fbpx

Cari Tahu Kampus Terbaik di Singapura

Artikel Pilihan, Kampus Luar Negeri

Scholarship Hunters, kalau kamu ingin kuliah di luar negeri tapi tidak mau di negara yang terlalu jauh, Singapura bisa jadi pilihan yang pas untuk destinasi studi kamu. Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, makanan dan iklim cuacanya pun mirip seperti di tanah air. Dijamin, tidak akan homesick! Selain itu, Singapura juga memiliki kampus-kampus dengan level pendidikan tinggi dan kualitas yang tak kalah saing dengan universita-universitas top dunia. Bahkan universitas di Singapura memiliki peringkat nomor 1 dan nomor 3 di Asia di tahun 2021 berdasarkan QS University Ranking. Cek informasi mengenai kampus-kampus terbaik di Singapura berikut ini.

1. National University of Singapore (NUS)

National University of Singapore (NUS) adalah kampus peringkat nomor 1 di Asia. Saat ini, NUS berada di peringkat 11 di QS World University Rankings 2021. Universitas ini menawarkan berbagai program studi mulai dari Sains hingga Musik di tingkat sarjana dan pascasarjana. NUS saat ini memiliki 17 fakultas yang tersebar di tiga kampus utama, yaitu Kent Ridge, Outram, dan Bukit Timah.

National University of Singapore terkenal dengan penelitiannya di bidang biomedis, teknik, ilmu sosial, dan ilmu alam. NUS memiliki 29  pusat dan merupakan rumah bagi tiga dari lima Research Centres of Excellence (RCE) Singapura, yang berspesialisasi dalam bidang Mekanobiologi, Teknologi Kuantum, penelitian Kanker, dan lainnya. NUS juga secara aktif terlibat dalam jaringan akademik dan penelitian internasional seperti Association of Pacific Rim Universities (APRU) dan International Alliance of Research Universities (IARU). Keren banget kan Hunters? Jadi ingin sekolah di sini.

2. Nanyang Technological University (NTU)

Didirikan pada tahun 1955, Nanyang Technological University (NTU) terletak di wilayah barat daya Singapura dan memiliki dua kampus. Kampus utama universitas  terletak di Yunnan Garden dengan area kampus yang luasnya lebih dari 200 hektar. Kampus lainnya terletak di Novena, daerah Singapura yang merupakan rumah bagi banyak peneliti dan laboratorium.

Nanyang Technological University mempunyai sekitar  15.000 mahasiswa lokal dan internasional dan menawarkan 2 jenis program, yaitu Coursework dan Research. Jurusan yang tersedi meliputi bidang Seni, Desain dan Media, Humaniora, Ilmu Sosial, Teknik Elektronik. Dan, bidang Penelitian meliputi Ilmu Fisika, Teknik Kimia dan Biomedis, dan Ilmu Biologi.

Baca juga: 10 Negara Terbaik untuk Kuliah di Luar Negeri

3. Singapore Management University (SMU)

Singapore Management University (SMU) adalah universitas swasta yang didirikan di tahun 2000. Universitas ini menawarkan program gelar sarjana, pascasarjana, dan profesional. Para mahasiswa SMU akan dibimbing oleh para ahli profesional sebagai dosen mereka. Lebih lanjut, universitas ini sering dikunjungi oleh tokoh berpengalaman untuk memberikan kuliah tentang kerja lapangan. Selain itu, mahasiswa dibawa untuk kunjungan industri dalam rangka memberikan pengetahuan praktis.

SMU sendiri terbagi ke 6 sekolah berikut ini:

  1. School of Accountancy
  2. Lee Kong Chian School of Business
  3. School of Economics
  4. School of Computing and Information Systems
  5. School of Law
  6. School of Social Sciences

Tahukah kamu bahwa universitas-universitas di atas menawarkan beasiswa untuk kuliah di Singapura? Cek kalender beasiswa Schoters atau mulai konsultasikan pilihan studimu di Singapura bersama ahlinya di sini.

Pin It on Pinterest

Share This