Universitas Michigan-Ann Arbor: Jurusan, Persyaratan, hingga Beasiswa

Pernah mendengar nama Universitas Michigan-Ann Arbor?

Meskipun namanya barangkali tidak begitu familiar di telinga seperti Harvard University atau Stanford University, University of Michigan-Ann Arbor adalah salah satu universitas yang termasuk dalam deretan universitas terbaik di Amerika Serikat. Tidak tanggung-tanggung, universitas ini berhasil menduduki peringkat 25 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis oleh QS World University Rankings pada tahun 2023. 

Tertarik untuk tahu lebih banyak lagi? Simak informasi lengkap seputar Universitas Michigan-Ann Arbor di bawah ini.

 

Tentang Universitas Michigan-Ann Arbor

Seperti namanya, Universitas Michigan-Ann Arbor adalah salah satu universitas negeri berorientasi riset Amerika Serikat yang berlokasi di Ann Arbor, Michigan. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1817 dengan nama Catholespistemiad atau School of Universal Knowledge ini adalah universitas tertua yang berdiri di negara bagian Michigan. 

Sebagai universitas tertua di Michigan, tradisi pendidikan yang kuat di Universitas Michigan-Ann Arbor juga terlihat dari beberapa fasilitas pendidikan di bawah universitas ini termasuk di antaranya:

  1. Michigan Medicine (University of Michigan Health System), yang merupakan rumah sakit pendidikan tertua di Amerika Serikat, 
  2. University of Michigan Institute for Social Research (ISR), yang merupakan laboratorium penelitian tertua bidang sosial di Amerika Serikat, 
  3. Michigan Stadium, yang merupakan salah satu stadium olahraga terbesar di Amerika Serikat, serta 
  4. University of Michigan Library, yang merupakan salah satu perpustakaan akademik terbesar di Amerika Serikat. 

Tidak heran jika universitas ini terus melahirkan alumni-alumni yang menjadi tokoh besar di Amerika Serikat dan dunia, termasuk co-founder Google, Larry Page, aktor legendaris James Earl Jones, dan Presiden Amerika Serikat, Gerald Ford.    

Di luar fasilitas akademik, lokasi tempat kampus ini berada juga menjadi salah satu daya tarik utama universitas, khususnya mahasiswa yang melanjutkan studi di bidang seni, mengingat Ann Arbor adalah rumah dari berbagai komunitas seniman, galeri seni, museum dan berbagai teater musik yang secara berkala menampilkan pertunjukan dari seniman lokal maupun internasional.

 

Program Studi yang Ditawarkan Universitas Michigan-Ann Arbor

Saat ini, Universitas Michigan-Ann Arbor menawarkan berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan yang tersebar di 19 School dan Colleges di universitas ini. Beberapa program studi yang cukup populer di University of Michigan-Ann Arbor ini antara lain :

  1. Computer and Information Science
  2. Business Administration and Management
  3. Economics
  4. Behavioral Neurosicence
  5. Mechanical Engineering
  6. Experimental Psychology
  7. Communication and Media Studies
  8. Political Science and Government
  9. Biological Sciences
  10. Molecular Biology

 

Tertarik melanjutkan pendidikan di Universitas Michigan-Ann Arbor dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di Universitas Michigan-Ann Arbor, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Persyaratan Masuk Universitas Michigan-Ann Arbor

Untuk mendaftar masuk ke Universitas Michigan-Ann Arbor, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi sesuai dengan jenjang pendidikan yang dituju.

Persyaratan Masuk Jenjang Sarjana

Untuk jenjang sarjana, berikut adalah beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mendaftar di University of Michigan-Ann Arbor :

  1. Mendaftar melalui Common Application dengan membayar biaya pendaftaran sebesar $USD 75.
  2. Menyertakan hasil skor ACT, SAT atau PSAT
  3. Menyertakan nilai rapot sekolah. Pelajar dari Indonesia dapat menyertakan STK SMP atau STTB dari Sekolah Menengah Atas. Pelajar juga dapat mendaftar di tahun terakhir sekolah.
  4. Menyertakan 1 (satu) buah Teacher Evaluation, yang didapatkan dari guru atau pihak lain di luar keluarga yang bisa memberikan penilaian terhadap kemampuan dan potensi akademik calon mahasiswa
  5. Menyertakan 1 (satu) buah rekomendasi dari Konselor (opsional namun sangat disarankan)
  6. Menyertakan transkrip nilai Sekolah Menengah Atas yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris
  7. Menyertakan hasil skor tes Bahasa Inggris seperti TOEFL iBT dengan skor minimal 100, IELTS dengan skor minimal 7.0, PTE Academic dengan skor minimal 68 dan hasil tes lainnya yang setara
  8. Menyusun Personal Essay untuk University of Michigan dan Common Application.

 

Baca Juga: Ketahui Perbedaan SAT dan ACT Sebagai Salah Satu Syarat Masuk Universitas Luar Negeri

 

Persyaratan Masuk Jenjang Pascasarjana

Untuk mendaftar jenjang pasca sarjana, persyaratan yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung program studi yang dituju. Namun beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi antara lain :

  1. Sudah lulus dari jenjang Sarjana dari institusi perguruan tinggi yang diakui oleh universitas.
  2. Memiliki kemampuan bahasa Inggris baik yang dibuktikan dengan menunjukkan hasil tes bahasa Inggris seperti TOEFL iBT dengan skor minimal 84, IELTS dengan skor minimal 6.5 dan hasil tes lainnya yang setara. Beberapa program studi memiliki persyaratan bahasa Inggris yang lebih tinggi sehingga mahasiswa disarankan untuk melihat kembali persyaratan khusus di website program studi tujuan
  3. Secara umum, calon mahasiswa tidak membutuhkan nilai GRE untuk mendaftar di universitas ini. Meskipun demikian, beberapa program studi masih meminta calon mahasiswa untuk menyertakan hasil GRE.

 

Beasiswa untuk Kuliah di University of Michigan-Ann Arbor

Berikut adalah program beasiswa yang bisa kamu coba kalau kamu tertarik melanjutkan studi di Universitas Michigan-Ann Arbor.

Beasiswa LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah program beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Indonesia kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang pasca sarjana, baik Master maupun Doktoral, di berbagai universitas di luar negeri, termasuk University of Michigan-Ann Arbor.  

Beasiswa Fulbright

Beasiswa Fulbright adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Amerika Serikat kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang pasca sarjana di berbagai universitas yang tersebar di Amerika Serikat.

University of Michigan-Ann Arbor Scholarship

Program beasiswa ini ditawarkan langsung oleh University of Michigan-Ann Arbor kepada mahasiswa yang sudah diterima di salah satu program studi di universitas, baik di jenjang sarjana maupun pasca sarjana. Nilai beasiswa yang bisa diterima berbeda-beda dan penerima beasiswa ditentukan secara langsung oleh The Office of Financial Aid di universitas, tergantung dari kebutuhan finansial yang bisa dibuktikan mahasiswa serta prestasi akademik mahasiswa.

 

Baca Juga: Simak Kiat Sukses Membuat CV Beasiswa Luar Negeri dan Contohnya!

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Universitas Michigan-Ann Arbor

Ingin lolos masuk ke Universitas Michigan-Ann Arbor? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus Universitas Michigan-Ann Arbor? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester