3 Beasiswa Prancis S1: Ketahui Syarat dan Cakupannya

Selain terkenal sebagai kiblat fashion dunia, Prancis juga cukup populer sebagai salah satu negara destinasi studi bagi pelajar internasional yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di Benua Eropa.  Untuk jenjang Sarjana, beberapa program studi yang tergolong populer di Prancis antara lain Information Technology, Business, Finance, Computer Science, Hospitality, Art, Fashion Design, Film, Politics and Economics. Selain kualitas pendidikan yang baik, alasan lain yang mendorong pelajar internasional untuk melanjutkan studi di Prancis adalah komitmen Pemerintah Prancis untuk memberikan subsidi 2/3 biaya pendidikan kepada seluruh pelajar internasional di institusi pendidikan negeri. Bagaimana dengan sisa biaya studi lainnya? Tidak perlu khawatir karena tersedia banyak sekali pilihan beasiswa Prancis S1 yang bisa kamu coba untuk membantu membiayai studi kamu di Prancis. Apa saja beasiswa Prancis S1 tersebut? Simak ulasannya di bawah ini. 

 

Beasiswa Prancis S1

Berikut ini berbagai beasiswa studi di Prancis untuk jenjang S1: 

1. Beasiswa France Excellence D3/S1

Beasiswa France Excellence D3/S1 adalah program beasiswa yang dibuka oleh Pemerintah Prancis, melalui Institut Prancis di Indonesia (IFI) – Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, kepada pelajar dari Indonesia yang memulai tahun pertama pendidikan tinggi di Prancis pada berbagai jenjang pendidikan, termasuk S1. Program beasiswa Prancis S1 ini terbuka untuk semua jurusan.

Persyaratan beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa ini, beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi antara lain:

1. Berkebangsaan Indonesia

2. Berusia maksimal 21 tahun

3. Memiliki ijazah SMA atau sederajat

4. Memiliki profil yang baik dan motivasi kuat untuk melanjutkan studi di Prancis

5. Sudah diterima di institusi pendidikan tinggi Prancis, baik negeri maupun swasta, yang berada dalam naungan Kementerian Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Inovasi

6. Tidak sedang/akan menerima beasiswa apapun dari pihak lain

Cakupan beasiswa

Program beasiswa S1 Prancis yang satu ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

1. Biaya pembuatan visa pelajar ke Prancis

2. Tiket PP kelas ekonomi

3. Biaya asuransi kesehatan dasar pemerintah

4. Biaya CVEC

5. Biaya hidup 860 € per bulan

6. Akses prioritas ke asrama universitas

 

Baca Juga: Bahas Tuntas Seputar Beasiswa IFI Untuk Studi Jenjang D3/S1 di Prancis

 

2. The Emile Boutmy Scholarship di Sciences Po, Paris

Program beasiswa Prancis S1 selanjutnya adalah The Emile Boutmy Scholarship yang dibuka oleh The Paris Institute of Political Studies atau yang akrab dengan sebutan Sciences Po, salah satu universitas negeri berbasis riset di Paris. Beasiswa ini ditujukan kepada pelajar internasional di berbagai jenjang pendidikan, termasuk jenjang S1, yang berminat untuk menempuh pendidikan di universitas ini. Beasiswa ini diberikan berdasarkan prestasi dan keunggulan profil yang dimiliki pendaftar.

Persyaratan beasiswa

Beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa S1 Prancis ini antara lain:

1. Baru pertama kali mendaftar di Sciences Po

2. Bukan warga negara Uni Eropa dan tidak memiliki kewajiban pajak di Uni Eropa

3. Memiliki ijazah SMA atau sederajat

4. Memiliki kemampuan bahasa Inggris atau Prancis yang baik. Persyaratan minimal untuk kemampuan bahasa berbeda-beda tergantung kampus yang dituju.

Cakupan Beasiswa

Nilai yang bisa diterima mahasiswa di bawah program beasiswa S1 Prancis ini dapat berbeda-beda, termasuk di antaranya:

1. Tunjangan biaya kuliah sebesar €14.210 per tahun selama 3 (tiga) tahun

2. Tunjangan biaya kuliah sebesar €9.500 per tahun selama 3 (tiga) tahun

3. Tunjangan biaya kuliah sebesar €6.500 per tahun selama 3 (tiga) tahun

4. Tunjangan biaya kuliah sebesar €3.900 per tahun selama 3 (tiga) tahun  

Di tahun ketiga studi, mahasiswa juga bisa menerima tambahan tunjangan hidup (living grant), sesuai penilaian universitas.

3. Academic Excellence Scholarship di Institut Paul Bocuse

Program beasiswa S1 Prancis selanjutnya adalah Academic Excellence Scholarship yang ditawarkan oleh Institut Paul Bocuse, salah satu instansi perguruan tinggi di Perancis yang memiliki spesialisasi di bidang International Hospitality Management, Food Service and Culinary Arts. Program beasiswa ini ditujukan kepada pelajar internasional yang berminat mendaftar di salah satu program studi jenjang Sarjana di Institut Paul Bocuse. 

Persyaratan beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa S1 Prancis ini, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi antara lain:

1. Berusia maksimal 26 tahun

2. Sudah lulus jenjang SMA dengan prestasi akademik baik

3. Pengalaman mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti pengalaman volunteer, olahraga dan lain sebagainya juga menjadi salah satu pertimbangan  

4. Sudah diterima di salah satu program studi jenjang S1 di Institut Paul Bocuse

Cakupan beasiswa

Penerima beasiswa S1 Prancis yang satu ini berhak untuk mendapatkan beasiswa senilai €2.500 – €2.500 di tahun pertama studi. Beasiswa ini dapat diperpanjang untuk tahun-tahun berikutnya apabila mahasiswa bisa memenuhi persyaratan akademik dan persyaratan lain yang sudah ditentukan oleh Institut Paul Bocuse.  

 

Baca Juga: Simak Langkah-Langkah Melafalkan Angka Dalam Bahasa Prancis

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Beasiswa Prancis S1

Ingin lolos mendapatkan beasiswa Prancis S1? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa Prancis S1? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa prancis s1