IISMA PTDN dan PTPPV: Peluang Belajar dan Berkarya di Luar Negeri

Halo Hunters pengen kuliah di luar negeri? Yuk simak program IISMA PTDN dan PPTV berikut! Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), PTDN (Perguruan Tinggi Dalam Negeri), PTPPV (Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi) atau lebih dikenal dengan program IISMA PTDN dan PTPPV ialah program yang dirancang oleh pemerintah Indonesia.

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengalaman akademis dan keterampilan profesional mahasiswa melalui program pertukaran internasional. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di universitas terkemuka di luar negeri, memperluas wawasan mereka, dan mempersiapkan mereka untuk bersaing di pasar global.

Latar Belakang dan Tujuan Program IISMA PTDN dan PTPPV

Program IISMA PTDN dan PTPPV dibuat dan diluncurkan oleh pemerintah Indonesia sebagai bagian dari upaya dan dukungan pemerintah Indonesia untuk memajukan pendidikan tinggi dan mobilitas Internasional. IISMA PTDN dan PTPPV diluncurkan untuk memberikan peluang bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di luar negeri dan memperoleh pengalaman yang berharga.

Program tersebut juga bekerja sama dengan universitas dan institusi pendidikan terkemuka di seluruh dunia untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada mahasiswa. Sejak peluncurannya, program IISMA PTDN dan PTPPV telah berkembang pesat dengan semakin banyaknya mahasiswa yang tertarik dan berpartisipasi dalam program tersebut. Adapun tujuan dari program tersebut adalah:

1. Pengembangan akademik

Dengan adanya program IISMA PTDN dan PTPPV diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan dengan memungkinkan mahasiswa belajar di institusi luar negeri yang memiliki reputasi akademik yang tinggi.

2. Peningkatan keterampilan profesional

Program tersebut dapat memberikan akses kepada mahasiswa untuk belajar dan bekerja di lingkungan internasional sehingga dapat memperkaya keterampilan profesional mereka. 

3. Penguatan jejaring internasional

Dengan adanya program IISMA PTDN dan PTPPV diharapkan mampu membangun jejaring global yang dapat digunakan mahasiswa untuk pengembangan karir dan kolaborasi internasional.

4. Pengayaan pengalaman budaya

Pertukaran pelajar di luar negeri bisa memperkenalkan mahasiswa pada budaya dan sistem pendidikan yang berbeda, meningkatkan toleransi dan pemahaman antar budaya.

 

Baca Juga: Info Lengkap Beasiswa IISMA Untuk Mahasiswa Indonesia

 

Persyaratan Umum Program IISMA PTDN dan PTPPV 

Berikut beberapa persyaratan umum yang wajib dipenuhi untuk bisa mendaftarkan diri di program tersebut, yakni:

  1. Mahasiswa aktif program sarjana atau vokasi, saat ini terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), yang termasuk dalam kriteria berikut:
    1. Mahasiswa S1 pada semester 4 atau 6 di perguruan tinggi yang diakui di Indonesia (Perguruan Tinggi Dalam Negeri – PTDN) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
    2. Mahasiswa Diploma 3 pada semester 4 dan mahasiswa Diploma 4 pada semester 4 atau 6 di universitas yang diakui menawarkan program vokasi di Indonesia (Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi – PTPPV) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
  2. Merupakan warga negara Indonesia yang menetap di Indonesia dan tidak memiliki status berkewarganegaraan ganda.

  3. Maksimal berusia 24 tahun pada bulan 1 Juli 2024.

  4. Memiliki IPK minimal 3.0 (dari 4.0) dibuktikan dengan transkrip akademik terakhir.

  5. Dinominasikan oleh Ketua Program Studi/Kepala Departemen dari perguruan tinggi asal.

  6. Direkomendasikan oleh Wakil Rektor/Wakil Direktur Bidang Akademik dari perguruan tinggi asal.

  7. Tidak pernah mengambil cuti semester selama berkuliah.

  8. Tidak mengikuti program flagship Kampus Merdeka lainnya selama mengikuti program IISMA.

  9. Tidak mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi asal selama mengikuti program IISMA.

  10. Belum pernah mengikuti lebih dari satu (1) program flagship Kampus Merdeka sebelum mendaftar program IISMA.

  11. Menyerahkan sertifikat kecakapan bahasa Inggris yang masih berlaku dengan nilai minimum sebagai berikut:

    1. Mahasiswa sarjana: TOEFL iBT – 78, IELTS – 6.0, atau Duolingo English Test – 100.
    2. Mahasiswa vokasi: TOEFL iBT – 60, IELTS – 6.0, Duolingo English Test – 95, atau TOEIC Listening and Reading Test – 605.
  12. Tidak pernah melanggar peraturan, norma, dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia.
  13. Bersedia mematuhi peraturan dan tata tertib selama berpartisipasi dalam program IISMA.

Tertarik mendaftar beasiswa IISMA dan bingung dengan persyaratannya? Yuk konsultasi dengan  Schoters untuk bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di Universitas pilihanmu dengan beasiswa IISMA, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

Tertarik mendaftar beasiswa IISMA dan bingung dengan persyaratannya?

Yuk konsultasi dengan  Schoters untuk bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di Universitas pilihanmu dengan beasiswa IISMA, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

 

IISMA PTDN dan PTPPV

 

Persyaratan Khusus Program IISMA PTDN dan PTPPV

  1. Surat Pernyataan Ditandatangani dan Bermaterai oleh Pendaftar dan Orang Tua/Wali.

  2. Surat Pernyataan Ditandatangani dan Bermaterai oleh Ketua Program Studi/Kepala Departemen.

  3. Surat Pernyataan sebagai Penerima Beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia .

  4. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEFL-iBT/Duolingo/TOEIC).

  5. Transkrip akademik (dalam bahasa Inggris).

  6. Pemindaian Berwarna Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia.

  7. Surat Pernyataan dan Rekomendasi dari Universitas Asal yang ditandatangani dan bermeterai oleh Wakil Rektor.

 

Cakupan Beasiswa Program IISMA PTDN dan PTPPV

Program IISMA PTDN dan PTPPV menyediakan beasiswa yang cukup lengkap untuk mendukung kelancaran studi dan kehidupan para mahasiswanya di luar negeri. Berikut adalah cakupan beasiswa yang diberikan:

  1. Biaya pendidikan (biaya kuliah di universitas tujuan, biaya pendaftaran dan tes bahasa inggris, dan biaya buku serta bahan ajar).

  2. Tunjangan hidup bulanan yang disesuaikan dengan standar hidup di negara tujuan.

  3. Asuransi kesehatan dan kecelakaan.

  4. Biaya visa.

  5. Tiket pesawat pulang pergi.

  6. Biaya darurat lainnya.

 

Program IISMA PTDN dan PTPPV merupakan inisiatif penting yang memberikan peluang besar bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar dan berkembang di lingkungan internasional. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, program ini membantu mencetak generasi muda yang siap bersaing di pasar global dan berkontribusi pada pembangunan Indonesia yang lebih baik. 

 

Baca Juga: Rekomendasi Beasiswa Pertukaran Mahasiswa Ke Luar Negeri Untuk S1 dan S2 

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Beasiswa IISMA

Ingin lolos beasiswa IISMA? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswamu lebih terarah. Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

IISMA PTDN dan PTPPV