Membedah Berbagai Informasi Penting tentang Ankara University

, 12 Des 2022

Selain menjadi salah satu negara destinasi wisata internasional, Turki juga menjadi salah satu negara impian banyak pelajar internasional dari berbagai penjuru dunia. Perguruan tinggi dan program studi yang beragam, kualitas pendidikan yang tinggi, masyarakat yang multikultural dan ramah pelajar, merupakan alasan utama mengapa banyak pelajar memilih Turki sebagai negara tujuan studi.  

Salah satu perguruan tinggi di Turki yang dapat menjadi salah satu pilihan tempat belajar adalah Ankara University, perguruan tinggi pertama yang berdiri di Turki. Berikut adalah beberapa informasi yang perlu diketahui tentang Ankara University, mulai dari informasi umum, jurusan di Ankara University sampai biaya kuliah di Ankara University. 

          Baca juga: Ingin Kuliah ke Turki Tapi Belum Menguasai Bahasanya? Yuk Simak Tips and Triknya Berikut ini

Sekilas Tentang Ankara University

Ankara University berlokasi di Ankara, ibukota negara Turki, yang terkenal dengan berbagai peninggalan sejarah zaman Romawi yang masih dapat dilihat di seluruh penjuru kota – termasuk kastil Ankara yang sudah berusia lebih dari 3000 tahun. Saat ini, Ankara University menduduki peringkat ke-9 dalam daftar universitas terbaik di Turki dan peringkat 1001-1200 untuk dunia dalam daftar QS World University Ranking 2023. 

Saat ini, jumlah pelajar yang tergabung di Ankara University cukup banyak hingga mencapai lebih dari 70.000 pelajar yang tersebar di 19 fakultas, dengan beragam program studi untuk jenjang sarjana maupun pasca sarjana. Untuk melengkapi pengalaman mahasiswa selama menempuh pendidikan di universitas, Ankara University juga menyediakan fasilitas akomodasi untuk mahasiswa, ratusan klub mahasiswa seperti Mathematical Research Society, Theatre Society, Radio Society dan masih banyak lagi. Selain itu, Ankara University juga menyediakan fasilitas olahraga yang beraneka ragam. 

Jurusan di Ankara University

Ankara University membuka berbagai program studi untuk jenjang sarjana dan pascasarjana di banyak bidang studi termasuk di antaranya languages and history-geography, dentistry, educational sciences, science, fine arts, nursing, law, divinity, communication, engineering, health sciences, political sciences, sports sciences, medicine, applied sciences, veterinary medicine dan agriculture.

Selain program studi yang menggunakan bahasa Turki sebagai bahasa pengantar utama, Ankara University juga membuka 21 (dua puluh satu) program studi di jenjang Sarjana, 20 (dua puluh) program studi di jenjang Master dan 3 (tiga) program studi di jenjang Doktoral yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Selain itu, Ankara University juga menyediakan kelas persiapan bahasa dan program orientasi untuk membantu pelajar internasional beradaptasi dengan lingkungan belajar.  

Dokumen dan Prosedur Pendaftaran di Ankara University

Pendaftaran untuk jenjang sarjana dan pascasarjana di Ankara University memiliki persyaratan, dokumen serta prosedur yang berbeda-beda.

Dokumen dan Prosedur Pendaftaran Jenjang Sarjana di Ankara University

Untuk jenjang sarjana, persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki hasil tes terstandarisasi seperti SAT dengan skor minimal 1100, ACT dengan skor minimal 24, GCE A-Level and ASL dengan skor minimal 320, IB dengan skor minimal 30 dan kualifikasi lainnya sesuai ketentuan

  2. Selain kualifikasi di atas, calon mahasiswa juga bisa mengikuti Ankarara University Examination for Foreign Students dan mendapatkan skor minimal 50

Beberapa dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran jenjang sarjana di Ankara University antara lain :

  1. Kopi ijazah sekolah yang sudah dilegalisir dan diterjemahkan ke dalam bahasa Turki atau Inggris oleh penerjemah tersumpah

  2. Kopi transkrip nilai yang sudah dilegalisir dan diterjemahkan ke dalam bahasa Turki atau Inggris oleh penerjemah tersumpah

  3. Hasil tes terstandarisasi sesuai ketentuan

  4. Paspor

Seluruh dokumen kemudian diunggah ke dalam portal pendaftaran online melalui tautan https://ugadmissions.ankara.edu.tr. Tidak ada batasan umur atau biaya yang diperlukan untuk pendaftaran jenjang S1 di Ankara University

Pendaftaran untuk jenjang sarjana di universitas ini biasanya dibuka pada bulan Juni setiap tahunnya.

Dokumen dan Prosedur Pendaftaran Jenjang Pascasarjana di Ankara University

Untuk jenjang pasca sarjana, persyaratan dan prosedur pendaftaran yang harus dipenuhi dapat berbeda-beda tergantung program studi yang dituju. Meskipun demikian, beberapa dokumen umum yang diperlukan untuk pendaftaran antara lain :

  1. Ijazah dan transkrip jenjang pendidikan sebelumnya

  2. Sertifikat bukti kemampuan bahasa Turki atau Inggris

Pendaftaran untuk jenjang pasca sarjana di Ankara University biasanya dibuka pada bulan Desember – Januari untuk spring intake dan May – June untuk fall intake.

Biaya Kuliah di Ankara University

Biaya kuliah yang dibutuhkan untuk belajar di universitas di Turki berbeda-beda tergantung kategori perguruan tinggi, program studi, jenjang pendidikan serta bahasa yang digunakan. Untuk jenjang sarjana dan jenjang pascasarjana di Ankara University, biaya kuliah berkisar antara 15.000 – 120.000 TL untuk satu tahun akademik. 

Untuk biaya hidup, pelajar internasional membutuhkan kurang lebih 5.000 – 10.800 TL per bulan yang dibagi untuk berbagai keperluan, termasuk akomodasi, makanan, transportasi, komunikasi, pakaian dan kegiatan hiburan/olahraga. Tentu saja, biaya hidup yang harus dikeluarkan juga dipengaruhi banyak faktor termasuk gaya hidup. 

Untuk membantu pelajar internasional dari segi pembiayaan, terdapat juga beberapa pilihan program beasiswa yang dicoba untuk melanjutkan studi di Ankara University termasuk program beasiswa Turkiye Burslari Scholarship dari Pemerintah Turki yang dibuka untuk seluruh jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pascasarjana. 

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut : 

  1. Biaya kuliah 

  2. Uang saku bulanan sebesar 1000 TL untuk jenjang S1, 1400 TL untuk jenjang S2 dan 1800 TL untuk jenjang S3

  3. Biaya akomodasi 

  4. Biaya penerbangan 

  5. Biaya asuransi kesehatan

Program beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan Januari – Februari setiap tahunnya. 

Selamat mencoba!



Artikel Lainnya