7 Langkah Jitu Cara Menulis Essay LPDP, Simak Ulasan Lengkapnya!

Jika pemberi beasiswa mensyaratkan pendaftar untuk mengumpulkan essay, artinya essay merupakan sesuatu yang penting sekali dalam proses seleksi beasiswa.

Maka dari itu Hunters perlu mengetahui bagian-bagian dan cara menulis essay yang menarik. Pada artikel kali ini, Schoters akan membahas essay untuk melamar beasiswa LPDP. Adakah di antara Hunters yang ingin mendapatkan beasiswa LPDP? Jika ada, baca sampai akhir artikel ini ya!

 

Apa itu essay?

Essay adalah tulisan singkat yang dijadikan salah satu dokumen persyaratan oleh pemberi beasiswa agar pemberi beasiswa bisa mengetahui karakteristik pendaftar.

Tujuan utamanya adalah mengetahui apakah pendaftar beasiswa memiliki karakter yang dicari serta layak mendapatkan beasiswa atau tidak.

Pendaftar harus mengumpulkan essay sesuai dengan ketentuan pemberi beasiswa baik dari segi jumlah kata essay, tema, maupun poin-poin yang harus ada di dalam essay yang harus ditulis.

 

Struktur bagian dalam essay

Essay yang baik dan menarik tidak ditulis secara asal. Pasalnya, ada bagian-bagian essay yang wajib Hunters cantumkan supaya essay yang telah dibuat terlihat menarik di mata pemberi beasiswa.

Hal ini juga berlaku jika Hunters ingin menulis essay untuk beasiswa LPDP. Pastikan Hunters tidak melewatkan bagian penting di dalam essay. Umumnya essay memiliki bagian sebagai berikut:

1. Pendahuluan essay

Oleh karena essay merupakan aspek yang penting, buatlah essay yang se-menarik mungkin dan dapat menggambarkan diri Hunters.

Pastikan Hunters mengawali bagian essay dengan pendahuluan dan tidak langsung melompat ke inti yang ingin ditunjukkan. Jika di awal essay Hunters tidak mencantumkan pendahuluan, ada kemungkinan essay Hunters terasa aneh saat pemberi beasiswa membacanya. 

Bagian pendahuluan umumnya berisi pengenalan diri baik latar belakang diri Hunters, pekerjaan maupun pencapaian yang pernah diraih.

Kemudian, dapat dilanjut dengan latar belakang permasalahan yang ingin diangkat. Namun, pastikan permasalahan yang akan Hunters bahas sesuai dengan tema atau topik yang ditentukan oleh pemberi beasiswa ya. 

2. Isi essay

Setelah menulis pendahuluan, selanjutnya Hunters harus menuliskan permasalahan utama yang hendak Hunters selesaikan. Tambahkan solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang Hunters angkat dan bagaimana Hunters dapat turut serta berpartisipasi dalam penyelesaian permasalahan tersebut.

Pada bagian ini, Hunters dapat mengubungkan permasalahan dengan jurusan yang akan diambil. Hunters dapat menunjukkan kelebihan dari universitas maupun jurusan yang dituju. Jangan lupa menunjukkan antusiasme Hunters untuk berkontribusi pada Indonesia, ya!

Pada beasiswa-beasiswa lain, terkadang pemberi beasiswa tidak selalu meminta mengangkat suatu permasalahan dan penyelesaiannya. Pemberi beasiswa bisa saja meminta Hunters menulis hal lain.

Intinya adalah di bagian isi ini Hunters harus membahas topik sesuai dengan ketentuan dari pemberi beasiswa. Jika Hunters menulis isi yang tidak berkaitan dengan ketentuan pemberi beasiswa, maka besar kemungkinan kamu tidak akan lolos tahap seleksi. 

3. Penutup atau kesimpulan

Bagian terakhir adalah penutup. Pada bagian ini Hunters perlu menyimpulkan poin utama yang Hunters bahas di essay dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas.

Jangan sampai kesimpulan yang Hunters tulis justru membahas hal lain yang tidak berkaitan dengan bagian-bagian sebelumnya. 

 

Cara menulis essay untuk beasiswa LPDP

Setelah mengulik bagian-bagian essay, selanjutnya Hunters harus tahu tips menulis essay. Pada artikel ini tips yang kita bahas berfokus pada essay LPDP. Supaya essay Hunters menarik, hal yang harus Hunters lakukan adalah sebagai berikut:

1. Pahami ketentuan beasiswa LPDP 

Sebelum mulai menulis essay, pastikan Hunters sudah paham mengenai ketentuan essay yang diberikan oleh LPDP.

