Yale University: Fasilitas, Pendaftaran, dan Beasiswa

Yale University telah dikenal sebagai salah satu kampus Ivy League di Amerika Serikat yang fasilitas, kualitas, dan jejaringnya yang kuat. Berdiri sejak 1701, Yale University sudah membuka pintunya bagi mahasiswa internasional dari 115 negara di dunia. 

Bagi kamu yang ingin melanjutkan mimpi dan menjadi bagian dari tradisi dan sejarah dari kampus ini, yuk kenali lebih lanjut profilnya dengan Schoters bedah kampus edisi Yale University!

 

Lokasi, ranking, dan fakultas terbaik Yale University

Yale University terletak di kota New Heaven, Connecticut, Amerika Serikat. New Heaven sendiri merupakan kota ketiga terbesar di Connecticut. Yale University berada di peringkat ke-11 sebagai universita terbaik di dunia dengan 124 pilihan studi Pascasarjana dan 2.797 mahasiswa internasional.

Fakultas terbaik dari Yale University antara lain ekonomi, sejarah, ilmu politik, molekul dan perkembangan biologi, ilmu komputer, psikologi, hubungan internasional, bahasa Inggris, statistik dan data science, dan jurusan teknik. 

 

Alumni dunia dari Yale University

Sama seperti reputasinya yang gemilang, Yale University sudah mencetak beberapa individu berpengaruh dan mengembangkan jejaring alumni yang kuat. Beberapa tokoh yang populer antara lain Hillary Clinton, Lupita Nyong’o, George Walker Bush, dan Brian tyree Henry. 

Sebagai alumni dari Yale University, kamu juga akan berhak mengikuti beberapa kegiatan dan jaringan resmi mereka yang bisa kamu akses di website kampus ya. 

 

Tradisi dan lingkungan di Yale University

Telah berkembang hingga hampir 300 tahun, Yale University juga mempunyai beberapa tradisi yang tidak bisa kamu temukan di kampus lain. Seperti upacara Commencement, maskot kesayangan kampus Handsome Dane (yang seorang anjing di tahun 1889), Class Day, upacara White Coat di fakultas kesehatan, dan lain sebagainya. 

 

Beasiswa untuk pelajar Indonesia di Yale University

Yale University sendiri sebenarnya telah membuka beberapa program untuk mahasiswa internasional, salah satunya Indonesia, untuk bisa belajar di Yale University secara gratis. Beberapa program dan beasiswa yang bisa kamu ambil antara lain:

1. Yale Young Global Scholars

YYGS merupakan program yang bertujuan untuk mempertemukan mahasiswa berprestasi dari seluruh dunia dan berdiskusi tentang masalah global. Program ini juga selalu diadakan pada musim panas. Sedangkan bagi kamu yang memiliki keterbatasan secara ekonomi, Yale University siap membantumu dengan pembebasan biaya pendaftaran seluruh program sebesar $3.500 atau sekitar Rp 50 juta. 

2. Beasiswa Yale

Beasiswa Yale difokuskan kepada para mahasiswa di tingkat Sarjana untuk memberikan mahasiswa dukungan keuangan. Beasiswa ini dapat mengakomodasi kebutuhan belajar dengan nominal hingga $50.000 per tahunnya. Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa cek informasi terbarunya lewat website resminya ya. 

Selain dua beasiswa di atas, kamu bisa mencari beasiswa yang tersedia di fakultas masing-masing atau mengikuti beasiswa yang lebih umum seperti LPDP, Fulbright Scholarship, atau pun Global UGRAD.

 

Baca juga: Cek Cara Mengikuti Beasiswa Pertukaran Pelajar Di Amerika Gratis !

 

Cara mendaftar di Yale University

Tata cara pendaftaran di Yale University sebenarnya tidak susah dan akan berbeda untuk setiap jenjang dan fakultas yang diambil. Bagi kamu yang ingin memulai studi Sarjana di Yale University kamu harus menyiapkan form aplikasi ke Yale University, dua surat rekomendasi, transkrip nilai, hasil test SAT, dan rapor pertengahan tahun.

Sedangkan bagi calon mahasiswa Pascasarjana, kamu bisa langsung mendaftar secara online di website bidang studi tujuan masing-masing. 

 

Jurusan unggulan di Yale University

Beberapa contoh program studi unggulan yang menjadi minat ribuan calon mahasiswa untuk kuliah di Yale University adalah:

  1. Social Sciences
  2. Biological and Biomedical Sciences
  3. Mathematics and Statistics
  4. Multi/Interdisciplinary Studies
  5. Computer and Information Sciences and Support Services
  6. History
  7. Engineering
  8. Area, Ethnic, Cultural, Gender, and Group Studies
  9. Psychology
  10. Visual and Performing Arts

Biaya kuliah di Yale University

Jika kalian ingin kuliah di Yale University tanpa beasiswa, terdapat beberapa komponen biaya yang harus kalian penuhi. Namun komponen ini besarannya berbeda-beda dan dapat dikalkulasikan tergantung pada profil kalian. Beberapa hal yang menentukan besaran biaya kuliah di Yale University adalah:

  1. Kewarganegaraan
  2. Kondisi keluarga; apakah orang tua tinggal satu rumah dengan calon siswa
  3. Berapa jumlah anak/tanggungan yang dimiliki
  4. Pemasukan masing-masing orang tua di luar pajak
  5. Pemasukan masing-masing orang tua dari pemasukan jenis lain seperti investasi, usaha, dan lainnya
  6. Aset keluarga
  7. Laporan pajak

Semua hal tersebut dapat dikalkulasikan menggunakan Net Price Calculator yang dapat memperkirakan besaran biaya yang harus kalian bayarkan per tahunnya berdasarkan data yang kalian masukkan tadi. 

Namun, secara garis besar, biaya yang harus kalian keluarkan dapat dibedakan berdasar penghasilan tahunan orang tua atau wali yang akan membiayai kuliah kalian sebagai berikut:

  1. Kurang dari USD 65.000= USD 2850 per tahun
  2. USD 65.000-USD 100.000= USD 5.701 per tahun
  3. USD 100.000-USD 150.000= USD 15.528 per tahun
  4. USD 150.000-USD 200.000= USD 29.721 per tahun
  5. USD 200.000-USD 250.000= USD 42.964 per tahun
  6. Lebih dari USD 250.000= USD 43.704 per tahun

Baca juga: Intip Beasiswa Fullbright: Studi Jenjang S2 dan S3 Di Amerika Serikat

 

Persyaratan dokumen

  1. Bukti pembayaran biaya pendaftaran sebesar USD 80 atau kalian dapat dibebaskan dari biaya ini jika kalian meminta keringanan pembiayaan dan berasal dari keluarga dengan pendapatan kurang dari USD 85.000 per tahun dengan jumlah tanggungan anak sebanyak 6 orang atau kurang
  2. 2 surat rekomendasi dari guru dan seorang konselor
  3. Transkrip akademik atau rapor
  4. Hasil tes ACT atau SAT
  5. Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris
    a. TOEFL 100
    b. IELTS 7
    c. Cambridge English Qualification 185
    d. Duolingo English Test 120

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos Yale University

Ingin lolos universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

yale university