fbpx
Info Beasiswa
Ingin Melanjutkan Studi ke Italia dengan Beasiswa MAECI? Berikut Hal yang Perlu Hunters Ketahui!

Ingin Melanjutkan Studi ke Italia dengan Beasiswa MAECI? Berikut Hal yang Perlu Hunters Ketahui!

Selain dikenal sebagai negara yang terkenal dengan berbagai kebudayaan, olahraga, wisata, dan kulinernya yang beragam, Italia juga terkenal akan sistem pendidikan yang termasuk terbaik di dunia. Tidak heran banyak orang yang punya cita-cita untuk bisa melanjutkan studinya di Italia. Namun, salah satu hambatan yang mungkin akan dihadapi apabila ingin berniat melanjutkan studi ke negeri Pizza tersebut adalah biaya yang dibutuhkan tentu tidak sedikit.

Akibatnya banyak di antara orang-orang sudah membulatkan tekadnya untuk bisa melanjutkan studinya seperti S-1 atau S-2 ke Italia tidak jadi karena terkendala biaya yang dibutuhkan sangat besar. Tapi ternyata banyak sekali cara yang bisa anda tempuh untuk bisa berkuliah atau melanjutkan studi ke Italia. Salah satunya dengan jalan mengambil beasiswa yang akan memudahkan anda untuk bisa berkuliah atau melanjutkan studi di Italia.

Salah satu yang bisa Hunters coba adalah dengan mencoba program beasiswa MAECI. Nah buat yang belum tahu, yuk kita simak bahasan program beasiswa MAECI ini!

 

Mengenal program beasiswa MAECI

Beasiswa MAECI merupakan sebuah program beasiswa yang ditawarkan oleh kementerian luar negeri Italia untuk para pelajar-pelajar asing dari seluruh dunia agar bisa melanjutkan studinya di negara tersebut. Beasiswa tersebut memiliki beberapa tujuan penting, salah satunya adalah mengangkat hubungan kerja sama internasional dalam bidang budaya, ilmiah, teknologi, serta mempromosikan bahada dan kebudayaan Italia.

 

Program studi beasiswa MAECI

Dalam program beasiswa MAECI ini, ada beberapa program yang bisa Hunters coba sesuai dengan minat yang anda inginkan. Serta yang tidak kalah penting adalah beasiswa MAECI ini bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi ternama dan memiliki sertifikasi terbaik di seluruh Italia. Sehingga anda akan terjamin mendapat pendidikan di kampus atau universitas terbaik di seluruh Italia dengan kualitas pembelajaran yang lebih berkualitas dan terjamin.

Program beasiswa ini akan memberikan Hunters kesempatan studi, pelatihan, serta riset dan bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan terkemuka di seluru Italia. Seperti yang dilansir oleh ehef.id, beberapa program studi yang tersedia dalam program beasiswa MAECI ini diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Master’s Degree dari Laurea Magistrale 2 ciclo untuk periode studi selama 6 hingga 9 bulan;
  2. Courses of Higher Education in Arts, Music and Dance atau AFAM untuk periode studi selama 6 hingga 9 bulan;
  3. PhD Program untuk periode studi selama 6 hingga 9 bulan;
  4. Research Under Academic Supervision dari Progetti in co-tutela untuk periode studi selama 6 hingga 9 bulan;
  5. Italian Language and Culture Courses untuk periode studi selama 3 bulan.

 

          Baca juga: Kuliah di negara Uni Eropa dengan beasiswa Erasmus+

 

Beasiswa MAECI

 

Syarat pendaftaran beasiswa

Hal berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui apa saja sih syarat agar bisa mengikuti beasiswa dari MAECI ini. Yang paling penting adalah Hunters harus memiliki syarat ketentuan akademik sesuai dengan kualifikasi yang diminta agar bisa mendapat beasiswa MAECI dan anda bisa berkuliah di berbagai kampus di Italia dengan beasiswa ini.

Untuk Hunters yang ingin mendaftar di program Master atau AFAM, syarat utama yang perlu Hunters perhatikan adalah pastikan anda berusia maksimal 28 tahun. Lalu untuk program PhD, pastikan Hunters berusai maksimal 30 tahun saat anda mendaftar ke program beasiswa tersebut.

Beberapa persyaratan lainnya yang perlu Hunters perhatikan khususnya untuk yang mengambil program studi dengan pengantar bahasa Inggris maka Hunters harus menyertakan sertifikat tes bahasa Inggris minimal level B2 sesuai dengan standar dari Common European Framework of Reference for Languages atau CEFR.

Khusus untuk Hunters yang memilih mengambil program studi dengan bahasa pengantar berbahasa Italia maka Hunters harus menyertakan sertifikat tes berbahasa Italia dengan level minimum B2 sesuai dengan standard CEFR yang sudah ditetapkan. Selain itu beberapa dokumen penting yang juga perlu Hunters siapkan misalnya seperti Recommendation Letter dari kampus S-1, paspor, formulir pendaftaran, transkrip akademik, surat persetujuan, serta ijazah resmi yang dikeluarkan pihak kampus.

 

          Baca dulu: Cek Info Beasiswa untuk kuliah jenjang PhD di Italia

 

Benefit beasiswa MAECI

Nah ketika anda memilih program beasiswa dari MAECI ini, akan mendapat berbagai benefit dan manfaat yang bisa Hunters dapatkan. Salah satunya adalah seluruh biaya pendaftaran serta biaya kuliah di Italia akan ditanggung sesuai dengan kebijakan dari universitas tempat belajar. Artinya, dengan mendapat beasiswa ini Hunters tidak perlu khawatir lagi soal biaya pendidikan karena sudah mendapat jaminan tanggungan dan Hunters tinggal menempuh pendidikan saja dengan tenang.

Benefit berikutnya adalah Hunters akan mendapatkan jaminan tanggungan kesehatan serta asuransi kecelakan selama Hunters berkuliah di sana. Selain itu, Hunters akan mendapatkan tanggungan untuk biaya hidup selama berada di Italia sebesar 900 Euro setiap bulannya. Dengan benefit tersebut, Hunters tidak perlu khawatir soal jaminan hidup dan biaya tak terduga yang sewaktu-waktu bisa saja harus dikeluarkan karena sudah ditanggung semua.

Dan hal terpenting bagi Hunters yang mengambil beasiswa dari MAECI yang mungkin tidak bisa Hunters tukar dengan yang lainnya adalah pengalaman berharga untuk bisa belajar serta mengenal kebudayaan masyarakat di Italia. Hunters juga memiliki kesempatan untuk bisa mengikuti pemagangan atau juga mendapat kesempatan langsung untuk bekerja di berbagai perusahaan di Italia dan mendapat berbagai benefit lainnya yang sangat berharga.

Nah, itulah serba-serbi beasiswa MAECI beserta beberapa syarat serta benefit yang Hunters akan dapatkan apabila ingin memilih program beasiswa dari MAECI ini. Memang saat ini untuk program studi tahun ajaran 2022–2023 ini program beasiswa MAECI ini sudah ditutup, tetapi pembahasan ini bisa menjadi rujukan bagi Hunters yang memang berminat dengan program beasiswa MAECI dan berniat melanjutkan studi di negara Italia.

Mengingat dengan mendapat beasiswa akan memberikan banyak sekali manfaat serta pengalaman berharga yang mungkin tidak bisa Hunters dapatkan di lain kesempatan. Nah, bagi Hunters yang masih bingung untuk menentukan beasiswa mana yang ingin Hunters inginkan atau anda ingin berkonsultasi untuk mencari program beasiswa pendidikan luar negeri yang berkualias?

Schoters sebagai jasa layanan tes beasiswa luar negeri siap membantu Hunters mencari program beasiswa yang tepat untuk masa depan.

Schoters telah dipercaya oleh ribuan alumni dan telah berhasil menerbangkan Scholarship Hunters ke 43 negara di dunia. Schoters juga telah bekerja sama dengan berbagai program beasiswa serta berbagai instansi pendidikan dan kampus atau universitas dari berbagai negara di seluruh dunia dengan jaminan mutu berkelas akademik. Ditunjang dengan 500+ mentor terbaik, Hunters akan dibimbing dan didampingi untuk menentukan pilihan studi lanjutan yang sesuai dengan minat dan bakat.

Persiapan beasiswa ke Italia bersama Schoters

Mau dapat bimbingan persiapan kuliah ke Italia?   –> Yuk konsultasikan rencana kuliahmu ke Italia bersama konsultan kami.

Butuh tempat persiapan daftar beasiswa luar negeri lebih lengkap?   –>   Cari tahu jawabannya di Schoters.

 

beasiswa maeci

 

 

Pantau artikel edukatif terkait beasiswa menarik lainnya dalam Blog Schoters, ya!

0
X
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]