Hanyang University: Registrasi & Beasiswa Pelajar Indonesia

Bagi Hunters, mungkin kata Hanyang University sudah tidak asing lagi di telinga. Hanyang University merupakan salah universitas di Korea Selatan yang dikenal dengan bidang teknik dan arsitekturnya. Universitas ini menjadi pioner dua bidang tersebut dan terus menjadi salah satu pioneer bidang STEM di negaranya.

Bagi para Hunters yang memiliki rencana untuk melanjutkan studi teknik dan arsitekturnya di Hanyang University, yuk, study tour lagi bersama Schoters Bedah Kampus melalui artikel di bawah ini!

Selayang pandang dan alumni berpengaruh dari Hanyang University

Dibangun pada tahun 1939 oleh Lyun-Joon Kim, kampus ini sudah banyak berkembang dan mencetak banyak alumni berpengaruh di setiap zamannya. Hanyang University memiliki dua kampus yang bernama Seoul dan dan ERICA. Kampus Seul berada di 222 Wangsimni-ro, Seongdong-gu, Seoul 133-791, Korea. Sementara itu, Kampus ERICA beralamatkan di 55 Hanyang Daehak-ro, Sangnok-gu, Ansan Gyeonggi-do, 426-791, Korea.

Hanyang University merupakan kampus riset swasta yang ada di Korea Selatan dan menempati peringkat pertama sebagai alumni kampus yang mencetak CEO terbanyak di Korea Selatan, lho. Tercatat, ada sebanyak 10.213 CEO perusahaan adalah alumni dari Hanyang University. Beberapa di antaranya adalah awbagai berikut:

  1. Chung Mon-koo, CEO Hyundai Motor Group; 
  2. Yoon Boo-keun, wakil presiden Samsung Electronics;
  3. Hong Nam-ki, perdana menteri ekonomi.

 

Selain itu ada beberapa alumni dari kalangan olahragawan dan artis yang mungkin sudah tidak asing bagi para Hunters yang mengikuti K-POP dan K-Drama nih, beberapa diantaranya adalah:

  1. Pemain basket, Park Chan-ho;
  2. Atlet gulat bebas, Chang Chang-sun;
  3. Lee Young-ae, Aktris;
  4. Jang Geun-seok, Aktor.

 

Apakah kamu mengenal beberapa nama di atas? Kalau ada, apakah kamu mau menjadi salah satu bagian dari Hanyang University dan menjadi “adik kelas” dari nama-nama di atas? Yuk, kenali lebih lanjut profil dan persyaratan masuk mahasiswa internasional di universitas ini.

 

Baca Juga : Intip Lebih Dalam 10 Kampus Terbaik di Korea Selatan

 

Ranking dan bidang studi di Hanyang University

Dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi elit di Korea Selatan, Hanyang University berada di peringkat 157 universitas dunia menurut QS World Rankings University. Meski jurusan andalan mereka adalah teknik dan arsitektur, universitas ini juga menawarkan banyak rentang pilihan bidang studi lainnya. Berikut beberapa jenjang untuk S1 dan S2 yang tersedia.

Bidang studi sarjana 

Pilihan fakultas yang terbuka untuk mahasiswa internasional antara lain:

  1. College of Engineering;
  2. College of Medicine;
  3. College of Humanities;
  4. College of Social Sciences; 
  5. College of Law;
  6. College of Natural Science;
  7. College of Economics and Finance;
  8. College of Education;
  9. College of Human Ecology;
  10. College of Music;
  11. College of Performing Arts and Sports;
  12. School of Nursing;
  13. College of Engineering Sciences (ERICA);
  14. College of Pharmacy (ERICA);
  15. College of Science and Convergence Technology (ERICA);
  16. College of Languages and Cultures (ERICA);
  17. College of Business and Economics (ERICA);
  18. College of Design (ERICA);
  19. College of Sports and Arts (ERICA).

 

Cukup banyak, bukan? Nah bagi kamu yang ingin melanjutkan ke tahap Pascasarjana, berikut rincian fakultas yang bisa kamu pilih.

Bidang studi pascasarjana

Pilihan fakultas yang terbuka untuk mahasiswa internasional antara lain:

  1. Professional Graduate School;
  2. Biomedical Science and Engineering;
  3. Specialized Graduate School.

 

Meski tidak terlihat sebanyak program Sarjananya, kamu bisa lihat lebih spesifik mengenai pilihan jurusannya pada link di ini, ya.

Persyaratan masuk mahasiswa internasional di Hanyang University

Hanyang University sendiri menerima 7400 mahasiswa luar negeri setiap tahunnya. Berikut beberapa persyaratan masuk untuk mahasiswa Internasional pada jenjang Sarjana dan Pascasarjana.

