5 Beasiswa yang Bisa Membawa Kamu S-2 di Korea Selatan

, 19 Sep 2022

Sudah lulus S-1 dan berencana melanjutkan S-2 di Korea Selatan? Pilihan yang bagus! Seiring dengan semakin tingginya minat masyarakat dunia terhadap Hallyu Wave, Korea Selatan juga semakin membuka diri dan menawarkan kemudahan akses untuk masyarakat internasional yang ingin berkunjung ke sana nih. Termasuk kemudahan bagi mahasiswa asing melalui berbagai kesempatan beasiswa untuk kuliah di Negeri Ginseng itu. Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi beasiswa yang bisa membawa mu S-2 di Korea Selatan!

1. POSTECH Graduate Scholarship

Merupakan beasiswa yang disediakan oleh Pohang University of Science and Tehcnology (POSTECH) bagi mahasiswa pascasarjana POSTECH yang menjadi teaching assistant, research assistant, atau administrative assistant. Bersifat partial funded, POSTECH memberikan beasiswa yang mencakup biaya kuliah sebesar 810.000 KRW/bulan dan biaya hidup sebesar 570.500 KRW/bulan untuk S-2. Mahasiswa penerima beasiswa ini harus menjaga prestasi akademiknya di setiap semester.

2. Beasiswa LPDP

Dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), beasiswa LPDP adalah beasiswa fully funded dari Pemerintah Indonesia yang dapat digunakan untuk menempuh studi S-2 dan S-3 di berbagai negara salah satunya Korea Selatan. Kriteria pendaftar secara umum adalah WNI yang sudah menyelesaikan jenjang pendidikan sebelumnya dan tidak sedang menempuh/menerima dengan jenjang studi/beasiswa tertentu.

Sebagai beasiswa primadona mahasiswa Indonesia, cakupan fasilitas yang diberikan LPDP sangat beragam. Mulai dari biaya untuk urusan pendidikan seperti biaya kuliah, biaya pendaftaran, tunjuangan buku, biaya penelitian, biaya seminar internasional, sampai biaya publikasi jurnal internasional. Tak ketinggalan biaya pendukung seperti biaya transportasi, biaya visa, tunjangan bulanan, tunjangan keluarga, asuransi, biaya kedatangan, hingga biaya darurat.

          Baca juga: 9 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Lanjut Kuliah S-2

beasiswa s2 korea selatan

 

3. Global Korean Scholarship

Global Korean Scholarship (GKS) adalah beasiswa dari Pemerintah Korea Selatan untuk mendanai mahasiswa internasional yang ingin kuliah di sana termasuk untuk jenjang S-2. Sama seperti LPDP, beasiswa GKS juga menawarkan fasilitas fully funded mencakup tiket pesawat PP, tunjangan kedatangan, biaya kuliah, tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, pelatihan bahasa Korea, apresiasi keahlian bahasa Korea, dan tunjangan penyelesaian pendidikan.

Kriteria pendaftar secara umum adalah bukan warga negara Korea Selatan, telah menyelesaikan jenjang pendidikan sebelumnya, berusia maksimal 40 tahun, dan IPK minimal 2,64/4,00.

4. DGIST Graduate Scholarship

Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology (DGIST) membuka kesempatan beasiswa bagi mahasiswa S-2 di kampusnya yang berasal dari program studi engineering. Beasiswa S-2 dari DGIST merupakan jenis beasiswa parsial dengan cakupan fasilitas berupa biaya kuliah sebesar 7.000.000 KRW/semester, tunjangan bulanan minimal 15.000.000 KRW/tahun, dan akomodasi asrama. Besarnya tunjangan bulanan dapat bervariasi tergantung kegiatan dan pencapaian penelitian masing-masing mahasiswa.

          Baca juga: 10 Beasiswa Ini Bisa Bantu Kamu S-2 di Luar Negeri 

5. UNIST Graduate Scholarship

Sebagaimana beasiswa dari kampus pada umumnya, Ulsan National Institute of Science & Technology (UNIST) juga memberikan bantuan untuk mahasiswa S-2 secara parsial. Bantuan tersebut berupa tunjangan tahunan sebesar 17.280.000 KRW yang dibayarkan setiap bulannya. Selain tunjangan, terdapat pula fasilitas asrama yang dapat digunakan oleh mahasiswa S-2 UNIST.

Temukan Beasiswa S-2 ke Korea Selatan Lainnya

Selain 5 beasiswa di atas, tentunya masih beasiswa untuk S-2 di Korea Selatan lainnya Hunters. Tidak perlu bingung bagaimana cara mencari informasi beasiswa-beasiswa tersebut -> Cukup hubungi konsultan expert Schoters dan dapatkan list beasiswa ter-update!

Mau langsung dibimbing secara intensif buat daftar beasiswa-beasiswanya? -> Langsung gabung program Study Abroad Academy Schoters!

beasiswa s2 korea selatan


Artikel Lainnya