Informasi Visa Pelajar Korea Selatan: Syarat, Cara Mendaftar, dan Biaya

Salah satu negara yang paling digemari pelajar internasional adalah Korea Selatan. Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya banyak datang ke sana, lho! Mulai dari tujuan wisata, pendidikan, hingga keperluan bisnis. Nah, oleh karena itu, kali ini, kita akan fokus membahas visa pelajar Korea Selatan, mulai dari syarat, pendaftaran hingga biaya yang dikeluarkan dalam proses pembuatannya.

Ini diperlukan agar jika Hunters melanjutkan studi ke Korea Selatan, Hunters sudah mengetahui bagaimana step by step membuat visa pelajar Korea Selatan yang baik dan benar. Untuk itu, yuk, mari simak pembahasan di bawah ini!

Syarat Pembuatan Visa Pelajar Korea Selatan

Membuat visa tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk itu, berikut syarat-syarat yang diperlukan untuk membuat visa pelajar Korea Selatan:

  1. Paspor asli atau fotokopi paspor yang berisi halaman identitas beserta visa/cap negara yang telah dikunjungi;
  2. Formulir aplikasi visa dengan satu lembar foto yang telah ditempel pada kolom foto;
  3. Certificate of Admission, surat keterangan telah diterima atau terdaftar di Universitas Korea yang dituju;
  4. Ijazah akhir;
  5. Bukti keuangan dengan surat referensi Bank terbaru atau atas nama pribadi atau orang tua dengan saldo minimum USD 20.000.

 

Jika Hunters melampirkan dokumen yang kurang lengkap, maka pihak Kedutaan Besar Korea berhak meminta dokumen tambahan. Selain itu, jika penerima beasiswa berasal dari Pemerintahan Korea, maka Perusahaan Korea dan Pemerintah Indonesia, dari segi biaya hidup serta biaya sekolah akan menanggungnya sehingga tidak perlu untuk melampirkan bukti keuangan.

Cara Mendaftar Visa Pelajar Korea Selatan

Nah, untuk Hunters yang ingin mendaftar visa pelajar Korea Selatan, perlu diperhatikan beberapa hal. Visa pelajar Korea Selatan memiliki lima jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. Visa D-Z-Z, diperuntukkan calon mahasiswa yang akan mengambil program S1 di Korea Selatan;
  2. Visa D-2-3, diperuntukkan calon mahasiswa yang akan mengambil program S2 di Korea Selatan;
  3. Visa D-2-4, diperuntukkan calon mahasiswa yang akan mengambil program S3 di Korea Selatan;
  4. Visa D-Z-6, diperuntukkan calon mahasiswa yang akan melakukan pertukaran pelajar di Korea Selatan;
  5. Visa D-4, diperuntukkan untuk peserta kelas bahasa yang memungkinkan kamu untuk tinggal selama 1 tahun di Korea Selatan.

 

Setelah Hunters menentukan visa pelajar yang dibutuhkan, maka tahap selanjutnya adalah cara mendaftar visa pelajar. Proses pembuatan visa pelajar minimal enam (6) hari kerja dihitung satu hari setelah hari penyerahan dokumen. Namun, proses ini bisa juga terjadi lebih dari enam hari, jika dokumen dianggap belum lengkap dan ada juga melakukan proses interview jika dibutuhkan.

Selama proses pembuatan visa, paspor yang kamu miliki tidak boleh dipinjam kepada siapapun. Saat ingin membuat visa, tidak disarankan mengajukan visa dengan waktu yang berdekatan dengan waktu keberangkatan. Sebisa mungkin, visa diajukan sebulan sebelum jadwal keberangkatan ke luar negeri.

Biaya yang Diperlukan untuk Membuat Visa Pelajar Korea Selatan

Biaya pembuatan visa pelajar Korea Selatan adalah sebagai berikut:

  1. Visa kunjungan dibawah 90 hari (Single Visa): Rp. 544.000,00;
  2. Visa di atas kunjungan 90 hari (Single Visa): Rp. 816.000,00.

 

Apabila proses pengajuannya atau visa ditolak oleh Kedutaan Besar Korea Selatan, maka biaya visa tidak dapat dikembalikan.

Baca Juga: Tips Dapat Visa Pelajar Negara Impian

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kuliah di Luar Negeri

Butuh persiapan dokumen untuk berkuliah di Korea Selatan? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan study abroad-mu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kuliah di Korea Selatan? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Visa Pelajar Korea Selatan