Rincian Biaya Hidup Di Jerman Untuk Mahasiswa

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Jerman?

Selain memilih program studi dan universitas yang ingin dituju, salah satu hal penting lainnya yang perlu dicari tahu sebelum melanjutkan pendidikan di Jerman adalah menghitung biaya hidup di Jerman yang kamu perlukan untuk mengambil studi di negara tersebut, termasuk biaya kuliah di Jerman. Hal ini tentu saja perlu kamu lakukan sehingga kamu bisa mulai mempersiapkan budget yang kamu perlukan untuk kuliah di Jerman dari jauh-jauh hari.

Jadi komponen biaya hidup di Jerman apa saja yang perlu kamu perhatikan dan berapa uang yang harus kamu siapkan sebelum berangkat ke Jerman? Berikut ulasannya.

 

Baca Juga: Inilah 6 Universitas Teratas di Jerman dan Informasi Beasiswanya

 

Seluk Beluk Kuliah Di Jerman

Sebagai salah satu negara yang populer sebagai destinasi studi di Eropa, saat ini terdapat setidaknya 440.564 ribu pelajar internasional yang menuntut ilmu di Jerman. Tentu saja, kualitas pendidikan kelas dunia yang ditawarkan perguruan tinggi di Jerman merupakan salah satu alasan utama yang mendorong mahasiswa untuk terbang ke negara ini. Dari 400 institusi perguruan tinggi yang tersebar di Jerman, beberapa jenis perguruan tinggi yang bisa kamu temui di Jerman antara lain :

  1. University, yaitu institusi perguruan tinggi yang umumnya mengajarkan pengetahuan yang bersifat teoritis
  2. University of Applied Science, yaitu institusi perguruan tinggi yang lebih berorientasi pada pengetahuan praktis
  3. University of Art, Film and Music, yaitu institusi perguruan tinggi yang mempelajari seni kreatif seperti musik, arsitektur, fine arts, seni tari serta industrial and fashion design.
  4. Duale Hochschulen, yaitu institusi perguruan tinggi yang menggabungkan program studi ganda (dual study programme) yang umumnya ditawarkan university of applied science dan vocational academies (Berfusakadamien).

Secara umum, perguruan tinggi di Jerman menawarkan 20.000 program studi untuk seluruh jenjang pendidikan yang ada. Selain program studi reguler yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar utama, Jerman juga menawarkan berbagai program internasional dimana mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar menggunakan Inggris, kurikulum internasional sampai kesempatan mendapatkan kualifikasi akademik dari perguruan tinggi lain di luar Jerman. 

 

Rincian Biaya Hidup di Jerman

Pelajar internasional di Jerman, rata-rata, menghabiskan sekitar 867 Euro per bulan untuk berbagai kebutuhan hidup di Jerman termasuk di antaranya :

  1. Biaya semester fee
  2. Biaya hidup, yang umumnya terdiri dari biaya akomodasi, makanan, pakaian, buku, telepon dan lain sebagainya.
  3. Biaya asuransi kesehatan
  4. Biaya kuliah di Jerman

Biaya Semester 

Semua mahasiswa yang kuliah di seluruh perguruan tinggi di Jerman diwajibkan untuk membayar semester contribution (biaya kontribusi semester). Biaya ini umumnya mencakup kontribusi kepada student support services (Studentenwerk) dan badan perwakilan mahasiswa (AStA). Biaya ini biasanya berkisar antara 100-350 Euro, yang umumnya dibayarkan saat pendaftaran dan setiap semester baru dimulai.  

Selain itu, di banyak perguruan tinggi di Jerman, biaya kontribusi juga mencakup biaya Semesterticket atau kartu transportasi (travel pass) yang bisa digunakan untuk membayar transportasi publik di area tertentu. Harga semesterticket sendiri berkisar antara 25-200 Euro, tergantung jangkauan area yang dikenai biaya. Meskipun demikian, di beberapa perguruan tinggi lain, biaya semesterticket tidak termasuk dalam biaya kontribusi yang harus dibayarkan sehingga mahasiswa dapat memilih membeli semesterticket atau tidak.

Biaya Akomodasi

Salah satu biaya terbesar yang harus dikeluarkan saat studi di Jerman adalah biaya akomodasi, yang berkisar sekitar 323 Euro per bulan. Sebagai catatan, biaya yang harus dikeluarkan untuk akomodasi bervariasi, tergantung jenis akomodasi dan lokasi tempat tinggal.

Biaya yang dibutuhkan untuk akomodasi di kota-kota besar seperti Munich, Hamburg atau Frankfurt am Main jauh lebih mahal, dibandingkan akomodasi di daerah Jerman Timur. Beberapa pilihan akomodasi yang bisa digunakan oleh mahasiswa di Jerman antara lain :

  1. Student Residence, dengan rata-rata biaya berkisar sekitar 246 Euro per bulan.
  2. Flatshares, dengan rata-rata biaya berkisar sekitar 363 Euro per bulan.
  3. Sewa flat, dengan rata-rata biaya berkisar sekitar 389 Euro per bulan.

Biaya Makanan

Rata-rata biaya makanan yang harus dikeluarkan oleh pelajar internasional yang studi di Jerman berkisar antara 170 Euro per bulan. Untuk menekan biaya yang dikeluarkan, pelajar internasional bisa mencoba berbelanja di tempat belanja yang lebih murah atau belajar memasak sendiri. 

Biaya Asuransi Kesehatan

Pelajar internasional yang ingin belajar di Jerman wajib untuk membayar asuransi kesehatan selama durasi studi berlangsung. Biaya asuransi kesehatan biasanya berkisar sekitar 110 Euro per bulan, untuk mahasiswa berusia di bawah 30 tahun atau mahasiswa dengan durasi studi di bawah 14 semester.

 

Baca Juga: Lihat 4 Daftar Beasiswa untuk Kamu Lanjut Studi ke Jerman

 

Biaya Kuliah Di Jerman

Menariknya, universitas negeri di Jerman tidak mengenakan biaya kepada mahasiswa yang mendaftar masuk di seluruh program studi di jenjang Sarjana atau banyak program studi di jenjang Master. Meskipun demikian, beberapa program studi Master khususnya di universitas swasta di Jerman masih menetapkan biaya kuliah yang cukup tinggi, hingga mencapai 10.000 Euro per semester. Tentu saja, besarnya biaya kuliah di Jerman tidak selalu menunjukkan kualitas pendidikan yang ditawarkan. Program studi yang gratis sekalipun di Jerman tetap memberikan pendidikan yang terbaik kepada mahasiswa.

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas di Jerman

Ingin lolos Universitas di Jerman? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat Universitas di Jerman? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)