Info Lengkap Apply Visa Pelajar Amerika Serikat

Mendapatkan visa pelajar Amerika Serikat tidak sulit namun membutuhkan waktu. Untuk memasuki Amerika Serikat, kalian wajib memiliki visa. Jika kalian sudah diterima di institusi pendidikan di Amerika Serikat, kalian dapat mengajukan visa pelajar agar diizinkan masuk ke Amerika Serikat. Ikuti penjelasan lengkap untuk mendapatkan visa pelajar Amerika Serikat di bawah ini agar kalian segera berangkat ke Amerika Serikat.

Langkah-langkah mendapat visa pelajar Amerika Serikat

Secara garis besar, ada 5 langkah untuk mendapatkan visa pelajar, langkah tersebut adalah: 

  1. Memperoleh LoA di lembaga pendidikan tinggi Amerika Serikat yang telah diakui atau terakreditasi oleh pemerintah Amerika Serikat. Dokumen yang perlu diberikan oleh lembaga pendidikan tinggi Amerika Serikat adalah jenis I-20 atau DS-2019.
  2. Melengkapi formulir permohonan visa secara daring
  3. Mendaftar di sistem Student and Exchange Visitor Information System (SEVIS) kemudian menyelesaikan pembayaran biaya permohonan visa.
  4. Menentukan jadwal dan menyelesaikan proses wawancara visa pelajar.
  5. Menyelesaikan pembayaran biaya reciprocity fee sebesar US$220 untuk visa pelajar F1/F2 yang telah disetujui.

 

Baca Juga: Yuk Cek Deretan 15 Universitas Terbaik 2023 di Amerika

 

1. Mendaftar dan memperoleh LoA dari lembaga pendidikan tinggi Amerika Serikat

  1. Jika kalian belum mendaftar, kalian bisa mencari informasi lebih lanjut tentang belajar di Amerika Serikat di laman berikut: https://educationusa.state.gov/
  2. Jika kalian sudah diterima di lembaga pendidikan tinggi Amerika Serikat, selain LoA kalian juga akan diberikan dokumen dengan jenis I-20 atau DS-2019.

2. Mengisi aplikasi permohonan Visa Pelajar Amerika Serikat dan membayar biayanya

  1. Lakukan pengajuan visa pelajar kalian sesegera mungkin! Kalian disarankan untuk mendaftar paling tidak satu bulan sebelum tanggal keberangkatan ke Amerika Serikat. Visa biasanya membutuhkan waktu seminggu untuk diproses, namun bisa juga membutuhkan waktu lebih lama.
  2. Selesaikan pengisian aplikasi visa secara daring, yang juga dikenal sebagai formulir DS-160, di alamat berikut: https://ceac.state.gov/genniv/
  3. Lakukan pembayaran biaya aplikasi visa kalian, yang dikenal sebagai biaya MRV, secara tunai di Bank CIMB Niaga atau melalui Electronic Fund Transfer (EFT) di bank manapun yang memiliki kerjasama dengan Bank of America.
  4. Cetak formulir DS-160 kalian. Bawa dokumen-dokumen ini ke sesi wawancara kalian.

3. Bayar permohonan Visa Pelajar Amerika Serikat melalui SEVIS

  1. Student and Exchange Visitor Information System (SEVIS) adalah sistem teknologi berbasis internet, yang melakukan pemantauan terhadap siswa non-imigran dan pengunjung pertukaran secara berkelanjutan selama mereka berada di Amerika Serikat.
  2. Setelah menyelesaikan pendaftaran dan mengisi formulir DS-160. Kalian perlu mendaftar di sistem SEVIS dan membayar biaya SEVIS di http://fmjfee.com sebesar US$220.
  3. Cetak bukti pembayaran biaya SEVIS kalian dan bawa dokumen itu saat kalian melakukan wawancara di kedubes atau konsulat Amerika Serikat.

4. Membuat dadwal wawancara di kedubes atau Konsulat Amerika Serikat

  1. Wawancara visa pelajar dilakukan di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta atau Konsulat di Surabaya, dari hari Senin sampai Jumat, kecuali pada hari libur Amerika Serikat dan Indonesia.
  2. Sebagai calon pelajar di Amerika Serikat, kalian memiliki jaminan untuk mendapatkan jadwal wawancara dalam dua hari kerja.
  3. Tentukan jadwal wawancara visa pelajar kalian di: http://www.ustraveldocs.com/id
  4. Cetak konfirmasi jadwal wawancara kalian dan bawa ke sesi wawancara.
  5. Perlu diingat bahwa menurut hukum Amerika Serikat, pemohon visa pelajar hanya bisa mengajukan permohonan visa pelajar maksimal 365 hari sebelum tanggal mulai kuliah yang tertera di I-20 atau DS-2019 mereka (dokumen ini didapat dari universitas di Amerika Serikat).
  6. Setelah kalian mendapatkan visa, jangan masuk ke Amerika Serikat lebih dari 30 hari sebelum tanggal mulai yang tertera di I-20 atau DS-2019 kalian. Misalnya kalian mulai kuliah pada tanggal 1 September, maka kalian baru boleh tiba di Amerika Serikat setelah tanggal 1 Agustus.

5. Dokumen yang diperlukan untuk sesi wawancara permohonan Visa Pelajar Amerika Serikat

  1. I-20 atau DS-2019 asli
  2. Formulir DS-160 (Pastikan barcode dapat dibaca.)
  3. Bukti pembayaran biaya SEVIS
  4. Dokumen konfirmasi jadwal wawancara
  5. Paspor terbaru (Berlaku paling tidak enam bulan setelah tanggal rencana kalian untuk masuk Amerika.)
  6. Paspor lama
  7. Foto yang memenuhi persyaratan. Syarat-syarat dapat dilihat di laman Perjalanan Pemerintah Amerika Serikat.
  8. Surat beasiswa (Jika kalian menerima beasiswa untuk biaya sekolah kalian, harap bawa surat pemberitahuan beasiswa tersebut)
  9. Biaya Reciprocity Fee untuk Visa Pelajar

 

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Kuliah di Amerika!

 

Tips saat wawancara permohonan Visa Pelajar Amerika Serikat

  1. Diskusikan aspirasi karir kalian dan alasan untuk belajar di Amerika Serikat.
  2. Tunjukkan bahwa kalian memiliki sumber keuangan untuk membiayai pendidikan kalian.
  3. Jujur tanpa melebih-lebihkan.
  4. Tunjukkan bahwa kalian memiliki ikatan dengan Indonesia dan berencana untuk kembali ke Indonesia setelah pendidikan kalian selesai.
  5. Jika kalian memiliki pertanyaan terkait permohonan visa, kalian dapat mengirimkan pertanyaan melalui email ke: jakstudent@state.gov

 

Rekomendasi bimbingan Visa Pelajar Amerika Serikat 

Ingin lolos beasiswa luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh bimbingan bahasa Inggris terpercaya? Join Kelas Bahasa Inggris by Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

visa pelajar amerika