Beasiswa DGIST Korea: Persyaratan, Dokumen, dan Timeline

Info Beasiswa, 04 Des 2022

Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology membuka kembali pintunya untuk para mahasiswa Indonesia yang ingin berbakat di bidang teknologi Sains dan Teknologi untuk melanjutkan studi dan riset Magister dan Doktor dengan beasiswa DGIST Korea. Bagi kamu yang tertarik mendalami bidang studi di atas sekaligus punya mimpi untuk kuliah ke luar negeri, berikut informasi lengkapnya!

Apa itu Beasiswa DGIST Korea?

Beasiswa DGIST Korea merupakan beasiswa yang berasal dari pemerintah Korea Selatan sejak 2004. DGIST atau Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology merupakan perguruan tinggi interdisipliner dan menggabungkan beberapa jurusan. Beberapa fokus studi mereka antara lain:

  • Emerging Materials
  • Information and Communication Engineering
  • Medical Robotics
  • Green Energy
  • Brain Science 
  • New Biology
  • Interdisciplinary Engineering 

Hingga saat ini Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology sendiri menduduki ranking 42 nasional dan telah menyediakan beasiswa DGIST Korea bagi beberapa negara di dunia. 

Dokumen dan Persyaratan Beasiswa DGIST Korea

Sama halnya dengan program lainnya, beasiswa DGIST Korea membutuhkan beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan, antara lain:

  1. Formulir pendaftaran yang bisa kamu kirimkan melalui website dgist.ac.kr/iadm/ 
  2. Statement of purpose yang ditulis dengan bahasa Inggris, Korea atau keduanya. Beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab adalah: (a) Penjelasan tentan rencana jarah tengah dan jarak jauh sebagai peneliti dan motivasimu untuk sekolah dan beasiswa DGIST Korea, (b) diskusikan tentang bidang riset yang kamu tekuni, apa kepentingan dan rencana ke depannya, (c) tuliskan pengalaman meneliti dan akademis yang sesuai dengan bidang studi yang kamu tuju. Bisa publikasi, prestasi, honor, dan lain sebagianya, (d) jelaskan pula kegiatan yang berhubungan dengan problem solving skills, bisa dari kegiatan relawan, kerja, atau magang.
  3. Ijazah pendidikan terakhir.
  4. Transkrip nilai terakhir.
    Sertifikat bahasa Inggris tanpa minimal skor.
  5. Surat rekomendasi yang kamu kirimkan pada evaluator melalui e-mail di admission@dgist.ac.kr 

           Baca Juga: Beasiswa Jurusan Teknik di Korea Selatan untuk Berbagai Jenjang

Manfaat dan Timeline Beasiswa DGIST Korea

Bagi kamu yang berhasil menjadi awardee beasiswa DGIST Korea, kamu bisa menikmati beasiswa fully funded mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup, tunjangan akomodasi dan kelas bahasa Korea gratis. 

Bagi para mahasiswa Magister akan diberikan bantuan dana sebesar KRW 650.000/bulan atau sekitar Rp 8 juta rupiah. Sedangkan untuk program PhD sebesar KRW 1.170.000/bulan atau sekitar Rp 13 juta per bulan. 

Sedangkan untuk pendaftarannya beasiswa DGIST Korea sendiri dibuka pada 3 termin sekaligus yaitu, Spring 1, Spring 2, dan Fall 2022. Pada termin Spring 1 maksimal pendaftaran pada tanggal 29 Juli, Spring 2 pada 25 November dan Fall pada Mei 2019.

FAQ Beasiswa DGIST Korea

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang  beasiswa DGIST Korea dan sistem pendidikannya di Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology.

Bahasa apa yang digunakan selama pembalajaran di DGIST?

Semua pembelajaran dan aktivitas riset pada Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, sertifikat dan kemampuan bahasa Inggris sangat diperlukan meski tidak persyaratan di atas tidak mencantumkan minimal skor bahasa Inggris. 

Ijazah dan Transkrip Nilai saya menggunakan bahasa Indonesia, apakah diterima?

Tidak. DGIST hanya menerima dokumen yang ditulis menggunakan bahasa Inggris atau Korea. Kamu bisa menerjemahkan dokumen terlebih dahulu dengan penerjemah tersumpah. 

Bagaimana bila saja baru lulus Sarjana dan belum memiliki Ijazah?

Kamu masih bisa mendaftar menggunakan ijazah sementara tapi kamu harus tetap memberikan salinan Ijazah resmi mu ketika kamu sudah diterima di DGIST.

Apakah saya sudah bisa menyiapkan dokumen di website pendaftaran sebelum pendaftaran dibuka?

Iya, kamu bisa. Kamu bisa menggunakannya websitenya dan menyimpannya di “Archive” terlebih dahulu. Dan pastikan kamu sudah menyelesaikan dokumenmu sebaik mungkin sebelum klik “Submit.”

           Baca Juga: Informasi Lengkap Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Korea

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

beasiswa dgist korea