Sekarang mudah sekali mengetahui ketentuan essay beasiswa. Informasi ketentuan essay LPDP bisa dengan mudah Hunters baca di website resmi penyelenggara LPDP

2. Buat outline essay

Selanjutnya, Hunters bisa lanjut membuat outline essay. Dengan membuat outline terlebih dahulu, Hunters dapat memastikan bahwa essay Hunters memiliki alur logis dan kohesif.

Umumnya, outline terdiri dari beberapa poin penting yang mencakup pengantar, isi essay, dan kesimpulan.

3. Jelaskan kontribusi untuk beasiswa LPDP

Tips penting selanjutnya yaitu menjelaskan kontribusi sesuai dengan permintaan LPDP. Saat menulis bagian ini, tulislah dengan jujur.

Jangan menuliskan hal yang tidak benar tentang Hunters atau bahkan memanipulasi topik atau permasalahan yang Hunters angkat dalam essay. Saat menuliskan kontribusi yang ingin Hunters berikan setelah menerima beasiswa, jangan menulis hal yang Hunters sendiri merasa tidak mampu melakukannya. 

4. Hindari plagiarisme

Plagiarisme adalah tindakan mengambil karya atau ide orang lain tanpa memberikan kredit. Melakukan plagiarisme dapat mengurangi, bahkan menghilangkan peluang Hunters untuk mendapatkan beasiswa.

Menghindari plagiarisme adalah suatu prinsip etika dan integritas yang sangat penting dalam menulis essay beasiswa.

5. Sertakan data pendukung

Saat menulis essay LPDP, baiknya Hunters menyertakan data yang dapat mendukung argumen Hunters.

Misalnya, saat menceritakan aktivitas organisasi kuliah, baiknya Hunters juga menyertakan data berupa seberapa besar impact dari kegiatan yang telah Hunters lakukan di organisasi tersebut.

6. Gunakan tata bahasa yang baik

Menggunakan tata bahasa yang baik dalam essay beasiswa adalah elemen penting untuk memberikan kesan profesional dan meyakinkan pada pembaca. Tata bahasa yang baik mencakup ejaan yang benar, struktur kalimat yang tepat, serta penggunaan kata dan frasa dengan cermat.

Ketika Hunters menggunaka tata bahasa yang baik, maka artinya Hunters memastikan bahwa pesan dapat disampaikan dengan jelas dan efektif.

7. Kenali diri sendiri

Pernah merasa bingung saat menulis essay? Barangkali Hunters belum mengenal diri sendiri dengan baik.

Coba ingat-ingat lagi pengalaman, kelebihan, dan kekurangan Hunters. Dengan diri Hunters yang seperti itu, kira-kira kontribusi apa yang sekiranya bisa Hunters berikan setelah menerima beasiswa? 

 

essay lpdp

 

Jadwal seleksi beasiswa LPDP 

Setelah mengetahui tips menulis essay LPDP, jangan lupa mengumpulkan semua berkas pendaftaran sebelum deadline pendaftaran. Berikut ini jadwal seleksi LPDP:

1. Seleksi tahap 1

a. Pendaftaran beasiswa: 25 Februari – 27 Maret 

b. Seleksi administrasi: 28 Maret – 11 April 

c. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 12 April 

d. Seleksi bakat skolastik: 18 – 22 April 

e. Pengumuman hasil seleksi bakat skolastik: 27 April 

f. Seleksi substansi: 6 Juni – 1 Juli 

e. Pengumuman hasil seleksi substansi: 4 Juli 

 

Baca juga: Simak Lebih Lanjut mengenai Beasiswa LPDP

 

2. Seleksi tahap 2

a. Pendaftaran beasiswa: 4 Juli – 5 Agustus 

b. Seleksi administrasi:  8 – 19 Agustus 

c. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 22 Agustus 

d. Seleksi bakat skolastik: 29 Agustus – 10 September 

e. Pengumuman hasil seleksi bakat skolastik:  15 September 

f. Seleksi substansi: 26 September – 4 November

e. Pengumuman hasil seleksi substansi: 11 November 

 

Baca juga: Ingin Tahu Apa yang Diperlukan Untuk Mengikuti Seleksi LPDP? Yuk Cek Sekarang

 

Rekomendasi bimbingan persiapan beasiswa LPDP

Ingin lolos beasiswa LPDP? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa LPDP? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

essay lpdp