Mau Kuliah di Taiwan? Cek Info Biaya, Jurusan, dan Beasiswa

Tertarik untuk melanjutkan kuliah di Taiwan? Hunters sudah menemukan artikel yang tepat untuk mendapatkan info terlengkap seputar kuliah di Taiwan. Taiwan menawarkan pengalaman belajar yang unik dan menarik. Terlebih lagi, negara ini adalah tujuan kuliah yang semakin diminati oleh para mahasiswa internasional. Kampus-kampus yang modern dan dukungan pemerintah yang tinggi menjadikan Taiwan sebagai tempat yang ideal untuk melanjutkan studi.

Tidak hanya itu, para mahasiswa internasional di Taiwan juga dapat belajar dalam lingkungan yang multibudaya. Hal ini dapat membantu mereka memperluas persepsi budaya dan merangkul keberagaman dalam kehidupan mereka.

Dalam kesimpulannya, kuliah di Taiwan menawarkan kombinasi yang ideal dari biaya terjangkau, kualitas pendidikan yang tinggi, pengalaman budaya yang beragam, serta lingkungan akademis yang multibudaya. Semua hal tersebut menjadikan Taiwan sebagai pilihan yang menarik bagi para mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi tingkat lanjut.

4 Alasan Mengapa Harus Melanjutkan Kuliah ke Taiwan

Taiwan semakin populer sebagai destinasi studi di Asia. Berikut adalah 4 alasan mengapa harus memilih Taiwan sebagai tujuan kuliah:

1. Kualitas pendidikan terbaik di Asia

Taiwan menempati peringkat ke-4 untuk sistem pendidikan terbaik di Asia. Universitas-universitas Taiwan menawarkan pendidikan berkualitas tinggi dengan fokus pada penelitian dan inovasi.

2. Biaya hidup yang terjangkau

Meskipun Taiwan adalah negara maju, biaya hidupnya relatif terjangkau. Beberapa universitas menawarkan beasiswa bagi mahasiswa internasional, dan biaya kuliah juga lebih murah dibandingkan dengan negara lain seperti Amerika Serikat dan Inggris.

3. Keanekaragaman budaya dan makanan

Taiwan memiliki keanekaragaman budaya yang kaya dan makanan yang lezat. Mahasiswa internasional dapat menikmati beragam pengalaman budaya dan memperluas jaringan internasional mereka.

4. Lokasi strategis di Asia

Taiwan terletak di tengah-tengah Asia dengan akses mudah ke negara-negara tetangga seperti Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok. Ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menjelajahi dan mempelajari berbagai budaya dan bahasa di Asia.

 

Baca Juga: Lihat 10 Universitas Terbaik di Taiwan yang Juga Top Global

Cara atau Langkah Kuliah ke Taiwan

1. Pilih program studi dan universitas yang diinginkan

Cari informasi universitas dan program studi yang sesuai dengan minat dan kriteria Anda. Lihat persyaratan, jadwal kuliah, dan fasilitas universitas.

2. Siapkan dokumen persyaratan

Dokumen persyaratan biasanya termasuk transkrip akademik, sertifikat bahasa, surat rekomendasi, dan essay motivasi. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dan tenggat waktu pengiriman dokumen.

3. Cari tahu tentang beasiswa

Pemerintah Taiwan menawarkan berbagai jenis beasiswa untuk mahasiswa internasional. Cari tahu tentang persyaratan, nilai, dan cara mengajukan beasiswa.

4. Ajukan visa pelajar

Setelah diterima di universitas, ajukan visa pelajar di Kedutaan Besar Taiwan. Pastikan untuk mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan dan tahu persyaratan visa pelajar di Taiwan.

5. Sediakan biaya hidup dan kuliah

Pastikan untuk menyediakan biaya hidup dan kuliah selama masa studi di Taiwan. Cari tahu tentang biaya hidup dan kuliah serta cara membayar biaya tersebut.

6. Tinggal dan beradaptasi di Taiwan

Temukan tempat tinggal dan bersosialisasi dengan mahasiswa Taiwan dan internasional lainnya. Pelajari bahasa Mandarin dan nikmati keanekaragaman budaya Taiwan.

Biaya Kuliah di Taiwan

1. Biaya kuliah bervariasi berdasarkan program studi

Biaya kuliah di Taiwan bervariasi tergantung pada program studi yang diambil.

