Belajar Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris Dengan Tuntas!

Arah mata angin dalam bahasa Inggris adalah cardinal directions atau cardinal points. Secara umum, terdapat 4 arah mata angin, namun secara spesifik terdapat 16 arah mata angin yang dapat kita pelajari. Penentuan arah ini dilakukan dengan kompas atau jika tidak ada kompas dapat menggunakan arah pergerakan matahari. 

Mempelajari keenambelas cardinal directions atau cardinal points sangat penting karena kita membutuhkannya untuk navigasi dan mencari jalan. Konsep arah mata angin – Utara, Timur, Selatan, dan Barat – telah menjadi bagian penting dalam navigasi manusia selama ribuan tahun. Penamaan asli arah mata angin terkait erat dengan fenomena alam. Misalnya, kata “Timur” dalam banyak bahasa berkaitan dengan matahari terbit, sedangkan “Barat” seringkali terkait dengan matahari terbenam.

Penunjuk arah kuno biasanya memanfaatkan benda-benda alami seperti matahari, bintang, dan fitur geografis untuk menentukan arah. Misalnya, bangsa Mesir Kuno menggunakan bintang Utara untuk menentukan arah Utara. Dalam perkembangannya, manusia menciptakan alat seperti kompas yang memanfaatkan medan magnet bumi untuk menunjukkan arah Utara.

 

Pentingnya Mempelajari Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris

Mempelajari arah mata angin dalam bahasa Inggris bagi pemelajar bahasa Inggris menjadi penting jika kalian berada dalam beberapa konteks, di antaranya:

1. Navigasi dan Peta

Pengetahuan tentang arah mata angin sangat penting dalam membaca peta dan menavigasi. Baik itu dalam perjalanan, mendaki gunung, atau berlayar. Memahami arah mata angin bisa membantu seseorang menentukan posisi dan tujuannya. Untuk itu, memahami kosakata arah mata angin dalam bahasa Inggris dapat membantu kalian dalam menentukan posisi dan tujuan dengan lebih baik dan lebih banyak orang.

2. Studi Geografi dan Ilmu Alam

Dalam studi geografi, ilmu alam, dan meteorologi, arah mata angin digunakan untuk mendeskripsikan fenomena seperti arah angin, arus laut, dan migrasi hewan. Untuk itu, bagi kalian yang mempelajari ilmu geografi, wajib hukumnya untuk menguasai kosakata arah mata angin dalam bahasa Inggris ini.

3. Keselamatan dan Penyelamatan

Dalam situasi darurat atau operasi penyelamatan, pengetahuan tentang arah mata angin bisa menjadi kunci untuk menentukan lokasi dan merencanakan evakuasi. Jika kalian ingin menjadi petugas penyelamat atau petugas penilai keselamatan, wajib hukumnya untuk menguasai keenambelas kosakata arah mata angin dalam bahasa Inggris yang sangat berguna saat situasi darurat.

4. Penerbangan dan Pelayaran

Dalam konteks penerbangan dan pelayaran, memahami arah mata angin sangat penting untuk menavigasi dan merencanakan rute. Untuk kalian yang ingin berprofesi sebagai pilot atau pelaut, kalian harus mampu menunjukkan keterampilan menentukan posisi dan tujuan, serta menjelaskannya dalam bahasa Inggris.

 

Baca Juga: Inilah Channel Youtube Untuk Kamu Belajar Bahasa Inggris

 

16 Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah 16 arah mata angin dalam bahasa Inggris, singkatannya, dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Urutannya ditulis secara berurutan dari arah utara yang secara visual menunjukkan arah ke atas dan berputar sebesar 22.5 derajat searah jarum jam.

1. North (N) – Utara

2. North-Northeast (NNE) – Utara-Timur Laut

3. Northeast (NE) – Timur Laut

4. East-Northeast (ENE) – Timur-Timur Laut

5. East (E) – Timur

6. East-Southeast (ESE) – Timur-Tenggara

7. Southeast (SE) – Tenggara

8. South-Southeast (SSE) – Selatan-Tenggara

9. South (S) – Selatan

10. South-Southwest (SSW) – Selatan-Barat Daya

11. Southwest (SW) – Barat Daya

12. West-Southwest (WSW) – Barat-Barat Daya

13. West (W) – Barat

14. West-Northwest (WNW) – Barat-Barat Laut

15. Northwest (NW) – Barat Laut

16. North-Northwest (NNW) – Utara-Barat Laut

 

Contoh Kalimat yang Menggunakan Arah Mata Angin dalam Bahasa Inggris

Sekarang perhatikan contoh-contoh kalimat yang menggunakan kosakata keenambelas arah mata angin dalam bahasa Inggris. Contoh-contoh dibawah ini dibedakan dalam 4 kategori kalimat yakni simple, compound, complex, dan compound-complex. Setelah kalian membaca contoh di bawah ini, coba latihan menulis keenambelas kosakata arah mata angin dalam bahasa Inggris dengan ide kalian sendiri!

Berikut adalah contoh kalimat yang menggunakan arah mata angin dalam bahasa Inggris dan artinya dalam Bahasa Indonesia. Saya akan memberikan contoh untuk kalimat simple, compound, complex, dan compound-complex.

a. Kalimat Simple

1. The wind is blowing from the East. (Angin bertiup dari Timur.)

2. We will head North tomorrow. (Kita akan menuju Utara besok.)

b. Kalimat Compound

1. The sun rises in the East, and it sets in the West. (Matahari terbit di Timur, dan terbenam di Barat.)

2. The hurricane is moving North, but we are heading South. (Badai bergerak ke Utara, tapi kita menuju ke Selatan.)

c. Kalimat Complex

1. Although we started heading East, we had to turn North because of the storm. (Meskipun kita mulai menuju ke Timur, kita harus belok ke Utara karena badai.)

2. After the wind shifted to the South, the weather became warmer. (Setelah angin beralih ke Selatan, cuaca menjadi lebih hangat.)

d. Kalimat Compound-Complex

1. The captain said that we were sailing East, but when the wind shifted, we had to change direction to the North. (Kapten mengatakan bahwa kita sedang berlayar ke Timur, tetapi ketika angin berubah, kita harus mengubah arah ke Utara.)

2. We planned to travel West, but the road was blocked, so we took a detour to the South. (Kami berencana untuk bepergian ke Barat, tetapi jalan tersebut diblokir, jadi kami mengambil jalan memutar ke Selatan.)

 

Baca Juga: Yuk Cek Nama Hari dalam Bahasa Inggris Disini

 

Rekomendasi Bimbingan Bahasa Inggris Schoters

Ingin lolos beasiswa luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh bimbingan bahasa Inggris terpercaya? Join Kelas Bahasa Inggris by Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

arah mata angin dalam bahasa inggris