Gaji Kerja di Korea untuk Lulusan SMA/SMK dan Sarjana

Kerja di Korea merupakan impian bagi banyak orang. Sebab, gaji kerja di Korea ternyata terbilang tinggi. Oleh karena itu, tak ayal jika Korea kerap menjadi negara tujuan bagi orang-orang yang ingin kerja di luar negeri, baik bagi mereka yang lulusan SMA/SMK atau  bagi mereka yang lulusan sarjana.

Namun, berapa, sih, kisaran gaji kerja di Korea untuk pekerja lulusan SMA maupun pekerja lulusan sarjana? Sebelum mengetahui hal tersebut, ada baiknya Hunters mengetahui kisaran gaji kerja di Korea secara umum terlebih dahulu. Oleh karena itu, yuk, simak ulasannya pada artikel Schoters di bawah ini!

Gaji Kerja di Korea Secara Umum 

Menurut data yang dirilis Outsource Accelerator, rata-rata gaji di Korea secara nasional berkisar 983.000 KRW sampai 17.400.000 KRW per bulan. Jika dikonversi ke dalam kurs rupiah, jumlah tersebut setara dengan Rp11,5 juta sampai Rp203 juta per bulan. Ini merupakan rata-rata gaji nasional untuk pekerja lulusan SMA/SMK dan pekerja lulusan sarjana.

 

Baca Juga: Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia

 

Gaji Kerja di Korea untuk Lulusan SMA/SMK

Rata-rata gaji kerja di Korea untuk pekerja lulusan SMA/SMK lebih rendah daripada pekerja lulusan sarjana. Masih menurut data yang dirilis Outsource Accelerator, gaji pekerja di Korea untuk lulusan SMA/SMK di segala industri berkisar 300 ribu KRW sampai 500 ribu KRW per bulan. Jika dikonversi ke dalam kurs rupiah, jumlah tersebut setara dengan Rp3 juta sampai Rp5 juta per bulan, 

Gaji Kerja di Korea untuk Lulusan Sarjana

Secara umum, rata-rata gaji kerja di Korea secara nasional untuk pekerja yang memiliki gelar sarjana (S1) 24 persen lebih tinggi daripada rata-rata gaji pekerja lulusan SMA/SMK. 

Menurut data Outsource Accelerator, rata-rata gaji pekerja di Korea untuk lulusan sarjana berkisar 3.500.000 KRW sampai 4.500.000 KRW per bulan. Jika dikonversi ke dalam kurs rupiah, jumlah tersebut setara dengan Rp40,9 juta sampai Rp52,6 juta. 

Bagi pekerja yang bergelar Master (S2), mereka akan mendapatkan rata-rata gaji 29 persen lebih tinggi daripada pekerja yang hanya bergelar S1. Tercatat, rata-rata gaji pekerja di Korea untuk lulusan master berkisar 5,500,000 KRW sampai 6,500,000 KRW per bulan. Jika dikonversi ke dalam kurs rupiah, jumlah tersebut setara Rp65 juta sampai Rp76,9 juta.

Sementara itu, bagi pekerja yang bergelar Doktor (S3), rata-rata gaji mereka 23 persen lebih tinggi daripada rata-rata gaji pekerja yang bergelar Master. Tercatat, rata-rata gaji pekerja lulusan Doktor berkisar 5.880.000 KRW sampai 7.000.000 KRW. Jika dikonversi ke dalam kurs rupiah, jumlah tersebut setara dengan Rp68,8 juta sampai Rp81,9 juta. Cukup tinggi, bukan?    

 

Baca Juga: Negara dengan Gaji Dokter Tertinggi di Dunia

 

Gaji Kerja di Korea Bisa Berbeda 

Nah, itu dia, Hunters, ulasan mengenai gaji kerja di Korea untuk lulusan SMA/SMK dan untuk lulusan sarjana. Namun, perlu diketahui, data-data di atas bisa saja berubah. Sebab, jumlah gaji karyawan di suatu negara, termasuk di Korea bisa fluktuatif karena berbagai kondisi, terutama karena kondisi ekonomi dalam dan luar negeri.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di Korea? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.