3 Universitas Dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Dunia

Kamu mungkin pernah mendengar tentang jurusan Hubungan Internasional sebagai salah satu jurusan yang dibuka di sebuah universitas. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan jurusan hubungan internasional dan apa saja yang dipelajari di jurusan ini?

Secara umum, jurusan Hubungan Internasional (HI) adalah jurusan yang mempelajari tentang dinamika hubungan antar bangsa secara global, sekaligus juga mempelajari dinamika hubungan antar berbagai organisasi atau instansi lainnya yang memiliki interaksi lintas negara.

Studi dalam jurusan ini mencakup berbagai disiplin ilmu, termasuk di antaranya politik, ekonomi, sosiologi, antropologi, psikologi, hukum, keamanan internasional, diplomasi, media, filsafat dan masih banyak lagi. Jurusan hubungan internasional menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh mahasiswa mengingat banyaknya peluang karier yang bisa dicoba setelah lulus nantinya, seperti karier di pemerintahan, organisasi non pemerintahan (NGOs), jurnalisme, diplomat hingga karier di perusahaan global. Melanjutkan studi di jurusan hubungan internasional, khususnya di universitas di luar negeri, tentunya dapat memberikan pemahaman yang lebih solid mengenai interaksi kompleks antar negara dan organisasi di tingkat global.

Kalau kamu ingin melanjutkan jurusan hubungan internasional di universitas di luar negeri, ada banyak sekali faktor yang perlu kamu pertimbangkan terlebih dulu, seperti lokasi, biaya dan yang paling penting, kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh universitas. Lalu dimana saja universitas jurusan hubungan internasional terbaik di dunia berada? Simak ulasan lengkap tentang beberapa alternatif universitas luar negeri dengan jurusan hubungan internasional terbaik di dunia di bawah ini.

Harvard University

Universitas pertama dalam daftar universitas jurusan hubungan internasional terbaik di dunia ini adalah Harvard University, yang juga secara konsisten terus menjadi salah satu universitas terbaik di dunia versi QS. Salah satu universitas tertua di Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak tahun 1636 ini berlokasi di Cambridge, Massachusetts dan menawarkan beragam program studi yang menarik untuk seluruh jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pasca sarjana, termasuk jurusan hubungan internasional.

Jurusan hubungan internasional pada jenjang sarjana

Mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan studi di jurusan hubungan internasional pada jenjang sarjana (undergraduate) di Harvard University dapat mengikuti program Bachelor of Liberal Arts. Melalui program ini, mahasiswa bisa mempelajari dasar yang lebih komprehensif di bidang liberal arts dan berbagai spesialisasi yang termasuk di dalamnya seperti bisnis, ilmu komputer, hubungan internasional, ekonomi dan psikologi.

Jurusan hubungan internasional pada jenjang pasca sarjana

Untuk jenjang pascasarjana, mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan studi di jurusan hubungan internasional di Harvard University dapat mencoba program Master of Liberal Arts in International Relations untuk membuka wawasan mengenai berbagai isu global terkini dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan antara negara dan bangsa serta organisasi supra-nasional.

 

Baca Juga: Panduan Mendaftar ke Harvard University

London School of Economics and Political Science

London School of Economics dan Political Science (LSE) yang berlokasi di London, Inggris juga merupakan salah satu universitas dengan jurusan hubungan internasional terbaik di dunia. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1895 sudah membuka jurusan hubungan internasional selama 95 tahun, sehingga jurusan hubungan internasional di LSE kini menjadi salah satu program studi hubungan internasional tertua dan terbesar di dunia. Sejak berdiri pada tahun 1924, jurusan hubungan internasional di LSE terus berkembang menjadi salah satu jurusan hubungan internasional terbaik di dunia, dengan banyak kontribusi penting di dunia hubungan internasional termasuk di dalamnya kontribusi dalam pembangunan Centre for International Studies di tahun 1967, program studi di European Studies di tahun 1972 dan penyusunan jurnal Millenium : Journal of International Studies yang saat ini menjadi salah satu jurnal prestisius di dunia hubungan internasional. Tidak heran kalau kemudian program hubungan internasional di LSE berhasil menduduki peringkat nomor 2 di Inggris dan peringkat nomor 4 di dunia untuk bidang studi politics and international studies berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS Tahun 2022.

