Biaya Kuliah di Turki – Informasi Terbaru 2023

Halo Hunters yang ingin studi di Turki! Belajar ke luar negeri bukan hanya perihal berkas beasiswa dan universitas loh, ada banyak hal lain yang harus ikut dipertimbangan dan dipersiapkan. Salah satunya adalah biaya kuliah di Turki dan lingkungan yang akan Hunters hadapi nantinya.

Agar persiapan kuliah di Turki Hunters lebih matang dan siap, yuk ketahui rincian biaya kuliah di Turki untuk mahasiswa internasional yang Schoters rangkumkan di bawah ini!

Selayang Pandang Kuliah di Turki

Sebagai negara yang berbatasan dengan Eropa dan Asia, kuliah di Turki bukan hanya tentang belajar di universitas saja melainkan juga tentang hiburan dan lingkungan belajar yang kaya. Beberapa manfaat kuliah di Turki bagi mahasiswa internasional antara lain:

  1. Punya banyak destinasi wisata dan masyarakat yang beragam.
  2. Keadaan geografi dan iklim yang hampir sama dengan negara-negara Arab.
  3. Memiliki banyak beasiswa Fully Funded untuk para mahasiswa internasional.
  4. Kesempatan belajar dengan beasiswa sekaligus bekerja di luar negeri.
  5. Biaya kuliah yang cenderung murah dibandingkan dengan universitas di Eropa.

Dengan segala kelebihan kuliah di Turki di atas, berapa banyak biaya kuliah di Turki yang harus dipersiapkan?

Baca Juga: Pelajari Beasiswa Turkiye Burslari: Beasiswa Kuliah di Turki dan Cara Mendapatkannya

Rincian Biaya Kuliah di Turki untuk Mahasiswa Internasional

Jika berbicara tentang rincian biaya kuliah di Turki untuk mahasiswa internasional, tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari biaya persiapan, berangkat, biaya kuliah di Turki, kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya. Berikut beberapa penjelasan untuk kebutuhan-kebutuhan di atas.

Biaya Persiapan Pendaftaran

Biasanya universitas di Turki tidak meminta biaya pendaftaran dan proses seleksi juga sudah bisa dilakukan secara online. Namun Hunters tetap harus mengecek kembali persyaratan yang diminta oleh jurusan dan universitas tujuan ya.

Biaya Kuliah di Turki

Dibandingkan dengan negara lain, biaya kuliah di Turki terbilang lebih murah. Pada jenjang Sarjana, Hunters dikenakan biaya sekitar EUR 350 – 1.400 per tahun untuk universitas negeri dan EUR 500 – 1,000 per tahun untuk universitas swasta.

Sedangkan untuk jenjang Pascasarjana, Hunters akan dikenakan biaya sekitar EUR 900 hingga 18.000. Namun biaya kuliah di Turki tersebut masih dapat dikurangi jika Hunters menggunakan program beasiswa ya. Untuk info beasiswa Turki lebih lanjut bisa dilihat disini. 

Biaya Kehidupan Sehari-hari

Bagi mahasiswa internasional, Hunters bisa mem-budget kan pengeluaran sekitar EUR 400 hingga 650 per bulannya. Turki sendiri menggunakan mata uang Turki Lira, yang mana 1 Euro setara dengan 9 Turki Lira.

Biaya Akomodasi Mahasiswa

Sebagai mahasiswa internasional, Hunters membutuhkan tempat tinggal. Beberapa pilihan yang tersedia antara lain asrama kampus (harga menyesuaikan kebijakan kampus, asrama negara sekitar EUR 23 – 38 per bulan, atau menyewa apartemen dengan biaya EUR 68 – 238 per bulan tergantung dengan fasilitas dan lokasi.

Baca Juga: Lihat Sekarang 10 Daftar Universitas Terbaik di Dunia yang Ada di Turki !

Biaya Makan 

Sebagai mahasiswa internasional, Hunters bisa memilih untuk makan di kantin kampus yang biasanya harganya lebih murah daripada di luar. Biaya makan di Turki sendiri berkisar antara EUR 0,30 – 1.15 dan pastinya tergantung dengan jenis restoran apa yang Hunters kunjungi. Sedangkan untuk menu kebab di Turki biasanya berkisar antara EUR 2,85 – 3,40.

Biaya Transportasi

Bagi Hunters yang punya akses ke transportasi umum, biaya yang dikeluarkan untuk bus berkisar antara EUR 0,20 – 0,40 per tiket dan taxi sebesar EUR 2,85 per 5 km.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas di Turki

Ingin lulus dan dapat panduan hidup dan biaya kuliah di Turki lebih banyak lagi? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)