Catat Infonya! 5 Beasiswa Singapura untuk Pelajar Indonesia

Negara Singa ini memang menjadi salah satu tujuan sekolah bagi para pelajar dari seluruh dunia karena sistem pendidikannya adalah salah satu yang terbaik di dunia dengan biaya hidup yang tidak semahal Amerika atau Inggris. Apakah Singapura menjadi tujuan kuliah Hunters selanjutnya? Kalau iya, jangan sampai ketinggalan 5 info beasiswa Singapura untuk pelajar Indonesia di bawah ini ya! 

 

5 Beasiswa Singapura untuk Pelajar Indonesia

1. Beasiswa Singapura LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Beasiswa Singapore yang pertama ini tentu sudah tidak asing bagi para Hunters. Beasiswa prestige dari Indonesia ini telah memberangkatkan banyak pelajar Indonesia ke universitas terbaik di seluruh dunia dan mencetak banyak calon pemimpin Indonesia. 

Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) sendiri membuka peluang bagi seluruh pelajar Indonesia dengan tiga skema pendaftaran yaitu reguler, afirmasi dan targeted. Beasiswa LPDP membuka jenjang S2 dan S3 dengan beasiswa penuh loh. 

Namun, karena cenderung banyak pelamar dan proses seleksi yang kompetitif, setidaknya ada 6 tahap pendaftaran beasiswa LPDP. Keenam proses pendaftaran tersebut antara lain:

  1. Membuat akun di portal LPDP. 
  2. Memiliki skema LPDP yang akan dituju.
  3. Mengisi form penilaian diri.
  4. Mengunggah dokumen dan esai beasiswa LPDP.
  5. Melengkapi surat pernyataan dan pengiriman data.
  6. Melakukan tes Substansi.
  7. Melakukan tes Wawancara.
  8. Cek pengumuman beasiswa LPDP. 

Hunters bisa lihat informasi terbaru dan tips mempersiapkan pendaftaran beasiswa Singapore ini di website resmi LPDP )Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) atau artikel Schoters berikut ini. 

 

Baca Juga: Ayo Cek 5 Universitas Terbaik di Singapura Disini

 

2. Beasiswa Singapura International Graduate Award (SINGA)

Beasiswa Singapore yang menjadi incaran banyak pelajar adalah beasiswa SINGA (Singapore International Graduate Awards). Beasiswa Singapore ini terbuka untuk jenjang Doktor/S3 dengan tipe beasiswa penuh. Sedangkan pilihan universitas tujuannya antara lain:

  1. National University of Singapore
  2. Singapore Management University
  3. Nanyang Technological University
  4. Singapore University of Technology and Design
  5. Agency for Science, Technology, and Research (A*STAR)

Sedangkan mata kuliah tujuan dari SINGA (Singapore International Graduate Awards) ini dibatasi menjadi 4 bidang studi yaitu Natural Science, Life Sciences and Technology, Health and Medical Sciences, dan Engineering. Sedangkan untuk persyaratan dan dokumen yang harus dipersiapkan antara lain:

  1. Salinan Ijazah dan Transkrip Nilai.
  2. Paspor atau tanda pengenal lainnya.
  3. Sertifikat bahasa Inggris.
  4. Surat rekomendasi. 
  5. Hasil tes GRE.

Melalui beasiswa Singapura ini, Hunters akan mendapatkan beberapa manfaat selama 4 tahun belajar termasuk SPP, biaya bulanan sebesar SGD 2.200 dan akan naik sebesar SGD 2.700 jika Hunters lolos Qualifying Examination, biaya travel pesawat sebesar SGD 1.500 dan tunjangan lainnya sebesar SGD 1.000. 

 

3. ASEAN Undergraduate Scholarship

Beasiswa Singapura selanjutnya adalah AUS atau ASEAN Undergraduate Scholarship. Seperti namanya, beasiswa Singapura ini diberikan kepada pelajar S1 yang ingin bersekolah di universitas terbaik di Singapura. Sedangkan beberapa universitas kerja sama dari beasiswa Singapura ini adalah:

  1. Nanyang Technological University (NTU)
  2. National University of Singapore (NUS)
  3. Singapore Management University (SMU)
  4. Singapore University of Technology and Design (SUTD)

Apakah ada universitas tujuan Hunters di atas? Sedangkan beberapa persyaratan yang harus Hunters persiapkan antara lain:

  1. Merupakan warga negara salah satu negara ASEAN. 
  2. Mendaftar program S1 di salah satu universitas kerja sama AUS.
  3. Memiliki prestasi akademik yang bagus, ditunjukkan dengan hasil Singapore – Cambridge GCE A Level, IB Diploma atau kualifikasi akademik lain yang setara untuk tahun 12 (SMA).
  4. Memiliki pengalaman ekstrakurikuler dan kegiatan kepemimpinan yang baik. 

