Berbagi Info Beasiswa 2023 Ke Luar Negeri Yang Menarik Untuk Dicoba

, 01 Des 2022

Bagi sebagian besar orang, kendala biaya merupakan salah satu hambatan utama untuk mewujudkan impian melanjutkan studi di luar negeri. Meskipun demikian, kendala biaya ini bisa diatasi dengan mencoba berbagai program beasiswa yang tersedia dari seluruh penjuru dunia. 

Mengingat terdapat banyak sekali program beasiswa yang tersedia, penting bagi calon mahasiswa untuk menggali lebih dalam info beasiswa 2023 ke luar negeri, baik dari internet atau dari berbagai sumber terpercaya lainnya.

Untuk membantu pencarian terkait beasiswa yang menarik untuk dicoba, simak info beasiswa 2023 terpopuler di bawah ini, khususnya beasiswa luar negeri 2023.

Sepuluh Beasiswa Luar Negeri 2023 Populer

10 (sepuluh) beasiswa luar negeri 2023 populer yang dibuka setiap tahunnya untuk pelajar internasional dari Indonesia antara lain beasiswa Fulbright di Amerika Serikat, Monbukagakusho (MEXT) di Jepang, Global Korea Scholarship (GKS) di Korea, Australia Awards Scholarship (AAS) di Australia, Chevening Scholarship di Inggris, ASEAN Undergraduate Scholarship di Singapura, Turkiye Burslari Scholarship di Turki, Stipendium Hungaricum Scholarship di Hungaria, EMJMD di Uni Eropa dan beasiswa LPDP dari Indonesia.

Info Beasiswa 2023: Beasiswa Fulbright

Beasiswa Fulbright adalah program beasiswa fully funded yang diberikan oleh Pemerintah Amerika Serikat untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di jenjang S2 dan S3 di berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat. Beasiswa ini dibuka untuk seluruh program studi kecuali bidang studi medicine yang ada kaitannya dengan patient care atau clinical patient contact.

Selain menawarkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di jenjang S2 dan S3, beasiswa Fulbright juga membuka beasiswa untuk masyarakat Indonesia yang sudah memiliki gelar doktor untuk melakukan penelitian di perguruan tinggi di Amerika Serikat selama 3-6 bulan (The Visiting Scholar Program

Cakupan Beasiswa   

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Pengurusan visa (J-1 visa support)
  2. Biaya penerbangan kelas ekonomi PP Indonesia – Amerika Serikat
  3. Biaya kuliah
  4. Biaya hidup
  5. Asuransi kesehatan dan kecelakaan sesuai dengan regulasi yang berlaku di Amerika Serikat

Periode Pendaftaran

Program beasiswa Fullbright untuk jenjang Master dan Doktoral umumnya dibuka dari bulan Januari – Februari setiap tahunnya, sedangkan batas waktu pendaftaran untuk program visiting scholar adalah bulan November setiap tahunnya.

 

Info Beasiswa 2023: Beasiswa Monbukagakusho (MEXT)

Beasiswa Monbukagakusho (MEXT) adalah program beasiswa fully funded yang diberikan oleh Pemerintah Jepang bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi di Jepang. Program beasiswa ini dibuka untuk seluruh jenjang pendidikan, baik jenjang sarjana maupun pascasarjana.

Calon mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti beasiswa ini dapat mendaftar melalui 2 (dua) jalur pendaftaran yang tersedia antara lain pendaftaran melalui Kedutaan Besar Jepang (jalur embassy recommendation) atau langsung melalui universitas tujuan di Jepang tanpa melalui kedutaan (jalur university recommendation).

Cakupan Beasiswa   

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya kuliah
  2. Tunjangan hidup bulanan sebesar 117.000 yen (jenjang S1), 143.000 yen (research students), 144.000 Yen (jenjang S2), 145.000 Yen (jenjang S3)
  3. Tiket PP Indonesia – Jepang
  4. Biaya pengurusan visa pelajar

Periode Pendaftaran

Program beasiswa MEXT umumnya dibuka pada bulan April – Mei setiap tahunnya, untuk jalur embassy recommendation, sedangkan periode pendaftaran untuk jalur university recommendation dapat berbeda-beda tergantung perguruan tinggi yang dituju.

 

Info Beasiswa 2023: Global Korea Scholarship

Global Korea Scholarship (GKS) adalah program beasiswa fully funded yang diberikan oleh Pemerintah Korea Selatan kepada pelajar internasional yang berminat untuk menempuh studi di Korea Selatan untu berbagai jenjang pendidikan baik S1, S2, maupun S3. Selain itu, program beasiswa ini menawarkan pembiayaan penelitian untuk dosen pertukaran dan pasca doktoral di berbagai lembagai penelitian di Korea Selatan.

Sama seperti MEXT, pendaftaran beasiswa GKS juga dapat dilakukan melalui 2 (dua) jalur yaitu melalui Kedutaan Besar Korea Selatan atau langsung melalui perguruan tinggi yang dituju. Beasiswa ini dibuka untuk seluruh program studi di Korea Selatan, kecuali program studi dengan durasi di atas 4 (empat) tahun seperti Kedokteran atau Arsitektur.

Cakupan Beasiswa

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Tiket pesawat PP Indonesia – Korea Selatan
  2. Tunjangan perpindahan tempat tinggal sebesar 200.000 KRW yang diberikan sebanyak 1 (satu) kali
  3. Biaya hidup sebesar 900.000 – 1.000.000 KRW per bulan
  4. Biaya asuransi kesehatan sebesar 20.000 KRW per bulan
  5. Biaya sekolah bahasa sebesar 800.000 KRW per level
  6. Biaya tunjangan kemampuan Bahasa Korea sebesar 100.000 KRW per bulan
  7. Biaya penelitian sebesar 210.000 – 240.000 KRW per bulan
  8. Biaya pencetakan tesis atau disertasi sebesar 500.000 – 800.000 KRW per bulan
  9. Tunjangan persiapan kembali ke negara asal sebesar 100.000 KRW yang diberikan sebanyak 1 (satu) kali

Periode Pendaftaran

Pendaftaran program beasiswa GKS untuk jenjang sarjana umumnya dibuka pada bulan September setiap tahunnya. Sedangkan pendaftaran untuk jenjang pascasarjana umumnya dibuka pada bulan Februari setiap tahunnya.

 

Info Beasiswa 2023: Australia Awards Scholarship

Australia Awards Scholarship (AAS) adalah beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Australia kepada pelajar internasional di jenjang S2 dan S3 yang ingin belajar di berbagai perguruan tinggi di Australia. Setiap tahunnya, AAS menetapkan bidang studi yang menjadi prioritas program beasiswa. Untuk intake tahun 2023, bidang studi yang menjadi prioritas adalah bidang studi yang mendukung COVID-19 Development Response Plan, khususnya di bidang health security, stability dan economic recovery.

Cakupan Beasiswa

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya pelatihan pra-keberangkatan 
  2. Biaya perjalanan PP Indonesia – Australia
  3. Uang saku selama periode pelatihan pra-keberangkatan
  4. Biaya pemeriksaan kesehatan untuk persyaratan student visa
  5. Biaya pengurusan student visa dan student dependant visa
  6. Biaya asuransi kesehatan untuk pelajar internasional (overseas student health cover)
  7. Tunjangan perpindahan tempat tinggal (establishment allowance) yang diberikan 1 (satu) kali saat tiba di Australia  
  8. Biaya hidup di Australia yang diberikan per 2 (dua) minggu
  9. Biaya Introductory Academic Program yang dilaksanakan dalam durasi 4-6 minggu sebelum studi Master atau Doktoral dimulai
  10. Biaya kuliah
  11. Biaya pendukung studi lainnya (supplementary academic support)
  12. Biaya studi lapangan

Periode Pendaftaran

Pendaftaran program beasiswa ini umumnya dibuka pada bulan Februari – April setiap tahunnya.

 

Info Beasiswa 2023 : Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening adalah program beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Inggris kepada pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan studi jenjang Master di berbagai perguruan tinggi di Inggris. Meskipun demikian, tidak semua pelajar dapat mendaftar ke program ini mengingat Chevening hanya menerima kandidat yang sudah memiliki setidaknya pengalaman kerja sebanyak 2 (dua) tahun. Pengalaman kerja ini meliputi pengalaman kerja penuh waktu (full time employment), pengalaman kerja paruh waktu (part time employment), pengalaman kerja sukarelawan (voluntary work) dan pengalaman magang, baik dibayar maupun tidak (paid or unpaid internships)

Cakupan Beasiswa

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya kuliah
  2. Biaya penerbangan PP Indonesia – Inggris
  3. Tunjangan kedatangan (arrival allowance)
  4. Biaya pengurusan visa individual
  5. Tunjangan kepulangan (departure allowance)
  6. Biaya pemeriksaan TBC (TB test)
  7. Biaya transportasi
  8. Tunjangan hidup bulanan yang besarannya tergantung lokasi perguruan tinggi tujuan studi

Periode Pendaftaran

Pendaftaran program Chevening umumnya dibuka pada bulan Agustus – November setiap tahunnya.  

