Tips Menulis Essay Beasiswa Chevening, Dijamin Ampuh!

Tips & Trik, 06 Sep 2022

Kabar baik untuk Scholarship Hunters yang ingin melanjutkan studi S-2 di Inggris, beasiswa Chevening segera dibuka! Beasiswa dari pemerintah Inggris yang ditujukan untuk mendanai mahasiswa internasional ini akan dibuka pada tanggal 2 Agustus 2022 nanti. Jika ingin mendaftar, sebaiknya kamu mulai persiapkan dan lengkapi semua persyaratan dari sekarang. Nah, salah satu persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa Chevening adalah essay. Sebagai informasi, essay beasiswa Chevening mencakup 4 bagian utama, yaitu leadership and influencing, networking, study in UK, dan career plan. Namun, bagaimana ya cara membuat essay yang dapat meyakinkan penyelenggara beasiswa agar menerima Hunters? Simak tips menulis essay beasiswa Chevening berikut ini untuk tahu jawabannya!

Bagian Leadership and Influencing

Pada bagian leadership and influencing, jangan hanya menyebutkan pengalaman-pengalaman yang kamu punya, melainkan berikan contoh konkret dan jelaskan bagaimana proses yang dijalani sehingga dapat membentuk jiwa leadership dan influencing yang kuat pada diri kamu. Misalnya selama kamu memimpin sebuah tim, ceritakan pencapaian-pencapaian apa saja yang berhasil diraih beserta strategi yang diterapkan untuk mencapainya atau kendala-kendala yang dihadapi beserta cara kamu menyelesaikannya. Kamu juga bisa menyebutkan jumlah anggota dalam tim untuk menunjukkan jangkauan kepemimpinan kamu.

Jika tidak memiliki pengalaman menjadi leader, penyelenggara beasiswa Chevening juga akan mempertimbangkan seorang peserta dengan kemampuan influencing yang dimilikinya. Kemampuan ini dapat ditunjukkan melalui keaktifan, inovasi, dan kontribusi kamu di suatu kegiatan. Misalnya bagaimana cara kamu menyampaikan ide sehingga pemikiran tersebut dapat diterima dan menjadi keputusan akhir yang berdampak besar bagi tim.

Bagian Networking

Sama seperti bagian leadership and influencing, pada bagian networking kamu juga perlu menjabarkan proses dan contoh nyata. Ceritakan bagaimana proses kamu bisa memperoleh suatu relasi, misalnya melalui kegiatan organisasi, volunteer, dan lain-lain. Kemudian jabarkan hal-hal yang perlu dilakukan agar tetap bisa menjaga hubungan baik dengan relasi tersebut sekalipun kegiatan sudah berakhir. Dalam hal ini, penting untuk diingat bahwa yang perlu kamu jelaskan adalah langkah-langkahnya, bukan sekadar menyebutkan platform yang digunakan agar tetap terhubung, seperti sosial media. Selanjutnya jelaskan juga bagaimana dampak positif dari networking tadi terhadap target-target yang kamu miliki.

Selain memaparkan networking yang sudah ada sebelumnya, pihak penyeleksi juga ingin mengetahui pandangan kamu mengenai dampak networking yang akan kamu peroleh jika berhasil menjadi penerima beasiswa Chevening serta kontribusi yang akan kamu berikan kepada komunitas alumni Chevening nantinya.

 

tips essay beasiswa chevening

Bagian Study in UK      

Jelaskan alasan kamu mengambil program studi yang kamu pilih. Hubungkan alasan tersebut dengan pengalaman-pengalaman yang linier di bidang terkait dan rencana kamu di masa depan. Jelaskan pula mengapa kamu memilih Inggris atau universitas yang kamu tuju sebagai tempat melanjutkan studi. Alih-alih menuliskan keunggulan dari Inggris atau kampus tujuan secara umum, pada bagian ini perlu memaparkan motivasi-motivasi yang lebih spesifik. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu ya! Misalnya, mengenai kebijakan-kebijakan yang sudah dilakukan Pemerintah Inggris berkaitan dengan bidang yang kamu pilih atau menelusuri website resmi kampus untuk mendapatkan informasi tentang profesor, penelitian, mata kuliah, kurikulum, reputasi program studi atau hal-hal relevan lain yang membuat kamu tertarik memilih kampus tersebut.

Bagian Career Plan

Rencana karir ini terbagi menjadi tiga fase, yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Pastikan rencana pada tiga fase tersebut tetap saling berkesinambungan dan tentunya berkaitan dengan keilmuan program studi yang kamu daftar. Dalam artian rencana pada fase berikutnya merupakan target yang lebih besar dan pengembangan dari rencana di fase sebelumnya.  Akan menjadi nilai plus jika rencana kamu memiliki korelasi dengan Sustainable Development Goals dan program-program kerja sama pemerintah Inggris-Indonesia. Yang tak kalah penting, rencana yang kamu buat harus jelas, terukur, dan achievable. Pastikan rencana tersebut memungkinkan untuk direalisasikan dengan bekal pengalaman-pengalaman yang sudah kamu paparkan pada bagian esai sebelumnya.

Tata penulisan

Dari segi bahasa, pastikan grammar yang kamu gunakan sudah tepat dan EYD sudah sesuai dengan kaidah Bahasa Inggris. Pihak Chevening sendiri telah menekankan hal ini melalui laman resminya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah hindari pemakaian fitur bullet point dalam menulis essay. Ceritakan saja secara mengalir namun tetap dengan kalimat yang padat dan jelas. Tips lainnya, ketika menjelaskan pencapaian-pencapaian yang kamu miliki, alih-alih menyebutkan ‘we’ lebih baik gunakan sapaan ‘I’ agar lebih personal.

Tips Lolos Beasiswa Chevening

Hunters, itu dia tips ampuh menulis essay beasiswa chevening. Selain essay, tentunya masih banyak hal yang perlu dipersiapkan secara matang agar bisa lolos beasiswa Chevening. Butuh tips-tips persiapan lainnya? -> Ketahui langsung tips-tipsnya dari mentor expert Schoters

Cara praktis untuk melengkapi berkas persyaratan juga bisa kamu dapatkan di berbagai layanan Schoters

 

tips essay beasiswa chevening