Peluang Menjadi Tour Guide Korea untuk Orang Indonesia

Kebudayaan Korea yang sarat akan makna menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang. Selain itu semakin meningkatnya minat masyarakat terutama indonesia terhadap budaya K-Pop dan drama Korea, semakin meningkat pula keinginan orang-orang untuk berkunjung ke Korea Selatan. 

Hal tersebut yang membuat banyak sekali orang Indonesia yang telah mahir berbahasa Korea memutuskan untuk menjadi tour guide Korea secara dadakan. Untuk itu, mari simak artikel berikut mengenai tour guide korea dan langkah-langkah serta tips suksesnya.

Peluang dan Prospek Karier Tour Guide Korea

Peluang karier menjadi tour guide Korea sangatlah menjanjikan. Sebab, Korea menjadi salah satu negara dengan destinasi wisata yang sangat terkenal dan menarik minat para wisatawan.

Bagi Hunters yang memiliki minat dan kemampuan dalam berbahasa Korea, peluang dan prospek kerja sebagai tour guide Korea sangatlah cocok. Selain itu, berikut beberapa alasan yang menjadikan prospek kerja sebagai tour guide Korea ini sangat menjanjikan.

1. Ketersediaan lowongan

Lowongan kerja sebagai tour guide Korea terbuka secara terus menerus. Bahkan, dalam beberapa perusahaan dan agensi wisata banyak membutuhkan pemandu wisata yang berkompeten dan berpengetahuan tinggi tak hanya tentang budaya di Korea, tetapi juga hal-hal lain yang ada di Korea.

2. Gaji yang tergolong tinggi di kelasnya

Dengan menjadi tour guide di Korea, Hunters bisa mendapatkan uang dengan jumlah yang cukup banyak dalam waktu sehari saja apabila banyak orang yang memakai jasamu sebagai tour guide Korea. 

Gaji untuk tour guide di Korea berkisar mulai dari Rp1.5 juta dengan catatan diluar tips tambahan dari wisatawan hingga seorang tour guide bisa mengantongi cuan hingga lebih dari Rp30 juta. Hal tersebut juga yang menyebabkan banyak orang Indonesia yang mahir berkomunikasi dalam bahasa Korea memutuskan untuk menjadi tour guide di Korea.

3. Tugas dan tanggung jawab tour guide Korea

Sebagai tour guide tentu tugas utamanya mengkoordinasi perjalanan wisata para wisatawan, memberikan rekomendasi tempat wisata, mengarahkan wisatawan ke tempat wisata yang memiliki kualitas baik dan terbaik, serta menjelaskan informasi mengenai apa saja sejarah, budaya, dan sosial lokasi wisata yang dikunjungi. 

Memang terkesan banyak dan sangat rumit. Namun, apabila telah menjalani pekerjaan sebagai tour guide Korea pastinya akan senang dan enjoy dengan pekerjaan tersebut. Selain bisa ikut menjelajah tempat wisata, kita juga bisa berinteraksi dengan para wisatawan dan saling belajar mengenai budaya-budaya yang ada.

4. Kemampuan bahasa

Kemampuan berbahasa Korea sangat diperlukan untuk kamu yang ingin menjadi tour guide Korea. Namun, memiliki kemampuan berbahasa lain seperti bahasa Inggris, Spanish, China dan lainnya akan sangat dihargai, terutama jika kamu ingin mencoba menjadi freelance tour guide.

5. Pendidikan dan pengalaman

Pendidikan dan pengalaman dalam bidang pariwisata, komunikasi, atau bahasa Korea dapat membantu meningkatkan kesempatan karier kamu sebagai tour guide Korea. Dengan demikian, menjadi tour guide di Korea dapat menjadi karier yang menarik dan menjanjikan, terutama bagi kamu yang memiliki minat dan kemampuan dalam berbagai bahasa dan juga paham mengenai budaya dan sejarah Korea. 

 

Baca Juga: Program G to G Korea

 

Tips Sukses Menjadi Tour Guide Korea

1. Banyak mencari tahu mengenai lokasi wisata yang dituju

Memiliki pengetahuan mengenai negara yang dituju menjadi salah satu persyaratan wajib bagi kamu yang akan menjadi tour guide Korea. Bagi seorang tour guide, kamu juga harus mengetahui lokasi-lokasi yang cocok dan sesuai bagi kebanyakan turis, mulai dari lokasi wisata, kemana saja turis ingin diajak pergi, tempat membeli buah tangan dengan harga yang murah termasuk juga restoran dan tempat makan yang cocok bagi dengan lidah turis Indonesia.

2. Pelajari bahasa di negara tersebut 

Jika kamu berminat menjadi tour guide Korea, maka kamu harus mempelajari bahasa yang digunakan di Korea, yakni bahasa Korea. Sama hal nya dengan kebanyakan tour guide yang mengambil kursus belajar bahasa Korea selama kurang lebih satu tahun baik di Universitas maupun di tempat kursus lain. 

Setelah mahir berbahasa Korea, akan lebih mudah untuk memandu wisatawan karena lebih mengerti tentang seluk beluk Korea Selatan termasuk juga cara mengendarai publik transportasi dan saat mencari makan terutama di restoran ataupun tempat makan lain.

3. Mencari tempat baru yang jarang dikunjungi turis

Salah satu karakteristik turis Indonesia yang berkunjung ke Korea yakni gemar mengunjungi lokasi wisata yang anti-mainstream. Hal tersebut yang kebanyakan ditanamkan dan diterapkan oleh para tour guide Korea dalam setiap perjalanan membawa rombongan wisatawan dalam jumlah banyak. 

Sebisa mungkin kamu sebagai tour guide menyisipkan lokasi-lokasi wisata baru yang belum terjamah oleh kebanyakan turis Indonesia agar perjalanannya lebih bermakna.

4. Sesuaikan perjalanan wisata berdasarkan musim

Sebagai tour guide harus bisa mengatur destinasi wisata berdasarkan musimnya. Dengan menyesuaikan destinasi wisata berdasarkan musim kamu bisa menciptakan perjalanan yang tidak biasa, terlebih lagi bisa memanfaatkan momen musim seperti musim semi dengan memilih destinasi wisata yang sedang bagus seperti melihat cherry blossom di Busan Gyeongju dan lainnya.

5. Selalu menjaga kepercayaan

Seorang tour guide, kepercayaan adalah hal yang sangat penting. Dalam menjalani bisnis ataupun pekerjaan tersebut sebisa mungkin jangan mengecewakan wisatawan dan selalu melakukan pekerjaan yang maksimal dalam melayani turis. 

Menjadi seorang tour guide memiliki pengaruh juga dari orang ke orang dari mulut ke mulut karena tak sedikit orang yang telah kita pandu perjalanannya akan merekomendasikan kepada orang lain juga. 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Korea

Ingin kerja di Korea? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di Korea semakin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.