Panduan Lengkap Pendaftaran Beasiswa GKS Embassy Track Tahun Ini

Hai, Hunters! Bagaimana persiapan beasiswanya hingga saat ini? Nah, bagi Hunters yang sedang mempersiapkan diri untuk studi ke Korea dengan beasiswa, berikut beberapa panduan untuk memahami salah satu jalur beasiswa Korea, yaitu GKS Embassy Track. Catat info pentingnya dan persiapkan dirimu sebaik mungkin, ya! 

 

Selayang pandang Global Korean Scholarship (GKS) 

Beasiswa GKS-KGSP (Global Korea Scholarship-Korean Government Scholarship Program) adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Korea Selatan untuk mendukung studi pascasarjana bagi mahasiswa internasional, salah satunya pelajar Indonesia.

Program beasiswa Korea Selatan ini membuka dua jalur pendaftaran, yaitu GKS Embassy Track dan University Track. Berikut informasi lebih lanjutnya. 

 

Apa itu Beasiswa GKS Embassy Track?

GKS Embassy Track adalah salah satu jalur atau program beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Korea Selatan melalui Kementerian Pendidikan. Beasiswa ini memungkinkan mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi pascasarjana di universitas-universitas Korea Selatan.

Jalur GKS Embassy Track merupakan proses seleksi yang dilakukan melalui kedutaan besar Korea Selatan di negara asal calon mahasiswa. Proses seleksi ini meliputi penilaian berkas aplikasi, wawancara, dan penilaian akademik. Setelah tahap seleksi selesai, calon mahasiswa yang terpilih akan diumumkan.

Pelamar atau kandidat dari beasiswa ini juga dapat memilih program studi pascasarjana yang ditawarkan oleh universitas-universitas yang berpartisipasi dalam program ini. Program studi yang tersedia mencakup berbagai bidang, seperti ilmu sosial, sains, teknik, bisnis, seni, dan humaniora.

 

Baca Juga: Lihat 4 Panduan Dalam Menulis Personal Statement GKS, Serta Contohnya!

 

Apa perbedaannya dengan University Track?

Sejatinya, perbedaan antara GKS Embassy Track dengan University Track terletak pada tempat atau jalur pendaftaran di awal. Namun, ada lagi hal lain yang menjadi pembedanya, yaitu jumlah universitas yang dapat dipilih dan alur pendaftaran.

Pada GKS Embassy Track, Hunters bisa memilih tiga universitas di awal, sedangkan jalur universitas hanya memperbolehkan 1 universitas saja. Oleh karena itu, alur pendaftaran beasiswa jalur ini memang lebih lama karena ada seleksi dari kedutaan terlebih dahulu sebelum maju ke level universitas.

Nah, bagi Hunters yang tidak mempunyai prestasi akademik yang sangat mentereng bisa memilih jalur Embassy Track dan memilih universitas yang tidak terlalu ketat persaingannya akan menjadi strategi yang baik. Namun, secara garis besar, mengetahui kemampuan dan kekurangan diri sendiri dan menciptakan kesempatan bagi diri sendiri akan sangat bermanfaat dalam proses mencari beasiswa. 

 

Tertarik dengan beasiswa GKS Embassy Track dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

beasiswa lpdp reguler

 

Cakupan beasiswa GKS Embassy Track

Setiap awardee dari beasiswa ini berhak mendapatkan beberapa manfaat diantaranya adalah:

  1. Tiket pesawat PP;
  2. Tunjangan kedatangan dan pulang ke negara asal;
  3. Biaya pendidikan;
  4. Tunjangan keperluan sehari-hari;
  5. Dana penelitian dan cetak tesis;
  6. Pelatihan bahasa Korea;
  7. Asuransi kesehatan.

 

Persyaratan dan dokumen yang diperlukan

  1. Formulir pendaftaran;
  2. Personal Statement;
  3. Study Plan (tidak berlaku untuk research program);
  4. Proposal penelitian (khusus research program);
  5. Satu surat rekomendasi;
  6. Surat undangan resmi dari universitas (khusus research program);
  7. Persetujuan untuk mengumpulkan dan menggunakan informasi pribadi;
  8. Perjanjian pendaftar GKS;
  9. Hasil cek Kesehatan;
  10. Ijazah/SKL;
  11. Transkrip nilai;
  12. Bukti kewarganegaraan dan hubungan keluarga orang tua dan pelamar (Kartu Keluarga, KTP, dsb);
  13. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris atau Korea (opsional);
  14. Sertifikat penghargaan (opsional);
  15. Fotokopi paspor (opsional).

 

Baca Juga: Inilah Cara Lolos Beasiswa GKS 2023

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos beasiswa GKS Embassy Track

Ingin lulus di beasiswa GKS Embassy Track? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu. Dijamin terlengkap.

gks embassy track

Sumber :

1. Website resmi GKS.https://gksscholarship.com/