Serba-Serbi Beasiswa Chevening yang Penting Kamu Ketahui

Info Beasiswa, 22 Sep 2022

Kalau Hunter pernah memiliki rencana untuk kuliah ke UK, nama Chevening Scholarship tentu sudah tidak asing lagi. Beasiswa satu ini merupakan program yang dibuat secara langsung oleh pemerintah Inggris dengan dana dari Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan beberapa organisasi yang menjadi mitra. Lewat program beasiswa ini, cendekiawan berprestasi dan berpotensi menjadi pemimpin berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan master untuk jurusan apa pun di kampus mana pun di Inggris.

 

Cakupan beasiswa Chevening adalah biaya kuliah universitas, biaya perjalanan dari dan menuju Inggris, tunjangan kedatangan, tunjangan keberangkatan pulang, biaya satu aplikasi visa, tunjangan hidup bulanan selama menyelesaikan Pendidikan, dan hibah perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris.

Perlu Hunter ketahui bahwa kandidat yang boleh mendaftar untuk ikut program Chevening Scholarship harus berasal dari negara-negara yang sudah masuk list. Sampai saat ini, ada 160 negara yang ada dalam daftar, termasuk Indonesia. Beasiswa Chevening memiliki jadwal penerimaan yang tetap yakni:

  • Pendaftaran dimulai pada bulan Agustus.
  • Batas waktu pengiriman kelengkapan berkas sampai dengan November.
  • Kandidat dipilih untuk melakukan wawancara dari awal sampai pertengahan bulan Februari.
  • Wawancara beasiswa berlangsung dari bulan Maret sampai Mei.
  • Keputusan diterima atau tidaknya kandidat akan dilakukan pada pertengahan Juli.

Pendaftaran beasiswa untuk tahun 2023-2024 sudah dibuka secara resmi pada 2 Agustus lalu dan pendaftar punya waktu sampai dengan bulan November tahun ini. Jadi, kalau Hunter berminat untuk melanjutkan magister di Inggris, saatnya mempersiapkan diri sekarang untuk mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah Inggris ini.

Baca Juga: Mau Kuliah Gratis ke Luar Negeri? Cek Informasi Pentingnya di sini!

Persyaratan untuk Mendaftar Sebagai Penerima Beasiswa

Untuk bisa mendaftar, kandidat harus memenuhi semua persyaratan sebagai berikut:

  • Termasuk penduduk negara atau wilayah yang berada dalam daftar Chevening Scholarship.
  • Telah menyelesaikan program sarjana untuk mendaftar di program pascasarjana di universitas Inggris dengan nilai rata-rata 3,0.
  • Tidak memiliki kewarganegaraan atau dwikewarganegaraan dari pemerintah Inggris.
  • Tidak sedang atau pernah bekerja dan tidak punya hubungan dengan pekerja di pemerintahan Inggris.
  • Tidak pernah memperoleh beasiswa dari pemerintah Inggris sebelumnya.
  • Memiliki pengalaman kerja setidaknya 2 tahun (minimum 2.800 jam). Pekerjaan penuh waktu dan paruh waktu tetap dihitung, sementara pekerjaan yang sifatnya sukarela atau magang tidak dihitung.
  • Sudah mendaftar ke tiga (3) program di kampus berbeda di Inggris dan memenuhi syarat (sudah menerima penawaran tanpa syarat dari salah satu kampus yang dipilih).

Persyaratan Kemampuan Berbahasa

Chevening Scholarship juga memiliki syarat kemampuan bahasa yang harus dipenuhi. Nilai Pearson PTE Academic minimum adalah 58, TOEFL iBT dengan skor minimum 79, IELTS dengan skor 6,5, Cambridge English Advance dengan skor keseluruhan 176, dan skor minimum 162.

Persyaratan kemampuan berbahasa bisa berbeda-beda antara satu kampus dengan kampus lainnya. Karena itu, pastikan kamu memeriksa ketentuannya dengan cermat. Biaya untuk melakukan tes bahasa tidak ditanggung oleh Chevening Scholarship.