2. Biaya kuliah rata-rata antara NT$100,000 hingga NT$200,000 per tahun

Biaya kuliah rata-rata di Taiwan berkisar antara NT$100,000 hingga NT$200,000 per tahun, tergantung pada program studi yang diambil.

3. Biaya akomodasi berkisar antara NT$5,000 hingga NT$15,000 per bulan

Harga akomodasi di Taiwan bervariasi tergantung lokasi dan jenis tempat tinggal, seperti asrama atau apartemen.

4. Biaya hidup selama kuliah berkisar antara NT$10,000 hingga NT$20,000 per bulan

Biaya hidup seperti transportasi, makanan, dan kebutuhan sehari-hari bervariasi tergantung lokasi dan gaya hidup.

5. Biaya visa mahasiswa internasional berkisar antara NT$1,600 hingga NT$3,000

Mahasiswa internasional diwajibkan memiliki visa untuk belajar di Taiwan, biaya visa tergantung dari negara asal mahasiswa.

6. Biaya perawatan kesehatan berkisar antara NT$500 hingga NT$1,000

Mahasiswa internasional diwajibkan memiliki asuransi kesehatan di Taiwan, biaya tergantung dari jenis asuransi yang diambil.

7. Ada beasiswa dan bantuan keuangan yang dapat membantu mengurangi biaya studi

Mahasiswa internasional di Taiwan dapat mencari beasiswa dan bantuan keuangan lainnya untuk membantu mengurangi biaya studi mereka di Taiwan.

 5 Universitas Terbaik di Taiwan

1. National Taiwan University (NTU)

NTU adalah universitas terbaik di Taiwan yang telah mendapatkan pengakuan internasional untuk akademik dan penelitian.

2. National Tsing Hua University (NTHU)

NTHU adalah institusi yang terkenal untuk penelitian dan teknologi di Taiwan.

3. National Cheng Kung University (NCKU)

NCKU adalah universitas di Taiwan yang menawarkan program-program studi terkemuka di bidang teknik dan ilmu alam.

4. Taipei Medical University (TMU)

TMU adalah universitas spesialis di bidang kedokteran dan ilmu kesehatan yang terkenal di Taiwan.

5. National Taiwan Normal University (NTNU)

NTNU adalah universitas di Taiwan yang terkemuka dalam pendidikan dan humaniora.

Setiap universitas di Taiwan menawarkan keunikan tersendiri. NTU dengan program akademik dan penelitian yang kuat, NTHU dengan fokus pada teknologi, NCKU dengan keunggulan di bidang teknik, TMU dengan pendidikan dan penelitian di bidang kesehatan, dan NTNU dengan keunggulan di bidang pendidikan dan humaniora.

Keberagaman ini menjadikan Taiwan sebagai tempat yang menarik untuk studi bagi mahasiswa internasional. Semua universitas di Taiwan menawarkan program-program studi dalam bahasa Inggris, sehingga memudahkan akses bagi mahasiswa internasional untuk mengenyam pendidikan di sana.

Baca Juga: Cek Informasi Lengkap MoE Taiwan Scholarship Disini Sekarang

3 Rekomendasi Beasiswa Kuliah di Taiwan

1. Taiwan Scholarship

Beasiswa ini disediakan oleh Kementerian Pendidikan Taiwan dan menawarkan dukungan biaya kuliah, tunjangan hidup, perjalanan, dan asuransi kesehatan. Beasiswa ini ditawarkan untuk program sarjana, magister, dan doktor di Taiwan.

2. Taiwan ICDF Scholarship

Beasiswa ini disediakan oleh Komite Kerja Sama Pembangunan Internasional Taiwan (ICDF) untuk pelajar dari negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, tunjangan hidup, perjalanan, dan asuransi kesehatan. Beasiswa ini ditawarkan untuk program sarjana, magister, dan doktor di Taiwan yang terkait dengan pembangunan.

3. TUSA (Taiwan United States Sister Relations Association) Scholarship

Beasiswa ini disediakan oleh TUSA untuk pelajar dari negara-negara sahabat, termasuk Indonesia. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah dan tunjangan hidup. Beasiswa ini ditawarkan untuk program sarjana dan magister di Taiwan.

 

Rekomendasi Lolos Beasiswa Kuliah di Taiwan

Ingin lolos beasiswa universitas di Taiwan ? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)