Kuliah Gratis dengan 4 Beasiswa di Jerman

Info Beasiswa, 25 Okt 2022

Selama beberapa dekade, Jerman telah menikmati ekonomi yang sangat luar biasa dan standar hidup yang menjanjikan. Jerman juga menjadi salah salah satu tempat favorit bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di Eropa. Salah satu jurusan paling favorit di Jerman, yaitu Sains dan Teknik. Selain itu, beasiswa Jerman yang juga banyak ditawarkan kepada mahasiswa internasional.

Selain itu, Jerman termasuk negara yang aman di benua Eropa. Hal tersebutlah yang menjadikan negara Jerman termasuk negara yang rendah angka kriminalitasnya. Tidak heran jika banyak pelajar dari belahan dunia ingin melanjutkan studi di Jerman.

Bagaimana dengan Hunters? Tertarik ingin studi di Jerman juga, tapi khawatir dengan biaya kuliahnya? Tenang saja, berikut ini beberapa beasiswa fully funded di Jerman yang bisa kamu coba daftar Hunters!

1. SBW Berlin Scholarship

SBW Berlin Scholarship adalah beasiswa penuh yang mencakup pendanaan biaya sekolah, akomodasi dari apartmen yang disediakan ke sekolah, dan tunjangan bulanan untuk biaya hidup. Beasiswa ini akan membuka pendaftaran tahap kedua pada 15 November – 31 Desember 2022.

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mendaftar:

  1. Warga negara asing, yang negara asalnya memiliki kebutuhan khusus akan bantuan pembangunan, orang asing tunawisma, atau pengungsi yang diakui.
  2. Pelajar dari negara-negara EU dan EEA yang telah bekerja di Jerman dalam kegiatan yang berkaitan dengan studi mereka, sebelum melanjutkan studinya.
  3. Pelajar dari negara - negara EU / EEA dengan hak tinggal permanen seperti yang didefinisikan oleh Freedom of Movement Act.
  4. Berusia antara 18 sampai 30 tahun.
  5. Memiliki nilai rata - rata sesuai dengan nilai di Jerman setidaknya 2,0.
  6. Bukan warga negara Jerman, dapat membuktikan dengan tidak tinggal di Jerman selama lebih dari 18 bulan sebelum pendaftaran.
  7. Tidak ada anggota keluarga yang tinggal secara permanen di Jerman.
  8. Memiliki niat untuk bekerja di negara asal setidaknya selama 18 bulan setelah lulus.
  9. Mampu membuktikan pendapatan bersih yang relatif rendah.

Adapun dokumen yang harus dipersiapkan sebagai berikut:

  1. Formulir aplikasi.
  2. Surat motivasi (sebanyak satu atau dua halaman).
  3. Daftar riwayat hidup terbaru.
  4. Salinan sertifikat sekolah atau universitas terakhir yang menunjukkan nilai rata - rata dan gambaran umum nilai.
  5. Informasi tentang pendapatan bersih rumah tangga.
  6. Satu atau dua surat rekomendasi dari guru sekolah, dan lainnya.
  7. Bukti penerimaan universitas di Berlin atau Potsdam (opsional).
  8. Sertifikat bahasa yang diakui secara internasional untuk bahasa yang digunakan selama pembelajaran (Inggris / Jerman).
  9. Semua sertifikat dan referensi pekerjaan, pelatihan, serta magang.

             Baca juga: 7 Fakta Kuliah di Jerman yang Harus Kamu Tahu

2. Beasiswa Erasmus Global Market Local Creativities (GLOCAL)

Beasiswa Erasmus Mundus GLOCAL ditawarkan kepada pelajar dari wilayah mana pun di dunia. Namun, tidak lebih dari tiga pelamar dengan kewarganegaraan yang sama, akan diberikan beasiswa. Persyaratan beasiswa tergantung pada kewarganegaraan dan tempat tinggal Hunters.

Berikut persyaratan yang harus Hunters penuhi jika ingin mendaftar:

  1. Lulusan universitas di Indonesia yang diakui dengan IPK minimal 3,0 atau lebih tinggi.
  2. IELTS 6,5 tanpa ada salah satu tesnya yang mendapati skor 6,0, TOEFL iBT 90 dengan minimal 20 untuk membaca, 19 untuk mendengarkan, 19 untuk berbicara, dan 23 untuk menulis.

Adapun dokumen yang harus dipersiapkan sebagai berikut:

  1. Sertifikat gelar dan transkrip akademik resmi (terjemahan dalam bahasa Inggris).
  2. Dua surat referensi pendukung di atas kertas berkop.
  3. Kemampuan bahasa Inggris.
  4. Salinan halaman foto paspor.
  5. CV terbaru.
  6. Formulir aplikasi beasiswa.

3. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa ini diberikan bagi pelajar terbaik di Indonesia yang tengah menempuh program pendidikan magister/doktor di bawah tanggung jawab Kementerian Keuangan. Pelajar yang dinyatakan lolos menerima beasiswa LPDP, akan mendapatkan biaya pendidikan untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, baik dalam maupun luar negeri. Selain itu akan mendapatkan dana transportasi, dana aplikasi visa/residence permit, dana asuransi kesehatan, dana hidup bulanan, dana kedatangan, dana keadaan darurat (jika diperlukan). LPDP membuka pendaftaran setahun dua kali.

Persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini adalah:

  1. Warga negara Indonesia.
  2. Telah menyelesaikan studi sebelumnya.
  3. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  4. Tidak sedang menempuh studi baik di perguruaan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.
  5. Tidak sedang mendaftar atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.
  6. Pelamar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP, maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan dari perguruan tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional.
  7. Memilih perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.
  8. Pelamar jenjang pendidikan magister berusia paling tinggi 35 tahun.
  9. Wajib memiliki IPK pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4,00.
  10. Skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 80, PTE Academic 58, atau IELTS™ 6,5.

Adapun dokumen yang dibutuhkan yaitu:

  1. Biodata diri.
  2. Kartu tanda penduduk (KTP).
  3. Scan ijazah asli atau SKL (Surat keterangan lulus).
  4. Scan transkrip nilai.
  5. Sertifikat bahasa asing yang masih berlaku (asli).
  6. Letter of Acceptance (LoA) Unconditional yang masih berlaku dan sesuai dengan perguruan tinggi serta program studi yang dipilih.
  7. Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi.
  8. Surat usulan dari pejabat setingkat eselon II/setara yang membidangi SDM (khusus pendaftar yang berprofesi sebagai PNS/TNI/POLRI).
  9. Profil diri pada formulir pendaftaran.
  10. Komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.

4. Research Grants Doctoral Programmes in Germany (DAAD)

Program beasiswa ini menawarkan kesempatan untuk menyelesaikan gelar doktor di Jerman, jika memiliki kualifikasi di atas rata - rata dan telah menyelesaikan gelar Master selambat-lambatnya pada saat periode pendanaan dimulai. Benefit yang akan didapatkan yaitu 1.200 euro untuk calon doctor, pembayaran untuk asuransi kesehatan, kecelakaan, dan tanggung jawab pribadi. Lalu tunjangan perjalanan dan tunjangan penelitian sekali pakai. Selain itu, dalam keadaan tertentu dapat menerima subsidi sewa bulanan, tunjangan bulanan untuk anggota keluarga yang menemani, serta kursus bahasa Jerman.

Persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini adalah:

  1. Akademisi dan ilmuwan muda berkualifikasi tinggi yang telah menyelesaikan gelar Master paling lambat pada saat memulai penelitian yang didukung hibah.
  2. Sebagai aturan, tidak boleh lulus lebih dari enam tahun sebelum batas waktu aplikasi. Jika sudah bekerja pada gelar doktor, seharusnya tidak memulai gelar lebih lama dari tiga tahun sebelumnya.
  3. Pelamar yang telah tinggal di Jerman selama lebih dari 15 bulan pada batas waktu aplikasi tidak dapat dipertimbangkan.
  4. Untuk jurusan seni, ilmu sosial, dan hukum, diharapkan memiliki pengetahuan bahasa Jerman yang baik. Untuk major ilmu alam dan teknik, bukti kemampuan bahasa Inggris yang baik juga dapat diterima jika bahasa Inggris digunakan dalam pembelajaran.

Adapun dokumen yang dibutuhkan yaitu:

  1. Formulir aplikasi online.
  2. Daftar riwayat hidup lengkap dalam bentuk tabel (maks. 3 halaman).
  3. Daftar publikasi (maks. 10 halaman jika ada).
  4. Deskripsi yang luas dan rinci tentang proposal penelitian dan deskripsi karya penelitian sebelumnya (maks. 10 halaman).
  5. Sertifikat diploma atau gelar yang menunjukkan nilai akhir. Sertifikat harus diserahkan sebelum penelitian yang didukung hibah dimulai.
  6. Dokumen lain yang mendukung aplikasi.
  7. Deskripsi rinci program studi atau penelitian (proposal penelitian).
  8. Abstrak dari S1 dan S2.
  9. Transkrip Akademik (S1 dan S2), meliputi masa studi akademik secara lengkap.
  10. Sertifikat bahasa.
  11. Bukti status pekerjaan saat ini.
  12. Surat penerimaan program studi.
  13. Referensi dari dosen universitas yang memberikan informasi tentang kualifikasi pelamar (ditandatangani dengan tangan, tanpa tanda tangan digital atau pemindaian).

Pilihan beasiswanya banyak dan kesempatan terbuka luas, tunggu apalagi Hunters? Segera persiapkan dirimu untuk studi di Jerman.

             Baca juga: Ingin Cepat Mahir Bahasa Jerman? Simak 7 Tips Ini

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

beasiswa jerman