Kuliah Sastra Jepang: Prospek Karier, Universitas, dan Beasiswa

Kuliah di Luar Negeri, 20 Okt 2022

7 dari 10 orang tidak tahu keuntungan kuliah di Sastra Jepang. Apakah kamu salah satunya? Biar tidak ketinggalan, yuk baca 4 keunggulan belajar Sastra Jepang sekaligus informasi beasiswa Sastra Jepang terbaru di bawah ini!

Mengapa Sastra Jepang?

Bagi beberapa orang, bidang studi Sastra Jepang masih dianggap sulit. Terlebih untuk masa depan dan jenjang karier setelah kuliah. Namun dalam dunia kerja sendiri, ternyata Sastra Jepang memiliki prospek kerja yang luas. Di dunia yang sudah mulai berkembang ini, kemampuan dalam bahasa lain menjadi salah satu senjatamu untuk lebih menonjol dari orang lain.  

Prospek Karier Lulusan Sastra Jepang

Jika kamu lulus di Sastra Jepang, kamu akan banyak punya kesempatan untuk mengembangkan karier secara internasional. Beberapa prospek karier yang bisa kamu coba antara lain:

    1. Translator untuk perusahaan, konsulat atau kedutaan besar.
    2. Pengajar di Indonesia atau luar negeri.
    3. Bekerja di Kementerian Luar Negeri.
    4. Peneliti dan Sastrawan.
  • Tour Guide bagi wisata asing.
  1. Memulai karier di perusahaan di Jepang atau internasional.
  2. Dan lain sebagianya.

Tapi tentunya perlu kamu ingat jika bergelar ijazah saja tidak cukup, kamu tetap harus mengasah kemampuan soft skill dan jejaring profesionalmu. Untuk itu kamu bisa mengikuti program pertukaran pelajar yang biasanya tersedia untuk jurusan Sastra Jepang.

          Baca Juga: 6 Tips Belajar Bahasa Jepang untuk Persiapan Kuliah di Negeri Sakura

Mata Kuliah dan Universitas Terbaik di Sastra Jepang

Selama kamu melanjutkan studi di Sastra Jepang, kamu tidak hanya mempelajari bahasanya saja melainkan budaya, sejarah, hubungan luar negeri, masyarakat, ekonomi, linguistik, sastra dan segala hal yang berhubungan dengan Jepang.

Kamu akan diajak untuk memahami pola pikir dan perilaku melalui seni dan bagaimana mereka berkomunikasi. Jadi bagi kamu yang memang tertarik dengan budaya Jepang dan suka mengamati lingkungan sekitar, mata kuliah ini cocok untukmu.

Dan dalam mempelajari Sastra Jepang, pastinya tempat yang paling tepat adalah di negaranya sendiri. Beberapa universitas Jepang yang dikenal dengan kualitasnya dalam literatur antara lain;

  1. Kyushu University
  2. Kyoto University
  3. University of Tokyo
  4. Waseda University
  5. Yukoku University
  6. Taisho University
  7. Komazawa University
  8. Bukkyo University

Selian beberapa universitas di atas, kamu juga bisa belajar ke lembaga bahasa seperti Shinjuku Japanese Language Institute di Takadanobaba, Tokyo.

Beasiswa Khusus Studi Sastra Jepang

Khusus untuk kamu yang sedang belajar tentang Sastra Jepang di program Sarjana, pemerintah Jepang membuka program Japanese Studies ke Jepang. Program ini diberikan selama 1 tahun dan biasanya dimulai di bulan September dan Oktober. 

Beasiswa ini juga memungkinkanmu untuk belajar tanpa ikatan dinas dan diberikan tiket pulang pergi Jepang - Indonesia, bebas tanggungan biaya kuliah dan visa pelajar. Selain itu kamu akan diberikan bantuan sebesar ¥ 117.000 atau sekitar 13 juta setiap bulannya. Menarik bukan?

Jika informasi di atas dirasa masih belum cukup untuk menjadi alasanmu, kamu bisa banget untuk tanya lebih lanjut tentang studi Sastra Jepang ke Schoters melalui promo programnya di link di bawah ini!

          Baca Juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

kuliah sastra jepang