Persyaratan Berkas

Selain beberapa kriteria yang sudah disebutkan di atas, Hunter yang ingin mendaftarkan diri untuk Chevening Scholarship wajib mempersiapkan sejumlah dokumen, yakni:

  • Biografi singkat
  • Paspor dan Kartu Tanda Penduduk
  • Ijazah dan transkrip nilai
  • Reference Letter (2 buah)
  • Esai dengan tema yang sudah ditentukan oleh pemberi beasiswa
  • Letter of Acceptance.

beasiswa chevening

Cara dan Proses Pendaftaran Chevening Scholarship

Untuk mendaftarkan diri, Hunter bisa melakukannya secara online dengan mengakses laman resmi Chevening Scholarship di sini. Unggah semua berkas yang diminta dan ikuti petunjuk yang dijelaskan selama proses pendaftaran.

Semua kandidat wajib menyerahkan formulir pendaftaran sebelum tanggal akhir yang sudah ditentukan oleh Chevening. Perlu diingat bahwa formulir aplikasi untuk setiap negara itu berbeda-beda. Adapun langkah-langkah pengajuan beasiswa Chevening adalah:

  • Daftarkan dirimu untuk program master yang kamu inginkan di kampus yang ada di Inggris.
  • Aplikasi bisa diajukan ke tiga (3) universitas berbeda yang tercakup dalam Program Chevening.
  • Ajukan Beasiswa Chevening pada bulan Agustus secara online.
  • Jawab semua pertanyaan (biasanya terdiri dari 100-500 kata).
  • Menyerahkan dokumen pendukung yang dibutuhkan dalam format JPG/PNG atau PDF dengan ukuran file tidak lebih dari 5MB.

Perlu diingat bahwa satu orang kandidat hanya bisa mengirimkan satu aplikasi. Jika di tengah proses pendaftaran kamu ingin keluar atau membatalkannya, kamu akan diminta memberikan alasan mengapa kamu melakukannya. 

Jika kamu memutuskan menarik aplikasi yang akan kamu kirimkan, kamu tidak akan bisa mengajukan aplikasi lain sampai pendaftaran dibuka kembali tahun depan. Karena itu, pastikan kamu membaca dengan saksama laman pendaftaran sebelum memulai prosesnya.

Baca Juga: Tips & Trik Membuat Essay untuk Beasiswa Chevening

Proses Seleksi Beasiswa Chevening

Proses seleksi memakan waktu minimal 8 bulan dari batas waktu pendaftaran sampai pengumuman akhir. Keputusan beasiswa akan diberikan pada pertengahan Juni. Faktor penting dalam proses seleksi Chevening meliputi referensi, wawancara, dan pengalaman kerja.

Kandidat akan diwawancarai oleh panel di Kedutaan Inggirs dan Komisi Tinggi Inggris (tergantung mana yang tersedia di tempat tinggal kandidat). Bahasa Inggris akan menjadi media komunikasi selama wawancara berlangsung. Pertanyaan yang diajukan berkisar dari aspirasi pribadi dan profesional. Sebelum kandidat menghadiri wawancara, pastikan semua dokumen yang diminta sudah diunduh ke sistem aplikasi Chevening.

Karena beasiswa ini mendanai secara penuh kebutuhanmu selama menyelesaikan pendidikan, kamu bisa fokus pada pencapaian tujuan profesionalmu. Tinggal selama satu tahun di Inggris tidak hanya memungkinkanmu berkembang secara akademis saja, tetapi juga secara profesional. Kamu juga berkesempatan membangun jaringan dan merasakan langsung pengalaman budaya di Inggris yang berbeda dengan negara kita.

Mau sesi konsultasi intensif seputar beasiswa yang tepat untuk kamu? -> Ikuti bimbingan Study Abroad Academy (SAA) Schoters

beasiswa chevening