Bedah Kampus Aston University: Ranking, Jurusan & Beasiswa

Sebagai negara maju, Inggris menjadi destinasi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Dari banyaknya perguruan tinggi terbaik di Inggris, salah satunya berada di Kota Birmingham yaitu Aston University. Dalam artikel ini, Schoters akan membedah kampus Aston University secara lengkap, mulai dari profil universitas, ranking, lokasi dan jenjang pendidikan yang ditawarkan, jurusan, persyaratan, hingga beasiswa yang tersedia untuk bisa kuliah disana.

 

Tentang Aston University

Aston University adalah kampus yang menduduki peringkat 25 dalam Guardian University Guide berdasarkan ukuran-ukuran termasuk standar masuk, kepuasan mahasiswa, kualitas penelitian, dan prospek lulusan. Didirikan tahun 1895 dan menjadi universitas sejak tahun 1966, Universitas ini memiliki lebih dari 250 hubungan kerja sama dengan kampus-kampus ternama di seluruh dunia yang memungkinkannya untuk memberikan kesempatan belajar dan berkolaborasi bagi para mahasiswanya.

 

Ranking Aston University

Berdasarkan QS World University Rankings 2024, Aston University berhasil menempatkan diri di jajaran universitas terbaik dunia. Dimana berdasarkan QS World University Rankings, Aston University menempati posisi 446 universitas terbaik di dunia.

 

Lokasi dan jenjang pendidikan

Aston University terletak di pusat kota Birmingham, kota terbesar kedua di Inggris dan dijuluki sebagai salah satu kampus terhijau di Inggris. Birmingham dikenal sebagai pusat rekreasi, hiburan, belanja dan olahraga, serta pusat bisnis, perdagangan, dan industri internasional. Universitas Aston menawarkan jenjang pendidikan mulai dari program sarjana dan pascasarjana.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

aston university

 

Jurusan di Aston University

Berikut merupakan fakultas yang tersedia di Aston University:

  1. Fakultas Seni dan Humaniora
  2. Fakultas Bisnis dan Manajemen
  3. Fakultas Teknik dan Teknologi
  4. Fakultas Ilmu Hayati dan Kedokteran
  5. Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam

Beberapa jurusan yang tersebar di setiap fakultas, di antaranya:

  1. Akuntansi dan Keuangan
  2. Analisis Bisnis
  3. Komputasi Bisnis dan IT BSc
  4. Teknik Biomedis
  5. Teknik Kimia
  6. Biokimia
  7. Ilmu Biologi
  8. Ilmu Kesehatan
  9. Kimia Terapan
  10. Kimia
  11. Matematika
  12. Ekonomi
  13. Ekonomi dan Manajemen
  14. Sumber Daya Manusia dan Manajemen Bisnis
  15. dan masih banyak lagi

 

Persyaratan pendaftaran

  1. Skor IELTS minimal 6,0 – 7,0
  2. Skor STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) SMA minimal 8 (jika mendaftar program sarjana)
  3. Memiliki IPK minimal 3 (jika mendaftar program pascasarjana)
  4. Surat rekomendasi (program postgraduate)
  5. Menulis personal statement (program postgraduate)

 

Beasiswa yang dapat dicoba

1. Chevening Scholarship: Program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Inggris yang dikhususkan pada program pendidikan magister selama satu tahun di seluruh kampus UK pilihan pelamar. 

2. NCUK Partnerships Scholarships: Beasiswa eksklusif mulai dari £3,000 satu tahun hingga £5,000 untuk siswa yang melanjutkan studi ke Universitas Aston.

3. Women in Engineering Scholarship: Beasiswa sebesar £6,000 untuk wanita berbakat untuk jurusan Teknik & Sains Terapan.

 

Baca Juga: Jelajahi Kampus Edith Cowan University

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk Aston University

Ingin lolos ke Universitas Aston? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

aston university

Sumber:

QS World University Rankings 2024: Top global universities. https://www.topuniversities.com/world-university-rankings?countries=my