fbpx

4 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Butuh Surat Rekomendasi

Fakta Menarik, Info Beasiswa

“Dear Schoters, ada gak sih beasiswa tanpa surat rekomendasi?”

Scholarship Hunters ada yang galau seperti teman kita di atas? Schoters banyak sekali dapat pertanyaan mengenai beasiswa di luar negeri yang tidak perlu menyertakan surat rekomendasi dari dosen atau supervisor di tempat kerja. Biasanya karena sudah lulus sejak lama atau sudah tidak satu domisili dengan universitas sebelumnya. Buat kalian yang punya kekhawatiran seperti itu, artikel Schoters kali ini akan membahas 4 Negara yang memberikan beasiswa tanpa surat rekomendasi.

 

1. Russian Government Scholarship

Russian Government Scholarship memberikan program beasiswa kuliah gratis untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di  jenjang pendidikan S1, S2, S3, dan spesialis.

Jangan ragu mendaftar karena gak bisa bahasa Rusia ya! Tenang aja karena tiap-tiap jenjang pendidikan tersebut sebelumnya didahului dengan program bahasa Rusia di fakultas persiapan (podgotovitelny fakultet atau podfak) selama setahun dan gratis sebagai bagian dari program beasiswa.

Cakupan beasiswa yang diberikan, yaitu bebas biaya kuliah penuh (tuition fee) dan kursus bahasa, serta tunjangan bulanan dengan jumlah tertentu.

Baca juga : Info Beasiswa Pemerintah Rusia Terbaru 

2. Romanian Government Scholarship

Romanian Government Scholarship adalah beasiswa yang diberikan Pemerintah Rumania untuk mahasiswa internasional di luar Uni Eropa untuk melanjutkan studi ke Rumania. Setiap tahunnya, beasiswa ini menampung kurang lebih 85 kuota penerima beasiswa untuk jenjang S1, S2, dan S3

Beasiswa Pemerintah Romania ini menggratiskan biaya kuliah dan akomodasi, plus tunjangan hidup juga. Beasiswa ini tidak mewajibkan sertifikat bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL loh! Nantinya penemrima beasiswa akan diajarkan bahasa Rumania (CEFR).

Bidang Studi yang ditawarkan, yaitu arsitektur, seni visual, budaya dan peradaban Rumania, jurnalisme, ilmu politik dan administrasi, ilmu pendidikan, ilmu sosial dan humaniora, studi-studi teknik, minyak dan gas, ilmu pertanian, kedokteran hewan. Beasiswa TIDAK diberikan untuk bidang kedokteran dan farmasi.

Baca juga : Romanian Government Scholarship, Beasiswa Tanpa TOEFL!

 

3. Beasiswa Stipendium Hungaricum

Untuk kamu yang ingin melihat keindahan kota Budapest, daftar Stipendium Hungaricum Scholarship Programme yuk! Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Hongaria dan dikelola oleh Tempus Public Foundation yang bekerja sama dengan Kemendikbudristek untuk mahasiswa Indonesia. Beasiswa ini diperuntukkan untuk kamu yang ingin kuliah  S1, S2, S3, dan program non-gelar di Hongaria. Berikut cakupan beasiswa Stipendum Hungaricum.

  • Program Sarjana, Master, dan Non-Gelar
    • Bebas dari biaya kuliah
    • Tunjangan bulanan sebesar HUF 43,700
    • Asrama gratis atau biaya akomodasi sebesar HUF 40,000/bulan
    • Asuransi kesehatan sebesar HUF 100,000/tahun

    Program Doktoral

    • Bebas dari biaya kuliah
    • Tunjangan bulanan sebesar HUF 140,000 untuk 4 semester pertama dan HUF 180,00 untuk semester seterusnya.
    • Asrama gratis atau biaya akomodasi sebesar HUF 40,000/bulan
    • Asuransi kesehatan sebesar HUF 100,000 (cca EUR 275)/tahun

Baca juga : Mau Kuliah di Budapest, Hongaria? Daftar Beasiswa Stipendium Hungaricum

 

4. Beasiswa Invest Your Talent in Italy

Program Invest Your Talent in Italy adalah program beasiswa untuk Hunters yang ingin melanjutkan kuliah jenjang S2 di universitas-universitas terkemuka di Italia. Selain kuliah kamu juga akan mendapat pengalaman kerja magang atau on the job training loh! 

Beasiswa ini membuka untuk program Desain, Teknik, Manajemen, Ekonomi, Advance Technology, dan Arsitektur. Jangan khawatir sama bahasanya ya karena program ini diajarkan dalam bahasa Inggris.

Selain bebas biaya kuliah, beasiswa ini memberikan tunjangan biaya hidup bulanan dan asuransi kesehatan. Beasiswa ini akan dibuka kembali di bulan November 2021. 

Baca juga : Cek Beasiswa Italia lainnya, MAECI Scholarship

 

Bagaimana, sudah siap belum untuk mendaftar ke rangkaian beasiswa tanpa surat rekomendasi di atas? Tunggu apa lagi, lihat jadwal di kalender beasiswa Schoters dan segera daftarkan dirimu!

Pin It on Pinterest

Share This