fbpx
Fakta Menarik
Kupas SAT dan ACT: Pengertian, Perbedaan, Hingga Persiapan

Kupas SAT dan ACT: Pengertian, Perbedaan, Hingga Persiapan

Apakah kamu tertarik untuk kuliah di Amerika Serikat? Untuk bisa mendaftar ke universitas-universitas di Negeri Paman Sam kamu perlu mengikuti tes SAT (Scholastic Assessment Test/Suite of Assessment Test) atau ACT (American College Test) terlebih dahulu, Hunters. Hampir semua universitas di Amerika Serikat mewajibkan calon mahasiswanya untuk melampirkan hasil dari salah satu tes tersebut ketika pendaftaran. Tidak ada ketentuan tes manakah yang lebih diprioritaskan oleh universitas. Keduanya memiliki peluang yang sama untuk diterima, hanya saja kamu perlu memilih tes mana yang sekiranya bisa kamu kerjakan dengan baik sehingga dapat memperoleh skor yang maksimal. Tapi apakah kamu sudah tahu bagaimana perbedaan SAT dan ACT? Jika belum, berikut informasi mengenai perbedaan SAT dan ACT dan cara persiapannya!

Materi Tes

Agar peluang kamu untuk diterima di kampus impian lebih tinggi, tentunya kamu perlu mengetahui garis besar materi yang diujikan pada tes SAT maupun ACT. Dengan demikian kamu bisa mempertimbangkan tes mana yang sekiranya dapat lebih kamu kuasai materinya.

Materi Tes

SAT

Critical Reading, Mathematics, Writing
Bagian mathematics mencakup analisis data, geometri, dan trigonometri.

ACT

English, Mathematics, Reading, Science Reasoning

Bagian mathematics mencakup geometri, trigonometri, probabilitas, dan statistik.

 

          Baca juga: Bingung Bagaimana Membuat Motivation Letter? Simak Tips-Tips Ini!

Durasi Ujian

Dalam mempersiapkan ujian, bukan hanya materi dan soal latihan yang perlu kamu pelajari. Namun juga strategi ketika mengerjakan. Apalagi dengan waktu yang terbatas, kamu harus pintar memilah  bagian-bagian yang sebaiknya menjadi prioritas. Berikut adalah ketentuan durasi pengerjaan tes SAT dan ACT.

Durasi Ujian

SAT

3 jam

ACT

2 jam 55 menit

 

Sistem Penilaian

Meski sama-sama bisa digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi di Amerika Serikat, namun rupanya SAT dan ACT memiliki sistem penilaian yang berbeda lho. Berikut perbandingannya:

Sistem Penilaian

SAT

Skala skor 400-1600

ACT

Skala skor 1-36

Catatan: Pada SAT maupun ACT, skor hanya diberikan pada jawaban benar. Sedangkan jawaban yang salah tidak akan dihitung.

Penggunaan Kalkulator

Matematika merupakan salah satu materi yang diujikan dalam SAT dan ACT. Namun untuk pengerjaan bagian matematika ini apakah peserta diperkenankan menggunakan alat bantu seperti kalkulator? Simak tabel di bawah ini.

Penggunaan Kalkulator

SAT

Terdapat sesi yang memperbolehkan penggunaan kalkulator

ACT

Kalkulator diperbolehkan di soal Matematika saja

 

          Baca juga: Yuk, Exchange ke Amerika Serikat Pakai Beasiswa Fulbright!

Masa Berlaku

Sama seperti sertifikat hasil tes pada umumnya, sertifikat hasil tes SAT dan ACT juga memiliki masa berlaku. Sebelum mendaftar, pastikan sertifikat SAT atau ACT kamu masih bisa dipakai ya. Nah, berikut masa berlaku untuk hasil masing-masing tes.

Masa Berlaku

SAT

5 tahun*

ACT

5 tahun

 

*Untuk skor SAT, masa berlaku selamanya, namun kebanyakan universitas tidak menerima nilai ujian yang usianya lebih dari 5 tahun sejak masa tes itu diambil.

Kursus Persiapan SAT dan ACT

Hunters, bisa dibilang SAT dan ACT ini hampir mirip seperti UTBK. Akan lebih baik jika kamu mengikuti kursus agar persiapan SAT dan ACT lebih matang.

Bimbingan terbaik untuk persiapan SAT dan ACT bisa kamu temukan di -> kursus persiapan SAT dan kursus persiapan ACT Schoters.

Bingung mencari tempat untuk mengambil tes SAT dan ACT yang terpercaya? -> Daftarkan saja dirimu di tes SAT dan ACT Schoters.

0
X
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]