Tips Menulis Essay LPDP yang Menarik dan Auto Dilirik!

Info Beasiswa, 03 Sep 2022

Jika pemberi beasiswa mensyaratkan pendaftar untuk mengumpulkan essay, artinya essay merupakan sesuatu yang penting sekali dalam proses seleksi beasiswa. Maka dari itu Hunters perlu mengetahui bagian-bagian dan tips menulis essay yang menarik. Pada artikel kali ini, Schoters akan membahas essay untuk melamar beasiswa LPDP. Adakah diantara kalian yang ingin mendapatkan beasiswa LPDP? Jika ada, baca sapai akhir artikel ini ya!

Sekilas tentang Essay

Pada dasarnya essay adalah tulisan singkat yang dijadikan salah satu dokumen persyaratan oleh pemberi beasiswa agar pemberi beasiswa bisa mengetahui karakteristik pendaftar. Tujuan utamanya adalah mengetahui apakah pendaftar beasiswa memiliki karakter yang dicari serta layak mendapatkan beasiswa atau tidak. Pendaftar harus mengumpulkan essay sesuai dengan ketentuan pemberi beasiswa baik dari segi jumlah essay, tema, maupun poin-poin yang harus ada di dalam essay yang harus ditulis.

Struktur bagian dalam Essay

Essay yang baik dan menarik tidak ditulis secara asal. Pasalnya, ada bagian-bagian essay yang wajib kamu cantumkan supaya essay kamu menarik di mata pemberi beasiswa. Hal ini juga berlaku jika kamu ingin menulis essay untuk beasiswa LPDP. Pastikan kamu tidak melewatkan bagian penting di dalam essay. Umumnya esaay memiliki bagian sebagai berikut:

1. Pendahuluan 

Oleh karena essay merupakan aspek yang penting, buatlah essay yang se-menarik mungkin dan dapat menggambarkan diri kalian. Pastikan Hunters mengawali bagian essay dengan pendahuluan dan tidak langsung melompat ke inti yang ingin ditunjukkan. Jika di awal essay kamu tidak mencantumkan pendahuluan, ada kemungkinan essay kamu terasa aneh saat pemberi beasiswa membacanya. 

Bagian pendahuluan umumnya berisi pengenalan diri baik latar belakang diri kamu, pekerjaan maupun pencapaian yang pernah diraih. Kemudian dapat dilanjut dengan latar belakang permasalahan yang ingin diangkat. Namun, pastikan permasalahan yang akan kamu bahas sesuai dengan tema atau topik yang ditentukan oleh pemberi beasiswa ya. 

2. Isi

Setelah menulis pendahuluan, selanjutnya kamu harus menuliskan permasalahan utama yang hendak kamu selesaikan. Tambahkan solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang kamu angkat dan bagaimana kamu dapat turut serta berpartisipasi dalam penyelesaian permasalahan tersebut. Pada bagian ini, Hunters dapat mengubungkan permasalahan dengan jurusan yang akan diambil. Hunters dapat menunjukkan kelebihan dari universitas maupun jurusan yang dituju. Jangan lupa menunjukkan antusiasme Hunters untuk berkontribusi pada Indonesia, ya!

Pada beasiswa-beasiswa lain, terkadang pemberi beasiswa tidak selalu meminta mengangkat suatu permasalahan dan penyelesaiannya. Pemberi beasiswa bisa saja meminta kamu menulis hal lain. Intinya adalah di bagian isi ini Hunters harus membahas topik sesuai dengan ketentuan dari pemberi beasiswa. Jika Hunters menulis isi yang tidak berkaitan dengan ketentuan pemberi beasiswa, maka besar kemungkinan kamu tidak akan lolos tahap seleksi. 

3. Penutup atau Kesimpulan

Bagian terakhir adalah penutup. Pada bagian ini kamu perlu menyimpulkan poin utama yang kamu bahas di essay dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Jangan sampai kesimpulan yang kamu tulis justru membahas hal lain yang tidak berkaitan dengan bagian-bagian sebelumnya. 

Tips Menulis Essay untuk LPDP

Setelah mengulik bagian-bagian essay, selanjutnya kamu harus tahu tips menulis essay. Pada artikel ini tips yang kita bahas berfokus pada essay LPDP. Supaya essay kamu menarik, hal yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:

1. Pahami ketentuan essay LPDP 

Sekarang mudah sekali mengetahui ketentuan essay beasiswa. Informasi ketentuan essay LPDP bisa dengan mudah kamu baca di website resmi penyelenggara LPDP

2. Be yourself!

Tulislah essay LPDP dengan jujur. Jangan menuliskan hal yang tidak benar tentang kamu atau bahkan memanipulasi topik atau permasalahan yang kamu angkat dalam essay. Saat menuliskan kontribusi yang ingin kamu berikan setelah menerima beasiswa, jangan menulis hal yang kamu sendiri merasa tidak mampu melakukannya. 

3. Kenali diri sendiri

Pernah merasa bingung saat menulis essay? Barangkali kamu belum mengenal diri kamu dengan baik. Coba ingat-ingat lagi pengalaman, kelebihan, dan kekurangan kamu. Dengan diri kamu yang seperti itu, kira-kira kontribusi apa yang sekiranya bisa kamu berikan setelah menerime beasiswa? 

Jadwal Seleksi Beasiswa LPDP 

Setelah mengetahui tips menulis essay LPDP, jangan lupa mengumpulkan semua berkas pendaftaran sebelum deadline pendaftaran. Berikut ini jadwal seleksi LPDP 2022:

Seleksi Tahap 1

a. Pendaftaran beasiswa: 25 Februari – 27 Maret 2022

b. Seleksi administrasi: 28 Maret – 11 April 2022

c. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 12 April 2022

d. Seleksi bakat skolastik: 18 – 22 April 2022

e. Pengumuman hasil seleksi bakat skolastik: 27 April 2022

f. Seleksi substansi: 6 Juni – 1 Juli 2022

e. Pengumuman hasil seleksi substansi: 4 Juli 2022

Seleksi Tahap 2

a. Pendaftaran beasiswa: 4 Juli – 5 Agustus 2022

b. Seleksi administrasi:  8 – 19 Agustus 2022

c. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 22 Agustus 2022

d. Seleksi bakat skolastik: 29 Agustus – 10 September 2022

e. Pengumuman hasil seleksi bakat skolastik:  15 September 2022

f. Seleksi substansi: 26 September – 4 November

e. Pengumuman hasil seleksi substansi: 11 November 2022

 

Apakah Kamu Awardee LPDP Selanjutnya?

Apakah kamu sudah yakin bahwa persiapanmu benar-benar matang dan bisa menaklukkan semua tahap seleksi beasiswa LPDP? Sudah yakin essay LPDP yang kamu tulis bisa membuat pemberi beasiswa jatuh hati? Kalaupun misalnya kamu belum merasa siap, jangan khawatir. Masih ada waktu untuk mempersiapkannya.

Kamu juga bisa join grup Telegram dari Schoters kalau ingin persiapan beasiswa LPDP kamu semakin on track. Join grupnya di sini karena akan ada banyak informasi penting terkait seleksi beasiswa LPDP. Good luck, Hunters!