Beasiswa DGIST Korea: Persyaratan, Dokumen, dan Timeline

Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology membuka kembali pintunya untuk para mahasiswa Indonesia yang ingin berbakat di bidang teknologi Sains dan Teknologi untuk melanjutkan studi dan riset Magister dan Doktor dengan beasiswa DGIST Korea.

Bagi kamu yang tertarik mendalami bidang studi di atas sekaligus punya mimpi untuk kuliah ke luar negeri, berikut informasi lengkapnya!

Apa itu beasiswa DGIST Korea?

Beasiswa DGIST Korea merupakan beasiswa yang berasal dari pemerintah Korea Selatan sejak 2004. DGIST atau Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology merupakan perguruan tinggi interdisipliner yang menggabungkan beberapa jurusan. Beberapa fokus studi mereka, antara lain:

  1. Emerging Materials;
  2. Information and Communication Engineering;
  3. Medical Robotics;
  4. Green Energy;
  5. Brain Science;
  6. New Biology;
  7. Interdisciplinary Engineering.

 

Hingga saat ini, Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology sendiri menduduki peringkat ke-38 nasional berdasarkan CWUR 2022-2023 dan telah menyediakan beasiswa DGIST Korea untuk pelajar internasional di dunia.

Dokumen dan persyaratan beasiswa DGIST Korea

Sama halnya dengan program lainnya, beasiswa DGIST Korea juga membutuhkan beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan, antara lain, adalah sebagai berikut:

  1. Formulir pendaftaran yang bisa kamu kirimkan melalui laman DGIST International Applicants;
  2. Statement of purpose yang ditulis dengan bahasa Inggris, Korea atau keduanya. Beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab antara lain:
    1. Penjelasan tentang rencana jarak tengah dan jarak jauh sebagai peneliti dan motivasimu untuk kuliah dengan beasiswa DGIST Korea,
    2. Diskusikan tentang bidang riset yang kamu tekuni, apa kepentingan dan rencana ke depannya,
    3. Tuliskan pengalaman meneliti dan akademis yang sesuai dengan bidang studi yang kamu tuju. Bisa publikasi, prestasi, honor, dan lain sebagianya,
    4. Jelaskan pula kegiatan yang berhubungan dengan problem solving skills, bisa dari kegiatan relawan, kerja, atau magang.
  3. Ijazah pendidikan terakhir;
  4. Transkrip nilai terakhir;
  5. Sertifikat bahasa Inggris tanpa minimal skor;
  6. Surat rekomendasi yang kamu kirimkan pada evaluator melalui e-mail admission@dgist.ac.kr. 

 

Tertarik melanjutkan pendidikan dengan beasiswa DGIST Korea dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, persyaratan dokumen, hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Cakupan beasiswa

Bagi kamu yang berhasil menjadi awardee beasiswa DGIST Korea, kamu bisa menikmati beasiswa fully funded atau partial funded mulai dari:

  1. Biaya pendidikan penuh;
  2. Biaya hidup;
    Bagi para mahasiswa Magister akan diberikan bantuan dana berkisar KRW 15,000,000/tahun. Sedangkan untuk program PhD sebesar KRW 22,000,000/bulan. Perlu diketahui bahwa nominal ini bervariasi tergantung pada pencapaian penelitian pribadi dan kegiatan penelitian;
  3. Tunjangan akomodasi.

 

Timeline pendaftaran

Jadwal pendaftaran beasiswa DGIST Korea untuk International Graduate sendiri terbagi menjadi 3 termin yaitu, Spring 1, Spring 2, dan Fall 2023.

Spring I Spring II Fall 2023
Pendaftaran 16 Juni – 7 Juli 2023 13 Oktober – 3 November 2023 6 April – 27 April 2023
Hasil Pemeriksaan Dokumen 28 Juli 2023 24 November 2023 18 Mei 2023
Interview 3 Agustus – 12 Agustus 2023 30 November – 9 Desember 2023 24 Mei – 2 Juni 2023
Pengumuman 29 Agustus 2023 26 Desember 2023 19 Juni 2023

 

Sedangkan jadwal untuk jenjang sarjana adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran Online & Pengumpulan Dokumen: awal Desember – awal Januari;
  2. Pemeriksaan Pendaftaran & Interview: hingga pertengahan Maret;
  3. Pengumuman dan Daftar Ulang: awal Mei;
  4. Tahun Mulai Akademik: Fall (akhir Agustus atau awal September).

 

Baca Juga: Beasiswa Jurusan Teknik di Korea Selatan untuk Berbagai Jenjang

 

FAQ beasiswa DGIST Korea

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang  beasiswa DGIST Korea dan sistem pendidikannya di Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology.

1. Bahasa apa yang digunakan selama pembalajaran di DGIST?

Semua pembelajaran dan aktivitas riset pada Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, sertifikat dan kemampuan bahasa Inggris sangat diperlukan meski tidak persyaratan di atas tidak mencantumkan minimal skor bahasa Inggris.

2. Ijazah dan Transkrip Nilai saya menggunakan bahasa Indonesia, apakah diterima?

Tidak. DGIST hanya menerima dokumen yang ditulis menggunakan bahasa Inggris atau Korea. Kamu bisa menerjemahkan dokumen terlebih dahulu dengan penerjemah tersumpah.

3. Bagaimana bila saja baru lulus Sarjana dan belum memiliki Ijazah?

Kamu masih bisa mendaftar menggunakan ijazah sementara, tapi kamu harus tetap memberikan salinan Ijazah resmi mu ketika kamu sudah diterima di DGIST.

4. Apakah saya sudah bisa menyiapkan dokumen di website pendaftaran sebelum pendaftaran dibuka?

Iya, kamu bisa. Kamu bisa menggunakannya websitenya dan menyimpannya di “Archive” terlebih dahulu. Selain itu, pastikan kamu sudah menyelesaikan dokumenmu sebaik mungkin sebelum klik “Submit.”

 

Baca Juga: Informasi Lengkap Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Korea

 

Rekomendasi bimbingan persiapan beasiswa DGIST Korea

Ingin lolos mendapatkan beasiswa DGIST Korea? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan persiapan beasiswa DGIST Korea? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa dgist