Melalui kesempatan beasiswa Singapura ini Hunters dapat manfaat berupa pembebasan biaya SPP, tunjangan sebesar SDG 5.800 per tahun, tunjangan akomodasi sebesar SGD 5.800 per tahun dan tunjangan komputer sebesar SGD 1.750 (hanya satu kali diberikan). Cukup menarik bukan?

4. Beasiswa Nanyang Technology University (S1)

Selain melalui beasiswa Singapura di atas, Hunters juga bisa mencoba program dana bantuan pendidikan yang diberikan langsung dari kampus NTU (Nanyang Technological University). 

Sebagai salah satu kampus bergengsi di Singapura, NTU membuka peluang bagi para mahasiswa internasional yang ingin berkuliah di kampus mereka. Beberapa manfaat yang Hunters dapatkan melalui beasiswa Singapura ini antara lain:

  1. Pembebasan biaya kuliah (SPP).
  2. Tunjangan biaya hidup sebesar SGD 6.500.
  3. Tunjangan akomodasi sebesar SGD 2.000.
  4. Tunjangan perjalanan sebesar SGD 5.000.
  5. Tunjangan komputer sebesar SGD 1.750 (hanya satu kali diberikan).

Sedangkan persyaratan umum untuk beasiswa Singapura yang bisa Hunters persiapkan antara lain:

  1. Beasiswa Singapura ini terbuka untuk semua kewarganegaraan.
  2. Telah diterima pada salah satu jurusan jenjang S1 di NTU.
  3. Memiliki kualifikasi Singapore – Cambridge GCE A Level, IB Diploma atau kualifikasi akademik lain yang setara untuk tahun 12 (SMA).
  4. Memiliki pengalaman ekstrakurikuler dan kegiatan kepemimpinan yang baik. 
  5. Tidak sedang menerima beasiswa lain.
  6. Awardee bersedia menjadi perwakilan mahasiswa atau peran serupa jika diperlukan.
  7. Awardee harus berkomitmen untuk mempertahankan CGPA minimal 3.5 (skala 5) selama masa beasiswa diberikan. 

Sedangkan proses pendaftaran untuk beasiswa Singapura ini dapat Hunters lakukan pada masa pendaftaran awal ya. Pada proses ini, persiapkan juga Personal Essay 300 kata ya. 

 

Baca Juga: Ingin Kuliah di Singapura? Berikut Beasiswanya!

 

5. Beasiswa MoE Singapura

Beasiswa Singapura lain yang bisa Hunters coba berasal dari Ministry of Education Singapore. Sedikit berbeda dengan beasiswa Singapura lainnya, program ini memberikan kesempatan bagi siswa kelas 6 SD hingga 3 SMP untuk bersekolah di sekolah di sekolah negeri swasta atau negeri pilihan di Singapura hingga lulus SMA. 

Nah, bagi Hunters yang memang berada di bangku SD hingga SMP dan ingin menggapai mimpi sekolah di luar negeri, beasiswa Singapura yang ini tidak bisa dilewatkan ya. Terlebih Singapura sendiri terkenal dengan sistem pendidikan yang maju dan bahkan terbaik di ASEAN. 

Syarat pendaftaran beasiswa Singapura MOE ini sendiri terdiri dari:

  1. Seorang warga negara Indonesia dan dapat dibuktikan dengan dokumen resmi.
  2. Sertifikat bahasa Inggris melalui tes resmi seperti, IELTS, TOEFL atau TOEIC.
  3. Nilai rapor dan prestasi akademik yang baik dan konsisten.
  4. Pernah berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan memiliki pengalaman kepemimpinan selama sekolah di Indonesia. 

Sedangkan informasi lebih lanjut tentang beasiswa Singapore ini bisa Hunters akses melalui blog Schoters berikut ini. 

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Beasiswa Singapura

Ingin lulus di beasiswa Singapura? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Beasiswa Singapura