8 Tenaga Kesehatan Paling Dibutuhkan di Jerman Tahun 2024

Pada 2024, Jerman membutuhkan banyak tenaga kesehatan. Menurut Linkedin, ada delapan tenaga kesehatan paling dibutuhkan di Jerman. 

Lantas, tenaga kesehatan apa saja itu? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasan pada artikel Schoters di bawah ini!

8 Tenaga Kesehatan Paling Dibutuhkan di Jerman Tahun 2024

1. Dokter umum

Dokter umum merupakan salah satu tenaga kesehatan paling dibutuhkan di Jerman pada 2024. Dilansir Euro News, Jerman saat ini membutuhkan sekitar 150 ribu dokter umum. Hal ini lantaran banyak dokter umum di Jerman yang sudah memasuki masa pensiun.

2. Dokter gigi

Dokter gigi juga menjadi tenaga kesehatan paling dibutuhkan di Jerman. Jerman saat ini membutuhkan banyak dokter gigi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sebab, orang Jerman sangat memperdulikan kesehatan mereka, terutama kesehatan gigi dan mulut.

 

Baca Juga: Daftar Tenaga Kerja Terampil Paling Dibutuhkan di Jerman

 

3. Dokter anestesi

Dokter anestesi merupakan dokter yang bertugas memberi obat bius kepada pasien yang sedang menjalani operasi. Dokter anestesi juga menjadi tenaga kesehatan paling dibutuhkan di Jerman saat ini, mengingat praktik operasi atau pembedahan di rumah sakit yang sedang meningkat.

4. Dokter bedah

Selain dokter umum, dokter gigi, dan dokter anestesi, dokter bedah juga menjadi tenaga kesehatan paling dibutuhkan di Jerman pada 2024. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hal ini disebabkan praktik operasi atau pembedahan di rumah sakit di Jerman yang sedang meningkat pesat.

5. Apoteker

Apoteker merupakan seorang yang bertugas memformulasi, meracik, dan membuat obat. Apoteker juga menjadi tenaga kerja kesehatan paling dibutuhkan di Jerman. Dilansir Global Immigration Service, Jerman saat ini membutuhkan banyak apoteker berkualifikasi tinggi untuk memenuhi kebutuhan di rumah sakit, di industri obat-obatan, dan di apotek terdekat.  

6. Terapis

Tenaga kesehatan paling dibutuhkan di Jerman selanjutnya adalah terapis. Terapis merupakan tenaga kesehatan yang bertugas membantu seorang pasien untuk melakukan terapi fisik. Biasanya terapi fisik ini diperlukan karena beberapa hal, seperti cedera fisik cedera pascaoperasi, dan cedera olahraga.

7. Perawat rumah sakit

Perawat rumah sakit juga menjadi tenaga kesehatan yang saat ini paling dibutuhkan di Jerman. Dilansir laman Deutschland, pada 2024 ini, Jerman membutuhkan sekitar 150 ribu perawat untuk memenuhi kebutuhan di rumah sakit terdekat.

8. Perawat panti jompo

Selain perawat rumah sakit, Jerman saat ini juga membutuhkan perawat panti jompo. Dilansir DW, Jerman saat ini membutuhkan sekitar 100 ribu perawat panti jompo. Hal ini disebabkan populasi masyarakat berusia lanjut di Jerman terus meningkat. 

Cara Menjadi Tenaga Kesehatan di Jerman Lewat Program Ausbildung

Jika Hunters ingin menjadi tenaga kesehatan di Jerman, kamu bisa mengikuti Program Ausbildung medis. Ausbildung medis sendiri merupakan program pendidikan dan pelatihan vokasional non-akademik bagi orang yang ingin bekerja di bidang kesehatan. 

Program ini berjalan selama 2,5 sampai 3 tahun. Setelah dinyatakan lulus, Hunters bisa melamar pekerjaan di rumah sakit yang ada di Jerman atau di rumah sakit yang ada di Indonesia.

Untuk mengikuti Program Ausbildung medis, ada beberapa persyaratan yang harus Hunters siapkan. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Sertifikat kompetensi bahasa Jerman B1 atau B2 dari Goethe Institute.
  2. Motivation letter yang ditulis dengan bahasa Jerman.
  3. CV yang ditulis dengan bahasa Jerman.
  4. Surat lamaran yang ditulis dalam bahasa Jerman.
  5. Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah.

 

Baca Juga: Simak Keuntungan Mengikuti Program Ausbildung

 

Nah, itu dia, Hunters, delapan tenaga kesehatan paling dibutuhkan di Jerman pada 2024. Namun, perlu diingat, data tersebut bisa saja berubah di kemudian hari. Dengan kata lain, pekerjaan paling dibutuhkan di Jerman bisa saja berbeda di tahun-tahun berikutnya.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jerman

Ingin jadi tenaga kesehatan di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.