjadi pengajar bahasa, baik di organisasi, di sekolah, maupun di universitas yang ada di Korea Selatan. Sementara itu, visa instruktur teknis diperuntukkan bagi orang asing yang ingin menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di Korea Selatan.

3. Visa Non-Professional

Visa non-professional merupakan jenis visa kerja Korea Selatan yang diperuntukkan bagi orang asing yang bekerja di sektor non-profesional. Pekerja sektor non-profesional tersebut, antara lain, seperti pekerja pertanian, pekerja perikanan, pekerja manufaktur, pekerja konstruksi, asisten rumah tangga, kru pesisir, dan pelayan. 

Syarat Pembuatan Visa Kerja Korea Selatan

Jika Hunters ingin membuat visa kerja Korea Selatan, ada beberapa persyaratan yang tentunya harus kamu penuhi. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  1. Fotokopi kontrak kerja;
  2. Paspor asli yang masih berlaku 6 bulan ke depan dengan halaman kosong untuk menempel visa;
  3. Fotokopi paspor;
  4. Foto paspor yang diambil tiga bulan terakhir;
  5. Sertifikat kualifikasi pendidikan (ijazah, transkrip nilai, sertifikat kompetensi, dan lain-lain);
  6. Catatan kriminal (SKCK);
  7. Bukti kependudukan (KTP, KK, dan lain-lain);
  8. Surat rekomendasi atau surat pengantar dari instansi atau perusahaan terkait.

 

Prosedur Pembuatan Visa Kerja Korea Selatan

Hunters bisa mengajukan pembuatan visa kerja Korea Selatan di tiga tempat, yakni di Kantor Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia, di Kantor Konsulat Jenderal Korea Selatan di Indonesia, atau langsung di Kantor Urusan Imigrasi Korea Selatan. Adapun prosedur pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Membuat janji dengan petugas kedutaan, konsulat, atau petugas kantor imigrasi Korea Selatan.
  2. Mengunjungi kantor kedutaan, konsulat, atau kantor imigrasi Korea Selatan.
  3. Menyerahkan dokumen yang telah disyaratkan kepada petugas kedutaan, konsulat, atau kantor imigrasi Korea Selatan.
  4. Menunggu proses verifikasi dokumen selesai. Biasanya, proses verifikasi dokumen membutuhkan waktu sekitar 10 menit.
  5. Setelah proses verifikasi dokumen selesai, petugas akan memasukkan data pribadi Hunters ke sistem online mereka. Proses ini biasanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit. Kemudian, Hunters akan mendapatkan salinan cetak pengajuan visa kerja.
  6. Setelah proses pengajuan selesai, Hunters akan diminta untuk melakukan pemindaian sidik jari digital. Proses ini biasanya membutuhkan waktu 7 hingga 8 menit.

 

Baca Juga: Info Lengkap Visa Kerja Jerman

 

Waktu Pemrosesan Visa Kerja Korea Selatan

Setelah mengikuti semua prosedur di atas, Hunters hanya perlu menunggu hingga visa kerja Korea Selatan yang kamu ajukan selesai dibuat. Waktu pembuatan visa bisa berbeda-beda, tergantung pada jenisnya. Namun, biasanya, proses pembuatan bakal memakan waktu sekitar 2 minggu hingga 3 bulan. 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Korea Selatan

Ingin kerja di Korea Selatan? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.