Ketahui Info Terbaru Beasiswa YSEALI Academic Fellowship

Info Beasiswa, 05 Sep 2022

Halo, Hunters! Kamu pernah berangan-angan bisa mengikuti pertukaran mahasiswa ke Amerika Serikat secara gratis? Nah, kamu bisa mencoba mendaftarkan diri pada beasiswa YSEALI Academic Fellowship. Yuk cari tahu lebih lanjut mengenai beasiswa tersebut dari artikel ini!

Sekilas Tentang Beasiswa YSEALI Academic Fellowship

Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) Academic Fellowship merupakan program pertukaran mahasiswa ke Amerika Serikat yang sifatnya jangka pendek dan internsif. Tujuannya adalah mengembangkan keterampilan profesional dan kepemimpinan para pemuda Asia Tenggara. Selama mengikuti program ini, para peserta akan belajar banyak mengenai Amerika Serikat. Di samping itu, mereka juga akan belajar mendalam mengenai tema-tema YSEALI Academic Fellowship

Program ini berdurasi lima minggu. Selama lima minggu para peserta akan mengikuti diskusi seminar, membaca, presentasi kelompok, dan kuliah. Aktivitas coursework dan classroom akan diisi dengan perjalanan edukatif, kunjungan ke tempat tertentu, aktivitas kepemimpinan, hingga kesempatan menjadi relawan untuk komunitas lokal. 

Fokus Tema YSEALI Academic Fellowship

Ada tiga tema yang menjadi fokus beasiswa ini, yaitu:

  1. Civic Engagement
  2. Environmental Issues
  3. Social Entrepreneurship and Economic Development

Kriteria Pendaftar YSEALI Academic Fellowship

Supaya bisa mendaftar beasiswa YSEALI Academic Fellowship, Hunters harus memenuhi kriteria berikut:

  1. Memiliki kualitas kepemimpinan yang baik di universitas, tempat kerja, atau komunitas;
  2. Memiliki ketertarikan, pengetahuan, atau pengalaman profesional setidaknya pada salah satu tema YSEALI Academic Fellowship;
  3. Berkomitmen atau memiliki ketertarikan pada pelayanan komunitas, kerelawanan, dan mentorship;
  4. Sangat tertarik untuk belajar tentang Amerika Serikat dan ASEAN secara mendalam;
  5. Bersedia berpartisipasi aktif pada program akademik intensif, aktivitas pelayanan komunitas, dan study tour;
  6. Memiliki komitmen kembali ke negara asal untuk menerapkan keterampilan kepemimpinan untuk komunitas, negara, atau kawasan Asia Tenggara;
  7. Belum atau memiliki sedikit pengalaman tinggal di Amerika Serikat.

          Baca Juga: Coba Beasiswa Fullbright untuk Kamu yang Mau Kuliah S2 di Amerika!

Persyaratan Pendaftar Beasiswa

Nggak semua orang bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program ini. Hunters bisa mendaftarkan diri kalau memenuhi syarat berikut:

  1. Berusia 18-25 tahun;
  2. Warga negara Brunei Darussalam, Myanmar, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, atau Vietnam;
  3. Penduduk tetap dari Brunei Darussalam, Myanmar, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, atau Vietnam;
  4. Bukan merupakan warga negara Amerika Serikat maupun penduduk tetap di Amerika Serikat;
  5. Mahasiswa S1 maupun yang sudah lulus dalam lima tahun terakhir;
  6. Cakap berbahasa Inggris (bisa membaca, menulis, dan berbicara saat pembelajaran di kelas di universitas Amerika Serikat). (Catatan: Hunters nggak perlu menyertakan sertifikat Bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS karena kemampuan berbahasa Inggris akan dinilai dari formulir pendaftaran dan proses wawancara dengan staf YSEALI). 
  7. Memenuhi syarat untuk menerima visa J-1 

Cakupan Beasiswa

Beasiswa ini menyediakan fasilitas sebagai berikut:

  1. Biaya program
  2. Tunjangan perjalanan
  3. Tiket penerbangan PP
  4. Biaya buku buku
  5. Akomodasi, tempat tinggal, dan makan

Dokumen Pendaftaran

Jika hendak mendaftar beasiswa ini, pastikan Hunters menyiapkan dokumen berikut;

  1. Surat rekomendasi
  2. Surat pernyataan (maksimal 250 kata berisi penjelasan latar belakang, minat, ekspektasi selama mengikuti program, serta keunggulan peserta)
  3. Bukti kemampuan berbahasa Inggris

Baca Juga: Beasiswa Fulbright Global Undergraduate Exchange Program di Amerika Serikat – Schoters

Cara Pendaftaran

Hunters tertarik dengan beasiswa YSEALI Academic Fellowship? Daftarkan diri kamu secara online ke sini.Pendaftaran akan ditutup pada 2 Juni 2022 tepatnya pada jam 09.00 WIB. Hanya peserta terpilih yang akan mendapatkan pemberitahuan terkait wawancara. Kamu bisa banget loh persiapan dari sekarang untuk pendaftaran tahun depan!

Matangkan Persiapanmu Bersama Schoters!

Ingin persiapan beasiswa tetapi masih ragu apakah profil kamu cocok?     ->     Yuk konsultasikan ke konsultan expert Schoters!

Mau tahu informasi paling update terkait jadwal pendaftaran beasiswa?     ->     Pantau kalender beasiswa Schoters supaya kamu tidak ketinggalan ya!