Saat ini, LSE membuka jurusan hubungan internasional di seluruh jenjang pendidikan baik sarjana maupun pascasarjana.

Jurusan hubungan internasional di jenjang sarjana

Mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di jurusan hubungan internasional di jenjang sarjana (undergraduate) di LSE dapat mengambil program BSc in International Relations dengan durasi studi selama 3 (tiga) tahun. Program ini akan menggali lebih dalam mengenai berbagai fungsi, teori dan sejarah hubungan antar negara di tingkat internasional serta dinamika interaksi yang senantiasa berubah antara negara dan aktor-aktor di dalamnya.

Setelah menyelesaikan studi di jurusan hubungan internasional di LSE, mahasiswa juga berhak mendapatkan ijazah dan transkrip dengan bahasa yang menjadi spesialisasi melekat pada gelar (language specialism). Bahasa yang dapat menjadi spesialisasi adalah bahasa Perancis, Jerman, Spanyol, Rusia dan Mandarin.

Selain BSc in International Relations, LSE juga menawarkan joint degree (gelar ganda) yang menggabungkan bidang studi hubungan internasional dengan bidang studi lainnya. Joint degree tersebut antara lain :

  1. BSc International Relations and History

  2. BSc Politics and International Relations
  3. BSc International Relations and Chinese

Jurusan hubungan internasional di jenjang pasca sarjana

Untuk jenjang pasca sarjana, LSE membuka setidaknya 5 (lima) program studi Master of Science untuk bidang studi hubungan internasional termasuk di antaranya :

  1. MSc in International Relations, yaitu program Master yang sesuai bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan karier dengan skala internasional. Untuk menyelesaikan program studi ini, mahasiswa harus menyelesaikan kelas metodologi, riset dan disertasi sebanyak 10.000 kata.  
  2. MSc in International Political Economy, yaitu program Master yang ditujukan untuk mahasiswa yang memiliki latar belakang di bidang politik, ekonomi, sejarah, hubungan internasional dan jurusan lainnya yang setara. Fokus dari program studi ini adalah politik ekonomi dan bukan ekonomi internasional, meskipun konsep ekonomi akan dipelajari lebih mendalam.  

  3. MSc Theory and History of International Relations, yaitu program Master joint degree yang mengkombinasikan studi untuk hubungan internasional dan sejarah internasional. Melalui program studi ini, mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan dan keahlian di bidang sejarah, organisasi, trend dan tantangan terkait hubungan internasional termasuk perang dunia, konflik Barat – Timur, hubungan Utara – Selatan, integrasi Eropa, globalisasi, diplomasi dan pembinaan perdamaian. 
  4. MSc Political Science (Global Politics), yaitu program Master yang menggabungkan berbagai studi di bidang globalisasi, global governance dan politik global. Program ini ditujukan untuk mahasiswa yang ingin merintis karir di organisasi internasional, pemerintahan, kebijakan publik, konsultasi politik, instansi keamanan, keuangan, media, NGOs dan masih banyak lagi.   

  5. LSE-Peking University Double Degree in MSc International Affairs, yaitu program Master double degree yang dibuka bagi mahasiswa yang berminat untuk mempelajari hubungan internasional di area Cina dan Asia Pasifik lebih lanjut. Program yang akan diselenggarakan bersama oleh LSE dan Peking University ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman akademik di Cina dan Eropa dengan menggunakan 2 (dua) bahasa berbeda secara bergantian, mengingat mahasiswa akan menempuh studi tahun pertama di Peking University dan studi tahun kedua di LSE.  
  6. Sciences Po-LSE Double Degree in Affaires Internationales and IR/IPE, yaitu program Master Double Degree yang dibuka bagi mahasiswa yang memiliki minat untuk belajar dasar hubungan internasional, politik ekonomi internasional serta teknik negosisasi dengan berbagai organisasi termasuk pemerintahan, bisnis internasional dan berbagai institusi lainnya

Selain 6 (enam) Master di atas, LSE juga menawarkan program studi Master of Philosophy (MPhil) dan PhD di tingkat Doktoral.

