Menimba Ilmu di Amerika Serikat dengan Beasiswa Global UGRAD

Program beasiswa Global UGRAD (Global Undergraduate Exchange Program) adalah program beasiswa non-degree selama 1 (satu) semester di perguruan tinggi di Amerika Serikat yang disponsori oleh Pemerintah Amerika Serikat, yang ditujukan bagi mahasiswa jenjang S1 yang ingin mencoba pengalaman studi baru di Amerika Serikat.

Melalui program beasiswa sekaligus pertukaran pelajar ini, mahasiswa bisa mendapatkan kesempatan untuk merasakan langsung sistem pendidikan, kebudayaan serta kehidupan bermasyarakat di Amerika Serikat.

Selama mengikuti program Global UGRAD, penerima beasiswa akan mengikuti perkuliahan penuh waktu untuk mata kuliah sebanyak 3 SKS yang dipilih dari silabus perguruan tinggi di Amerika Serikat yang akan menjadi tuan rumah (host university).

Penerima beasiswa juga akan tinggal di dalam akomodasi kampus bersama mahasiswa lainnya di Amerika Serikat dan akan diwajibkan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan masyarakat selama 20 jam.

Selain itu, untuk membantu mahasiswa beradaptasi dengan kehidupan di Amerika Serikat, Global UGRAD juga menyediakan orientasi kedatangan secara virtual (virtual arrival orientation) dan workhop yang diberikan secara langsung pada akhir program (in-person end of program workshop)

 

Cakupan beasiswa Global UGRAD

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya penerbangan internasional
  2. Biaya kuliah
  3. Biaya akomodasi
  4. Biaya asuransi kecelakaan/kesehatan
  5. Uang saku bulanan
  6. Biaya buku

 

Persyaratan beasiswa Global UGRAD

Agar dapat mendaftar program beasiswa ini, mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :

  1. Warga negara Indonesia
  2. Berusia di atas 18 tahun
  3. Terdaftar sebagai mahasiswa penuh waktu di salah satu program studi S1/D4 di universitas di Indonesia, yang sudah menyelesaikan setidaknya 1 (satu) semester dan masih memiliki setidaknya 1 (satu) semester lagi untuk diselesaikan di universitas asal. Prioritas akan diberikan kepada mahasiswa yang sudah duduk di semester 3-5.
  4. Memiliki jiwa kepemimpinan yang dibuktikan dengan prestasi akademik, pengalaman organisasi dan pengalaman lainnya
  5. Menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL ITP atau TOEFL Prediction dengan skor minimal 500 atau skor IBT minimal 48
  6. Berkomitmen untuk kembali ke Indonesia setelah program selesai

Prioritas akan diberikan kepada mahasiswa yang belum pernah memiliki pengalaman belajar di Amerika Serikat atau di luar negeri.

 

Dokumen untuk Mendaftar beasiswa Global UGRAD

Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar program Global UGRAD adalah sebagai berikut :

  1. 2 (dua) surat rekomendasi. Surat rekomendasi dapat diberikan oleh dosen, atasan, pelatih atau supervisor di tempat bakti sosial
  2. Fotokopi kartu identitas (KTP)
  3. Transkrip nilai terakhir dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

Seluruh dokumen di atas harus diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan harus disiapkan sebelum batas waktu pendaftaran karena berkas pendaftaran yang masuk tidak dapat dirubah atau ditarik kembali setelah batas waktu pendaftaran.

 

Tertarik dengan beasiswa Global UGRAD dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Prosedur pendaftaran beasiswa Global UGRAD

Prosedur pendaftaran untuk program beasiswa ini adalah :

  1. Mahasiswa harus mengisi berkas pendaftaran online, yang hanya bisa diakses saat periode pendaftaran dibuka
  2. Setelah pendaftaran online selesai dilakukan, mahasiswa mengirimkan scan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris ke AMINEF Indonesia melalui email

Program ini umumnya dibuka dari awal bulan November sampai pertengahan Desember setiap tahunnya. Selamat mencoba!

 

Rekomendasi bimbingan persiapan beasiswa Global UGRAD

Ingin lolos beasiswa Global UGRAD? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa Global UGRAD? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa global ugrad

Sumber:

  1. Website resmi beasiswa Global UGRAD oleh Pemerintah Amerika Serikat. exchanges.state.gov