fbpx

3 Alasan Mengapa Kamu Harus Coba Kuliah ke Luar Negeri! 

Cerita Inspiratif

Kuliah ke luar negeri memang banyak jadi impian semua orang. Dari tahun ke tahun, pencari beasiswa atau Scholarship Hunters pun terus bertambah. Mengapa sih kuliah ke luar negeri menjadi impian banyak orang? 

Kuliah di luar negeri seringkali dianggap sebagai kuliah sambil jalan-jalan. Tapi, apakah kalian tahu bahwa kuliah di luar negeri dapat menjadi life changing experience? Dikutip dari podcast kolaborasi Schoters & Inspigo yaitu “Atasi Mental Block untuk Meraih Mimpi” bersama Radyum Ikono, CEO Schoters, berikut 3 alasan mengapa kuliah di luar negeri dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

1. Melatih Life Skills

Secara umum, hidup jauh dari keluarga di negara asing terlihat menantang. Jauh dari keluarga melatih kita untuk lebih mandiri dan mampu mengontrol diri. Namun, tantangan ini justru dapat melatih berbagai kemampuan hidup atau life skills yang dapat bermanfaat untuk kehidupan Hunters, lho!

Menurut Kak Ikono (CEO Schoters), kuliah ke luar negeri tidak hanya sekadar mendapatkan “gelar”, tetapi jauh lebih dari itu. Kuliah di luar negeri dapat memberikan pengalaman tentang cara bersosialisasi dengan masyarakat global, mengenal kultur dari berbagai belahan dunia, cara bertahan hidup di negara asing, dan tentunya penguasaan bahasa asing. Bahkan, pernyataan Kak Ikono juga sejalan dengan pernyataan Michelle Obama bahwa manfaat dari berkuliah di luar negeri tidak terbatas, lho! Jadi tunggu apalagi? Yuk kejar impianmu dari sekarang!

Baca juga: 4 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Surat Rekomendasi

2. Sistem Edukasi yang Lebih Baik

Pendidikan menjadi salah satu investasi kita dalam hidup. Pendidikan membantu kita untuk memahami hal-hal kecil, alasan dibaliknya, serta bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tak bisa dipungkiri jika sistem edukasi yang lebih baik juga akan membantu Hunters untuk mendapatkan banyak kesempatan baru. Kesempatan baru untuk memperbaiki diri, meningkatkan kemampuan diri, memberi manfaat pada lingkungan sekitar, serta membawa perubahan bagi banyak orang.    

Percayalah pepatah “Education is the most powerful weapon we can use to change the world” dari Nelson Mandela, edukasi akan membantu kalian mendapatkan kekuatan lebih untuk membawa banyak kebermanfaatan di dunia.  

Baca juga: Intip 5 Kampus Terbaik di Dunia Tahun 2022

 

3. Pandangan Baru Terhadap Dunia

Kuliah di luar negeri menjadi salah satu “pintu” untuk melihat dunia yang lebih luas. Menurut Kak Ikono di podcast kolaborasi Schoters dan Inspigo, pengalamannya berkuliah di luar negeri membuka pikirannya mengenai mengapa sebuah negara bisa maju, bagaimana perilaku penduduk negara tersebut, dan perbandingannya dengan perilaku penduduk di Indonesia. Kak Ikono juga merasa bahwa penduduk di negara maju terbilang lebih disiplin dan pekerja keras. Pandangan tersebut sangat berpengaruh terhadap karakteristik dan perilaku Kak Ikono sekarang dalam kehidupannya sehari-hari.  

Oleh karena itu, tak ayal apabila berkuliah di luar negeri dapat mengubah bagaimana pandangan kita terhadap dunia. Sejalan dengan kalimat dari Chantal Mitchell,

“Study abroad is the single most effective way of changing the way we view the world”.  

Nah, setelah melihat ketiga alasan tersebut, apakah Hunters jadi lebih tertarik untuk kuliah di luar negeri? Ingin tahu bagaimana pengalaman berkuliah di luar negeri? 

Yuk simak podcast kolaborasi Schoters & Inspigo yaitu “Atasi Mental Block untuk Meraih Mimpi” bersama Radyum Ikono, CEO Schoters. Kak Radyum Ikono akan menjelaskan pengalamannya selama 11 tahun di luar negeri. Dengarkan melalui https://player.inspigo.id/lFlZmVkgXm

Pin It on Pinterest

Share This