Tertarik melanjutkan studi di universitas dengan jurusan hubungan internasional terbaik di dunia dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

 [Schoters] Form Konsultasi Harvester

University of Oxford

Universitas berikutnya yang menawarkan jurusan hubungan internasional terbaik di dunia adalah University of Oxford, yang berlokasi di Oxford, Inggris. Jurusan hubungan internasional di Oxford merupakan salah satu jurusan hubungan internasional terbesar dan tertua di Inggris yang sudah berdiri sejak tahun 1909. Jurusan ini kini berhasil menjadi program studi hubungan internasional nomor satu terbaik dunia versi THES Global University Rangkings for Politics and Internasional Studies dan peringkat 2 dalam daftar 2022 QS World University Rankings.

Jurusan hubungan internasional yang ditawarkan di Oxford University berada langsung di bawah Department of Politics and Internasional Relations yang melakukan banyak penelitian dan menerbitkan publikasi akademis di bidang comparative politics, hubungan internasional dan teori politik yang berhubungan dengan isu-isu seperti peace, conflict and security, race, gender and free speech dan masih banyak lagi.

Oxford University sendiri menawarkan jurusan hubungan internasional di berbagai jenjang pendidikan, termasuk di antaranya jenjang S1, S2 dan S3.

Baca Juga: Deretan Beasiswa Oxford University Bisa untuk Pelajar Indonesia!

Jurusan hubungan internasional di jenjang sarjana

Untuk jenjang sarjana (undergraduate), bidang hubungan internasional ditawarkan Oxford University melalui 2 (dua) program studi yang berbeda antara lain :

  1. BA Philosophy, Politics and Economics, yang merupakan program studi yang menggabungkan 3 (tiga) program studi untuk memahami dunia politik dan berbagai aspek politik melalui 3 (tiga) pendekatan yang berbeda.  

  2. BA History and Politics, yang merupakan program studi yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari institusi dan konsep politik modern mulai dari konsep sampai sejarah yang menjadi latar belakang.

Jurusan hubungan internasional di jenjang pasca sarjana  

Untuk jenjang pasca sarjana (graduate), Oxford University menawarkan berbagai program studi yang bisa dipilih oleh mahasiswa yang berminat untuk mempelajari hubungan internasional, termasuk di antaranya :

  1. PhD di bidang hubungan internasional, dengan durasi studi selama kurang lebih 3-4 tahun (full time) atau 6-8 tahun (part time)
  2. MPhil di bidang hubungan internasional, dengan durasi studi selama kurang lebih 21 bulan (full time)
  3. MSc di bidang Political Theory Research, dengan durasi studi selama kurang lebih 1 tahun (full time)
  4. PhD di bidang Politics, dengan durasi studi selama kurang lebih 3-4 tahun (full time) atau 6-8 tahun (part time)
  5. MPhil di bidang Politics (Comparative Government), dengan durasi studi 21 bulan (full time)
  6. MPhil di bidang Politics (European Politics and Society), dengan durasi studi 21 bulan (full time)
  7. MPhil di bidang Politics (Political Theory), dengan durasi studi 21 bulan (full time)
  8. MSc di bidang Politics Research, dengan durasi studi 1 tahun (full time)

Rekomendasi Bimbingan Lolos Universitas Dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Dunia

Ingin lolos masuk ke berbagai universitas dengan jurusan Hubungan Internasional terbaik di dunia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas dengan jurusan Hubungan Internasional terbaik di dunia? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester