Studi di Gwangju Institute Science of Technology dengan Beasiswa GIST

Info Beasiswa, 12 Okt 2022

Gwangju Institute of Science and Technology atau yang biasa disingkat menjadi GIST adalah salah satu perguruan tinggi berorientasi riset di Korea Selatan, khususnya di bidang Applied Science dan Engineering. GIST yang berlokasi di Gwangju, salah satu kota terbesar di Korea Selatan, merupakan salah satu perguruan tinggi muda di Korea Selatan yang berhasil menjadi 100 besar perguruan tinggi terbaik di Asia. Bagi pelajar internasional baik di tingkat S-1, S-2 maupun S-3, yang berminat untuk melanjutkan pendidikan tinggi di GIST juga tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa mengingat sebagian besar program yang tersedia di GIST menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Untuk mendukung studi lebih lanjut di GIST, GIST juga menyediakan beasiswa fully funded yang diberikan khusus kepada seluruh pelajar internasional tingkat S-1, S-2 dan -S3 yang diberi nama GIST Scholarships for International Students.

Persyaratan Umum 

Persyaratan umum untuk program beasiswa ini adalah sebagai berikut:

  1. Pelajar internasional yang sudah diterima di salah satu program tingkat S-1, S-2 dan S-3 di GIST
  2. Memiliki skor kemampuan Bahasa Inggris (IELTS min 6.5, TOEFL IBT min 80, TOEFL PBT min 550, TOEIC min 750, NEW TEPS min 285)

Cakupan Beasiswa

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pembebasan biaya kuliah sepenuhnya.
  2. Biaya hidup bulanan sebesar 130.000 KRW per bulan untuk mahasiswa Sarjana, 140.000 KRW per bulan untuk mahasiswa Master dan 295.000 KRW per bulan untuk mahasiswa Doktoral (untuk mendapatkan tunjangan ini, pelajar harus menyelesaikan 11 kredit di semester sebelumnya untuk tingkat S-1 dan 9 kredit di semester sebelumnya untuk tingkat S-2 dan S-3).
  3. Tunjangan konsumsi sebesar 270.000 KRW per bulan untuk tingkat S1 dan 100.000 KRW per bulan untuk tingkat S-2 dan S-3 (untuk mendapatkan tunjangan ini, pelajar harus menyelesaikan 11 kredit di semester sebelumnya untuk tingkat S-1 dan 9 kredit di semester sebelumnya untuk tingkat S-2 dan S-3).
  4. Tunjangan untuk pelajar internasional sebesar 130.000 KRW per bulan untuk tingkat S-1 dan 120.000 KRW per bulan untuk tingkat S-2 dan S-3 (untuk mendapatkan tunjangan ini, pelajar harus mendapatkan GPA di atas 3.0 di semester sebelumnya).
  5. Tunjangan asuransi kesehatan dan biaya pemeriksaan kesehatan tahunan.
  6. Biaya penerbangan satu arah menuju Korea Selatan (hanya berlaku satu kali).   

          Baca juga: Kuliah di Korea Fully Funded dan Banyak Benefit dengan Beasiswa GKS

Prosedur Pendaftaran 

Tidak ada prosedur khusus untuk mendaftar program beasiswa ini. Calon mahasiswa hanya perlu melamar program S-1, S-2 dan S-3 di GIST untuk diseleksi sebagai penerima beasiswa.

Untuk tingkat S-1, pendaftaran untuk program studi di GIST dibuka sekitar bulan Desember-Februari setiap tahunnya.

Sedangkan untuk tingkat S-2 dan S-3,  pendaftaran untuk program studi di GIST sendiri dibuka 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu:

  1. Pendaftaran untuk spring semester yang dimulai setiap bulan Maret setiap tahunnya. Pendaftaran semester ini ditutup setiap bulan Oktober
  2. Pendaftaran untuk fall semester yang dimulai setiap bulan September setiap tahunnya. Pendaftaran semester ini ditutup setiap bulan April.

Dokumen yang Dibutuhkan 

Untuk tingkat S-1, dokumen yang dibutuhkan antara lain:

  1. Mengisi online application form
  2. 1 (satu) surat rekomendasi
  3. Profil Sekolah Menengah Atas
  4. Rapot dan transkrip Sekolah Menengah Atas
  5. Sertifikat Skor Kemampuan Bahasa Inggris
  6. Sertifikat Skor Standardized Official Test (SAT)
  7. Salinan paspor
  8. Dokumen yang menyatakan hubungan keluarga dengan orangtua
  9. Dokumen kemampuan finansial
  10. Sertifikat penghargaan (apabila ada)

Untuk tingkat S-2/S-3, dokumen yang dibutuhkan antara lain:

  1. Mengisi online application form
  2. Salinan ijazah dan transkrip dari jenjang pendidikan sebelumnya yang dilegalisir oleh institusi pendidikan yang menerbitkan. Dokumen yang mendapatkan pengesahan dari Kedutaan Besar Korea Selatan (apostille) juga lebih baik
  3. 2 (dua) surat rekomendasi
  4. Sertifikat skor kemampuan bahasa Inggris
  5. Salinan paspor
  6. Surat rekomendasi untuk pembebasan biaya matrikulasi (opsional)
  7. Surat rekomendasi dari pembimbing akademik sebelumnya sebagai sertifikat kemampuan Bahasa Inggris

Selamat mencoba!

          Baca juga: 5 Beasiswa yang Bisa Membawa Kamu S-2 di Korea Selatan

Temukan Beasiswa ke Korea Selatan Lainnya

Selain beasiswa di atas, tentunya masih beasiswa untuk ke Korea Selatan lainnya Hunters. Tidak perlu bingung bagaimana cara mencari informasi beasiswa-beasiswa tersebut -> Cukup hubungi konsultan expert Schoters dan dapatkan list beasiswa ter-update!

Mau langsung dibimbing secara intensif buat daftar beasiswa-beasiswanya? -> Langsung gabung program Study Abroad Academy Schoters!

beasiswa GIST