10 Negara dengan Jumlah Gaji Guru Tertinggi di Dunia

Tahukah Hunters, ada 10 negara dengan gaji guru tertinggi di dunia. Negara-negara ini sangat memperhatikan kesejahteraan para guru. Sebab, mereka menganggap guru sebagai aset penting di dunia pendidikan yang perlu dijaga. Tanpa kehadiran guru, tidak akan ada kemajuan ekonomi ataupun kemajuan peradaban yang kini kita rasakan saat ini.

Lantas, negara mana saja yang masuk dalam daftar negara dengan jumlah gaji guru tertinggi di dunia? Untuk mengetahui hal tersebut, berikut ini Schoters rangkum 10 negara dengan gaji guru paling tinggi di dunia. Kami akan sajikan data dari yang terkecil hingga yang terbesar. Jadi, simak sampai habis, ya, Hunters!

10 Negara dengan Jumlah Gaji Guru Tertinggi di Dunia

1. Spanyol

Spanyol menjadi salah satu negara dengan jumlah gaji guru tertinggi di dunia. Menurut data yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2023, jumlah gaji guru per tahun di Spanyol mencapai angka 43 ribu dolar Amerika Serikat atau setara Rp695 juta.

2. Belanda

Masih berdasarkan data yang dirilis OECD, jumlah gaji guru per tahun di Belanda mencapai angka 45 dolar AS atau setara Rp727 juta. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang fantastis. Oleh karena itu, tak ayal jika Jerman juga menjadi salah satu negara dengan jumlah gaji guru tertinggi di dunia.

3. Australia

Selain Spanyol dan Belanda, Australia ternyata juga masuk daftar negara dengan gaji guru tertinggi di dunia. Menurut data yang dirilis OECD pada 2023, tercatat, jumlah gaji guru per tahun di Australia mencapai angka 47 ribu dolar AS atau setara Rp759 juta. Cukup tinggi, bukan?

4. Austria 

Negara dengan jumlah gaji guru tertinggi di dunia selanjutnya adalah Austria. Menurut data yang dirilis OECD pada 2023, jumlah gaji guru per tahun di negara yang terletak di Benua Eropa bagian tengah itu mencapai angka 48 ribu dolar AS atau setara Rp776 juta.

5. Arab Saudi

Arab Saudi juga menjadi salah satu negara dengan jumlah gaji guru tertinggi di dunia. Menurut data OECD yang dirilis pada 2023, jumlah gaji guru per tahun di Arab Saudi mencapai angka 49 ribu dolar AS atau setara Rp791 juta. Cukup tinggi, bukan?

6. Denmark

Negara dengan jumlah gaji guru tertinggi di dunia selanjutnya adalah Denmark. Menurut data OECD tahun 2023, tercatat, gaji guru per tahun di negara yang terletak di Eropa Utara itu mencapai angka 54 ribu dolar AS atau setara Rp872 juta.

 

Baca Juga: Peluang Menjadi Guru di Jepang

 

7. Afrika Selatan

Tak banyak yang tahu, Afrika Selatan ternyata juga masuk dalam daftar negara dengan jumlah gaji guru tertinggi di dunia. Padahal, negara ini terletak di benua yang didominasi oleh negara-negara miskin.

Menurut data yang dirilis OECD pada 2023, tercatat, jumlah gaji guru per tahun di negara dengan kandungan berlian yang berlimpah itu mencapai angka 57 ribu dolar AS atau setara Rp920 juta. Cukup tinggi, bukan?

8. Swiss

Negara dengan jumlah gaji guru tertinggi di dunia selanjutnya adalah Swiss. Menurut data OECD tahun 2023, jumlah gaji guru per tahun dari negara yang terkenal dengan keindahan alamnya tersebut mencapai angka 60 ribu dolar AS atau setara Rp969 juta. Angka yang fantastis, bukan?

9. Jerman

Jerman menduduki posisi ke-2 sebagai negara dengan jumlah gaji guru tertinggi di dunia. Menurut data OECD 2023, jumlah gaji guru per tahun di Jerman mencapai angka 69 dolar AS atau setara Rp1,1 miliar.

Angka tersebut tentunya sangat kontras dengan jumlah gaji guru di Indonesia. Sebab, sejauh ini, jumlah gaji guru per tahun di Indonesia belum ada yang mencapai angka Rp1,11 miliar.

10. Luksemburg

Negara yang menempati posisi pertama sebagai negara dengan jumlah gaji guru tertinggi di dunia adalah Luksemburg. Menurut data yang dirilis OECD pada 2023, tercatat, jumlah gaji guru per tahun di negara yang tidak memiliki laut tersebut mencapai angka 70 ribu dolar AS atau setara Rp1,13 miliar. Cukup tinggi, bukan?

Gaji Guru Secara Global Bisa Berubah

Nah, itu dia, Hunters, 10 negara dengan jumlah gaji guru tertinggi di dunia. Berdasarkan data di atas, Luksemburg, Jerman, dan Swiss menjadi tiga negara teratas dengan jumlah gaji guru paling tinggi di dunia.  

Akan tetapi, perlu diketahui pula bahwa data-data di atas bisa saja berubah karena beberapa sebab. Bisa karena kondisi ekonomi global hingga kondisi politik global. 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Luar Negeri

Ingin kerja di luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.