Tips Menulis Esai Beasiswa Chevening, Dijamin Ampuh!

Salah satu persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar Beasiswa Chevening adalah esai. Sebagai informasi, esai Beasiswa Chevening mencakup empat bagian utama, yakni leadership and influencing, networking, study in UK, dan career plan.

Informasi di atas penting diketahui oleh kamu, Scholarship Hunters! Sebab, Beasiswa Chevening akan segera dibuka! Beasiswa dari pemerintah Inggris yang ditujukan untuk mendanai mahasiswa internasional ini akan dibuka pada tanggal 2 Agustus 2022 nanti. Jika ingin mendaftar, sebaiknya kamu mulai mempersiapkan dan melengkapi semua persyaratannya dari sekarang, terutama esai Beasiswa Chevening.

Namun, bagaimana, ya, cara membuat esai yang dapat meyakinkan penyelenggara beasiswa agar menerima Hunters? Untuk itu, simak tips menulis esai Beasiswa Chevening berikut ini!

Tips menulis esai Beasiswa Chevening

 

1. Tips menulis esai Beasiswa Chevening bagian Leadership dan Influencing

Pada bagian leadership and influencing, jangan hanya menyebutkan pengalaman-pengalaman yang Hunters punya. Kamu harus berikan contoh konkret dan jelaskan bagaimana proses yang dijalani sehingga dapat membentuk jiwa leadership dan influencing yang kuat pada diri kamu.

Misalnya, selama kamu memimpin sebuah tim, ceritakan pencapaian-pencapaian apa saja yang berhasil diraih beserta strategi yang diterapkan untuk mencapainya atau kendala-kendala yang dihadapi beserta cara kamu menyelesaikannya. Kamu juga bisa menyebutkan jumlah anggota dalam tim untuk menunjukkan jangkauan kepemimpinan kamu.

Jika tidak memiliki pengalaman menjadi leader, penyelenggara Beasiswa Chevening juga akan mempertimbangkan seorang peserta dengan kemampuan influencing yang dimilikinya. Kemampuan ini dapat ditunjukkan melalui keaktifan, inovasi, dan kontribusi kamu di suatu kegiatan.

Misalnya, bagaimana cara kamu menyampaikan ide sehingga pemikiran tersebut dapat diterima dan menjadi keputusan akhir yang berdampak besar bagi tim. Dengan begitu, esai Beasiswa Chevening yang Hunters buat bisa lebih meyakinkan penyelenggara! Selain itu, esai Beasiswa Chevening yang Hunters buat juga bisa terlihat lebih baik.

2. Tips menulis esai Beasiswa Chevening bagian Networking

Sama seperti bagian leadership and influencing, pada bagian networking, kamu juga perlu menjabarkan proses dan contoh nyata. Ceritakan bagaimana proses kamu bisa memperoleh suatu relasi, misalnya, melalui kegiatan organisasi, volunteer, dan lain-lain. Kemudian, jabarkan hal-hal yang perlu dilakukan agar tetap bisa menjaga hubungan baik dengan relasi tersebut sekalipun kegiatan sudah berakhir.

Dalam hal ini, penting untuk diingat bahwa yang perlu kamu jelaskan adalah langkah-langkahnya, bukan sekadar menyebutkan platform yang digunakan agar tetap terhubung, seperti sosial media. Selanjutnya, jelaskan juga bagaimana dampak positif dari networking tadi terhadap target-target yang kamu miliki.

Selain memaparkan networking yang sudah ada sebelumnya, pihak penyeleksi juga ingin mengetahui pandangan kamu mengenai dampak networking yang akan kamu peroleh jika berhasil menjadi penerima Beasiswa Chevening serta kontribusi yang akan kamu berikan kepada komunitas alumni Chevening nantinya.

Tertarik dengan Beasiswa Chevening dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

 

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

3. Tips menulis esai Beasiswa Chevening bagian Study in UK      

Jelaskan alasan kamu mengambil program studi yang kamu pilih. Hubungkan alasan tersebut dengan pengalaman-pengalaman yang linier di bidang terkait dan rencana kamu di masa depan. Jelaskan pula mengapa kamu memilih Inggris atau universitas yang kamu tuju sebagai tempat melanjutkan studi. Alih-alih menuliskan keunggulan dari Inggris atau kampus tujuan secara umum, pada bagian ini perlu memaparkan motivasi-motivasi yang lebih spesifik.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu, ya! Misalnya, mengenai kebijakan-kebijakan yang sudah dilakukan Pemerintah Inggris berkaitan dengan bidang yang kamu pilih atau menelusuri website resmi kampus untuk mendapatkan informasi tentang profesor, penelitian, mata kuliah, kurikulum, reputasi program studi atau hal-hal relevan lain yang membuat kamu tertarik memilih kampus tersebut.

 

Baca Juga: Ketahui Cara Sukses Menulis Esai Beasiswa

 

4. Tips menulis esai Beasiswa Chevening bagian Career Plan

Rencana karier ini terbagi menjadi tiga fase, yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Pastikan rencana pada tiga fase tersebut tetap saling berkesinambungan dan tentunya berkaitan dengan keilmuan program studi yang kamu daftar. Dalam artian, rencana pada fase berikutnya merupakan target yang lebih besar dan pengembangan dari rencana di fase sebelumnya.

Akan menjadi nilai plus jika rencana kamu memiliki korelasi dengan Sustainable Development Goals dan program-program kerja sama pemerintah Inggris-Indonesia. Yang tak kalah penting, rencana yang kamu buat harus jelas, terukur, dan achievable. Pastikan rencana tersebut memungkinkan untuk direalisasikan dengan bekal pengalaman-pengalaman yang sudah kamu paparkan pada bagian esai Beasiswa Chevening sebelumnya.

Tata penulisan esai Beasiswa Chevening

Dari segi bahasa, pastikan grammar yang kamu gunakan sudah tepat dan EYD sudah sesuai dengan kaidah Bahasa Inggris. Pihak Chevening sendiri telah menekankan hal ini melalui laman resminya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah hindari pemakaian fitur bullet point dalam menulis essay.

Ceritakan saja secara mengalir, tetapi tetap dengan kalimat yang padat dan jelas. Tips lainnya, ketika menjelaskan pencapaian-pencapaian yang kamu miliki, alih-alih menyebutkan ‘we’ lebih baik gunakan sapaan ‘I’ agar lebih personal.

Tips lolos Beasiswa Chevening

Hunters, itu dia tips ampuh menulis esai Beasiswa Bhevening. Selain esai, tentunya masih banyak hal yang perlu dipersiapkan secara matang agar bisa lolos Beasiswa Chevening. Butuh tips-tips persiapan lainnya? Ketahui langsung tips-tipsnya dari mentor expert Schoters

Cara praktis untuk melengkapi berkas persyaratan juga bisa kamu dapatkan di berbagai layanan Schoters

Esai Beasiswa Chevening