Persyaratan masuk S1 

Ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan untuk mengikuti proses seleksi masuk S1 di Hanyang University. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Salinan form pendaftaran;
  2. Salinan pernyataan;
  3. Personal Statement dan Rencana Studi;
  4. Ijazah terbaru;
  5. Transkrip nilai;
  6. Salinan paspor;
  7. Akta kelahiran;
  8. Certificate of Bank Balance;
  9. Sertifikat tes bahasa Korea (tidak wajib);
  10. Sertifikat bahasa Inggris (tidak wajib);
  11. Portfolio (bagi yang mendaftar di jurusan kesenian).

 

Adapun untuk info lebih lengkapnya untuk timeline dan admission unit  bisa kamu lihat melalui brosur resminya pada link ini.

Persyaratan masuk S2 

Bagi para pendaftar yang berminat mendaftar program Pascasarjana, ada beberapa dokumen khusus yang harus kamu kirimkan, berikut rinciannya:

  1. Salinan form pendaftaran;
  2. Salinan pernyataan;
  3. Personal Statement dan Rencana Studi;
  4. Ijazah terbaru;
  5. Transkrip nilai;
  6. Salinan paspor;
  7. Akta kelahiran;
  8. Certificate of Bank Balance;
  9. Sertifikat tes bahasa Korea (tidak wajib);
  10. Sertifikat bahasa Inggris (tidak wajib);
  11. Portfolio (bagi yang mendaftar di jurusan kesenian).

 

Adapun untuk info lebih lengkapnya untuk timeline dan admission unit  bisa kamu lihat melalui brosur resminya pada link ini

Beasiswa untuk pelajar Indonesia di Hanyang University 

Sebagai salah satu kampus yang ramah dengan mahasiswa Internasional, Hanyang University membuka pintunya lebar-lebar kepada para pelajar Indonesia melalui beberapa beasiswa berikut ini!

1. Hanyang International Excellence Awards

Hanyang University membuka kesempatan bagi para mahasiswa internasional dari negara manapun untuk mendapatkan beasiswa selama 1 semester dengan diskon SPP sebesar 70%, 50% dan 30%. Proses beasiswa ini bisa kamu ajukan melalui Office of International Affairs dan terdiri dari tahap seleksi berkas dan interview. Beberapa persyaratannya adalah:

  1. Mahasiswa internasional yang memiliki sertifikat TOPIK dan minimal GPA 3.0 pada semester sebelumnya;
  2. Tidak menerima beasiswa dari program manapun;
  3. Tidak memiliki riwayat jeda kuliah;
  4. Memiliki asuransi yang masih berlaku.

 

Pembayaran uang beasiswa ini dilakukan setelah kamu membayar uang SPP penuh. Kemudian, pihak HIEA akan membagikan uang refund sebanyak beasiswa yang kamu dapatkan.

2. Hanyang University TOPIK Scholarship

Beasiswa ini berlaku pada mahasiswa luar negeri yang mendaftar di salah satu bidang studi di Hanyang University dan memiliki sertifikat TOPIK. Mahasiswa yang memiliki riwayat jeda kuliah tidak bisa mengikuti beasiswa ini, namun kamu masih bisa mendaftar beasiswa ini meskipun telah mendapatkan bantuan dana dari pihak luar.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui beasiswa TOPIK ini sebesar KRW 190.000 untuk level 4. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pendaftaran sebesar KRW 40.000 ya, jadi manfaat bersih yang bisa kamu dapatkan sebesar KRW 150.000.

Cara mendaftarnya juga sangat mudah. Kamu bisa mendaftar melalui “TOPIK Homepage”, kemudian ikuti tesnya, dan kirim hasil tes mu. Bagi yang lolos di Level 4 ke atas akan mendapatkan beasiswa tersebut. Dokumen yang kamu butuhkan hanya sertifikat TOPI, salinan akun bank yang aktif, dan salinan asuransi kesehatan.

 

Baca Juga : Mau Kuliah Gratis Di Korea Selatan? Intip Beasiswa GKS 2023

 

3. Beasiswa GKS 2023

Hanyang University bekerja sama dengan beasiswa GKS, jadi bagi para pelajar Indonesia yang ingin mendapatkan beasiswa penuh untuk biaya pendidikan dan kehidupan sehari-hari sebesar KRW 500.000 (12 bulan), program ini bisa menjadi salah satu pilihanmu, ya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini, kamu bisa cek artikel Schoters berikut ini. 

Nah, apakah Hunters sudah memiliki rencana untuk kuliah di Hanyang University. Schoters juga punya program persiapan kuliah dan beasiswa ke luar negeri, lho. Yuk, kepoin infonya pada link berikut.

Hanyang University