 

Info Beasiswa 2023 : ASEAN Undergraduate Scholarship

ASEAN Undergraduate Scholarship adalah program beasiswa fully funded yang ditawarkan kepada calon mahasiswa jenjang S1 dari berbagai negara ASEAN, termasuk Indonesia, untuk melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi di Singapura termasuk Nanyang Technological University (NTU), National University Singapore (NUS), Singapore Management University (SMU) dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Cakupan Beasiswa

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya kuliah
  2. Biaya hidup sebesar S$ 5.800 per tahun akademik
  3. Biaya akomodasi sebesar S$ 3.000 per tahun akademik
  4. Tunjangan komputer sebesar S$ 1.750 yang diberikan sebanyak 1 (satu) kali   

Periode Pendaftaran

Timeline dan batas waktu pendaftaran program beasiswa ini berbeda-beda tergantung program studi yang dituju, mengingat pendaftaran program dilakukan bersamaan dengan pendaftaran program studi.

 

Info Beasiswa 2023: Turkiye Burslari Scholarship

Turkiye Burslari Scholarship adalah program beasiswa yang dibuka oleh Pemerintah Turki bagi pelajar internasional di berbagai jenjang pendidikan, baik S1, S2 dan S3, yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di Turki. Beasiswa fully funded ini terbuka untuk hampir seluruh program studi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Turki kecuali program associate degree dan vocational schools untuk jenjang S1 dan bidang health untuk jenjang S2 dan S3.

Selain program beasiswa reguler, Turkiye Scholarship juga membuka kesempatan beasiswa kepada pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di bidang musical science, performing arts dan fine arts di Ankara Music and Fine Arts University melalui program Art Scholarship.

Cakupan Beasiswa

Beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya hidup bulanan sebesar 1000 TL untuk jenjang S1, 1400 TL untuk jenjang S2 dan 1800 TL untuk jenjang S3
  2.  Biaya kuliah
  3. Biaya kelas bahasa Turki selama 1 (satu) tahun
  4. Biaya akomodasi
  5. Biaya asuransi kesehatan
  6. Biaya penerbangan PP Indonesia – Turki

Periode Pendaftaran

Program beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan Januari – Februari setiap tahunnya.

 

Info Beasiswa 2023: Stipendium Hungaricum Scholarship

Stipendium Hungaricum Scholarship adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Hungaria kepada pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi di Hungaria, baik di jenjang S1, S2 maupun S3. Program beasiswa ini dibuka untuk lebih dari 600 program studi yang tersebar di 29 universitas di Hungaria, namun masing-masing pelamar hanya dapat memilih 2 (dua) program studi tujuan.

Persyaratan dan dokumen pendukung yang diperlukan untuk mendaftar program beasiswa Stipendium Hungaricum dapat berbeda-beda tergantung program tujuan. Pelamar program Doktoral kemungkinan juga diminta untuk mencari supervisor terlebih dahulu di perguruan tinggi yang diinginkan.

Cakupan Beasiswa

Untuk jenjang S1 dan S2, beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Pembebasan biaya kuliah
  2. Tunjangan bulanan sebesar HUF 43.700 yang diberikan sampai periode studi selesai
  3. Tunjangan akomodasi yang dapat diberikan berupa jatah asrama gratis atau tunjangan sebesar HUF 40.000 per bulan untuk biaya akomodasi
  4. Biaya asuransi kesehatan

Untuk jenjang S3, beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Pembebasan biaya kuliah
  2. Tunjangan bulanan sebesar HUF 140.000 yang diberikan untuk 4 (empat) semester pertama dan HUF 180.000 untuk 4 (empat) semester selanjutnya sampai periode studi selesai.  
  3. Tunjangan akomodasi yang dapat diberikan berupa jatah asrama gratis atau tunjangan sebesar HUF 40.000 per bulan untuk biaya akomodasi
  4. Biaya asuransi kesehatan

Periode Pendaftaran

Pelajar internasional yang tertarik mengikuti program beasiswa ini sudah dapat memilih program studi tujuan pada bulan November setiap tahunnya dan mulai mengunggah dokumen di portal pendaftaran online sejak bulan Desember. Pendaftaran program beasiswa ini umumnya ditutup pada bulan Januari setiap tahunnya.

