Beasiswa Tokyo International University untuk Kuliah di Jepang

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi S-1 di Jepang dan sedang mencari beasiswa mulai dari beasiswa penuh hingga beasiswa parsial, jangan khawatir karenaSchoters ingin memberikan informasi terbaru mengenai beberapa opsi beasiswa Tokyo International University (TIU) untuk tahun ajaran masuk 2023. Apa sajakah persyaratan dan prosedur pendaftarannya? Mari simak informasi di bawah ini.

 

Beasiswa Tokyo International University E-track TIU (Tuition Reduction Scholarship)

Jika diterima dengan beasiswa ini, awardee akan mendapatkan kesempatan pengurangan biaya kuliah (tuition fee) sebesar 30%, 50%, 80%, atau bahkan 100% tergantung hasil seleksi beasiswa dan skor pelamar tersebut. Pemotongan biaya ini tidak termasuk biaya pendaftaran, biaya operasional, dan biaya ikatan alumni dan komunitas kemahasiswaan.

Kriteria pendaftar

Beasiswa ini inklusif dan terbuka untuk siapapun, baik pelamar dari internasional maupun calon mahasiswa dari Jepang itu sendiri.

Cara pendaftaran

Untuk mendaftar beasiswa E-track Tuition Reduction Scholarship pada dasarnya sama melalui proses pendaftaran kampus TIU.

  1. Pertama-tama, jika pelamar berminat mendaftar beasiswa tuition fee reduction, pelamar harus memilih opsi ‘YES’ atau ‘NO’ pada proses pendaftaran online di web resmi TIU.
  2. Jika pelamar memilih ‘YES’, itu artinya pelamar mendaftar beasiswa pengurangan biaya kuliah. Kemudian, pelamar harus menuliskan motivation letter lebih dari 100 kata mengenai alasan utama mendaftar beasiswa E-track TIU.
  3. Hasil seleksi beasiswa akan diumumkan di hari yang sama dengan hasil seleksi universitas.

 

Baca juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

 

Persyaratan dokumen

  1. Statement of purpose
  2. Transkrip ijazah resmi
  3. Surat rekomendasi
  4. Persyaratan bahasa
  5. Form Tuition Reduction Scholarship
  6. Bukti pendukung keikutsertaan ekstrakurikuler

Persyaratan umum

Pelamar harus memenuhi kriteria pendidikan setara dengan lulus SMA sederajat yang bisa dicek melalui website resmi. Jika kualifikasi pendidikan kamu tidak tertera di brosur pendaftaran atau persyaratan, kamu harus melengkapi “Eligibility Check Form” dan mengirimkannya ke email etrack-admissions@tiu.ac.jp sebelum periode pendaftaran dimulai. Kamu bisa download formulirnya melalui link berikut http://www.tiu.ac.jp/etrack/info/docs/eligibility_verification_form.pdf.

Sertifikat kemampuan bahasa asing

Selanjutnya yaitu persyaratan kemampuan bahasa asing dengan skor minimal sebagai berikut. Kamu boleh memilih melampirkan satu di antara beberapa opsi tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk melihat kecakapan bahasa kamu dalam menerima kuliah dalam bahasa Inggris. Minimal skor untuk beasiswa ini:

  1. IELTS Overall 5.5
  2. TOEFL 61
  3.  Pearson PTE Academic 45
  4. Eiken Pre-1st
  5. TOEIC 700
  6. Duolingo 90

 

Tertarik dengan beasiswa Tokyo International University dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

beasiswa Tokyo International University

 

Timeline seleksi

Pembukaan Aplikasi: Oktober

Deadline Aplikasi: November

Pengumuman: Desember

Beasiswa ini buka beberapa gelombang di bulan Januari hingga Maret. Pastikan Hunters tidak ketinggalan ya dengan cek kalender beasiswa Schoters.

 

Baca juga: Mau Kuliah di Jepang? Intip 5 Kampus Terbaik di Jepang

 

Rekomendasi bimbingan persiapan beasiswa Tokyo International University

Ingin lolos beasiswa Tokyo International University? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa Tokyo International University? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa tokyo international university

Sumber:

  1. Website resmi Tokyo International University. www.tiu.ac.jp