Kerja di Korea: Lowongan, Gaji, hingga Budaya Kerja

Sebagai salah satu negara maju yang sedang menjadi fokus dunia, Korea Selatan membuka banyak kesempatan bagi Hunters yang ingin bekerja. Bagi Hunters yang ingin mengembangkan kariernya di Korea Selatan, berikut panduan kerja di Korea Selatan dan konsultasi yang bisa Hunters dapatkan di akhir artikel!

Selayang pandang kerja di Korea

Kerja di Korea selalu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dikenal dengan negara yang sangat menjunjung tinggi etika kerja, ada banyak keuntungan jika Hunters bekerja di negara berjuluk Negeri Ginseng ini. Beberapa di antaranya, seperti gaji yang bagus, asuransi kesehatan, dana pensiun, dan pesangon yang baik. Selain itu, Hunters dapat mendapatkan pengalaman budaya, kuliner, dan perkembangan karier yang baik.

Namun, perlu dipertimbangakan juga di beberapa aspek, seperti biaya hidup, bahasa, dan budaya bisnisnya yang jauh berbeda dengan Indonesia. Lebih jelasnya, Hunters bisa lihat pada informasi di bawah ini. 

Cara mendapatkan kerja di Korea

Sebenarnya, ada banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan di Korea, bukan hanya sebagai pekerja migran Indonesia saja. Beberapa cara yang bisa Hunters gunakan antara lain:

1. Mencari lowongan pekerjaan di Korea

Di era globalisasi ini, Hunters sudah bisa mendapatkan informasi pekerjaan melalui website lowongan pekerjaan. Platform lowongan kerja yang bisa Hunters gunakan untuk mencari pekerjaan di Korea antara lain:

  1. Saramin;
  2. JobKorea;
  3. Incruit;
  4. CareerNet;
  5. LinkedIn;
  6. KOTRA.

 

2. Melalui Program magang kampus

Pada beberapa program pengembangan karier di kampus dan bagi Hunters yang sudah kuliah di Korea Selatan, Hunters bisa memanfaatkan program magang ini, ya. Program ini bisa memberikan pengalaman kerja dan memperluas jaringan profesional Hunters di luar negeri. 

3. Transfer internal dalam perusahaan

Bagi Hunters yang sedang bekerja di perusahaan multinasional yang memiliki cabang di Korea Selatan, Hunters bisa mengikuti program transfer internal dalam perusahaan. Cara seperti ini tentunya akan menjadi lebih aman dan terjamin untuk Hunters.

 

Lowongan kerja di Korea dan kisaran gaji 

Bagi warga negara asing, ada beberapa kesempatan yang bisa digunakan untuk mendapatkan kerja di Korea. Berikut beberapa kualifikasi dan kisaran gajinya.

1. Profesor

Sebagai salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia, Korea Selatan membuka peluang bagi para pendidikan dari seluruh dunia untuk mengajar di sana, terlebih jika Hunters ingin menjadi dosen bahasa Indonesia. 

Biasanya, untuk menjadi profesor di Korea Selatan, Hunters perlu memiliki gelar doktor (Ph.D.) dalam bidang yang relevan dengan posisi yang dilamar. Memiliki publikasi ilmiah yang terkait dengan bidang studi dan terlibat dalam penelitian yang diakui secara internasional juga akan meningkatkan kualifikasi Hunters sebagai profesor.

Perihal gaji, gaji profesor asing di Korea Selatan sangat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti universitas tempat mereka bekerja, gelar akademik, pengalaman, reputasi akademik, dan bidang studi. Secara umum, gaji profesor asing di Korea Selatan dapat berkisar antara 50 juta hingga 200 juta KRW atau lebih per tahun.

2. Pekerjaan di bidang teknik

Pada bidang ini, kualifikasi yang dibutuhkan biasanya adalah gelar sarjana atau magister di bidang terkait, pengalaman kerja yang relevan, kemampuan pemrograman, pemahaman tentang bahasa Korea (diutamakan). Gaji rata-rata untuk insinyur perangkat lunak di Korea Selatan berkisar antara 30 juta hingga 70 juta KRW per tahun, tergantung pada pengalaman dan kualifikasi.

3. Pekerjaan di bidang pemasaran

Pada bidang ini, kualifikasi yang dibutuhkan biasanya adalah gelar sarjana atau magister di bidang pemasaran, komunikasi, atau bidang terkait, pengalaman dalam perencanaan dan pelaksanaan strategi pemasaran, keterampilan komunikasi yang baik, pemahaman tentang budaya dan tren pemasaran di Korea Selatan, pemahaman tentang bahasa Korea (diutamakan).

Gaji rata-rata untuk manajer pemasaran di Korea Selatan berkisar antara 40 juta hingga 100 juta KRW per tahun, tergantung pada pengalaman dan kualifikasi.

 

Baca Juga: Simak Perbandingan Bekerja di Jepang dan di Korea!

 

Budaya kerja di Korea

Sekiranya, ada 3 budaya bekerja di Korea yang harus Hunters perhatikan sebelum memutuskan untuk melanjutkan karier di Korea. Berikut beberapa informasi yang bisa dipertimbangkan.

1. Hierarki yang kuat

Budaya kerja di Korea didasarkan pada struktur hierarki yang kuat. Penghargaan terhadap senioritas dan otoritas sangat penting. Keputusan dan instruksi umumnya datang dari atasan, dan bawahan diharapkan mengikuti perintah dengan setia.

2. Etiket dan etika bisnis

Etiket bisnis yang kuat menjadi bagian penting dari budaya kerja di Korea. Penghargaan terhadap sopan santun, salam sopan, dan penggunaan bahasa kehormatan dianggap penting dalam interaksi bisnis. Pertemuan awal seringkali melibatkan penukaran kartu nama (name card).

3. Kerja keras dan dedikasi

Para pekerja di Korea Selatan dikenal karena kerja keras dan dedikasi mereka terhadap pekerjaan. Jam kerja yang panjang dan tingkat komitmen yang tinggi sangat umum. Upaya ekstra dan pengabdian terhadap tugas dihargai dan diharapkan.

 

Kalau kamu masih bingung dengan persiapan kerja di Korea dan kesulitan untuk mendapatkan informasi yang valid tentang persiapan ke Korea, yuk gabung Kelas Work Abroad Academy by Schoters! Di program bimbingan Work Abroad Academy Schoters, Hunters bisa belajar bahasa dan skill kerja, persiapan keberangkatan, hingga tiba di negara tujuan.

 

Baca Juga: Ingin Kerja di Korea? Yuk Mulai Pelajari Bahasa Korea

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja di Korea

Ingin kerja di Korea? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat kerja di Korea? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

kerja di korea