 

Info Beasiswa 2023 : Beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree

Beasiswa Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD) adalah program beasiswa yang diberikan oleh konsorsium internasional pendidikan tinggi di Uni Eropa kepada pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di jenjang Master. Program studi yang dibuka di bawah beasiswa ini cukup bervariasi serta meliputi berbagai disiplin ilmu seperti agricultural and forestry science, business studies and management sciences, communication and information, education and teachning, engineering, humanities, law dan lain sebagainya.

Salah satu hal yang menarik tentang beasiswa Erasmus adalah mahasiswa dapat belajar di berbagai perguruan tinggi dari seluruh penjuru Eropa selama periode studi, sesuai dengan spesialisasi yang dipilih. Di akhir studi, mahasiswa bisa mendapatkan satu gelar yang dikeluarkan oleh setidaknya 2 (dua) perguruan tinggi yang berbeda atau banyak gelar (minimal 2 gelar) yang dikeluarkan oleh setidaknya 2 (dua) perguruan tinggi.

Cakupan Beasiswa

Nilai total beasiswa Erasmus dapat berbeda-beda tergantung dari durasi program studi yang dituju dan asal negara pelamar beasiswa. Meskipun demikian, beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya partisipasi pendidikan termasuk di dalamnya uang kuliah, uang perpustakaan dan laboratorium, asuransi kesehatan dan biaya lainnya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan Master
  2. Biaya transportasi dan tunjangan kedatangan
  3. Biaya hidup bulanan yang diberikan selama periode studi

Periode Pendaftaran

Masing-masing program studi di bawah EMJM memilih periode waktu pendaftaran yang berbeda-beda. Meskipun demikian, rata-rata pendaftaran program studi dibuka sekitar bulan Oktober – Januari setiap tahunnya.

 

Info Beasiswa 2023 : Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Indonesia untuk calon mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi di jenjang S2 dan/atau S3 di berbagai perguruan tinggi di dunia. Beasiswa LPDP memiliki beberapa kategori beasiswa yang dapat dicoba antara lain beasiswa LPDP reguler yang dibuka untuk masyarakat umum, beasiswa targeted untuk PNS/TNI/POLRI, warga negara yang bergerak di bidang kewirausahaan, kader ulama dan kerjasama di bidang metalurgi dan sains material serta beasiswa LPDP afirmasi yang dibuka untuk penyandang disabilitas, penduduk daerah afirmasi, penduduk pra-sejahtera dan putra putri Papua.

Cakupan Beasiswa

Secara umum, beasiswa LPDP mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Biaya pendaftaran
  2. Biaya SPP (tuition fee)
  3. Tunjangan buku
  4. Biaya penelitian tesis/disertasi
  5. Biaya seminar internasional
  6. Biaya publikasi jurnal internasional
  7. Biaya transportasi
  8. Biaya aplikasi visa (residence permit)
  9. Biaya asuransi kesehatan
  10. Biaya hidup bulanan
  11. Biaya kedatangan
  12. Biaya keadaan darurat (jika diperlukan)
  13. Biaya tunjangan keluarga (khusus untuk pelamar program Doktoral)
  14. Biaya pendukung pendamping penerima beasiswa kelompok penyandang disabilitas (khusus untuk program beasiswa afirmasi penyandang disabilitas)
  15. Biaya pengayaan (khusus untuk seluruh program beasiswa afirmasi)

Periode Pendaftaran

Program beasiswa LPDP biasanya dibuka dalam 2 (dua) tahap pendaftaran. Pendaftaran beasiswa tahap 1 biasanya dibuka pada periode Februari – Maret, sedangkan pendaftaran beasiswa tahap 2 dibuka pada periode Juli – Agustus 2022.

Jika kalian ingin menjadi penerima beasiswa ini, segera konsultasi bersama mentor experts Schoters agar persiapan beasiswa ini lebih matang atau langsung chat untuk informasi paket bimbingan dan layanan lainnya ya! Klik gambar di bawah ini atau langsung chat untuk informasi paket bimbingan dan layanan lainnya ya!

Banner L _ Mau Lolos Beasiswa LN_



Artikel Lainnya