Mengenal 3 Beasiswa Mesir untuk Semua Jenjang (S1/S2/S3)

Meningkatnya fokus Mesir untuk menarik perhatian pelajar internasional ke program yang mereka tawarkan membuat Mesir mendapati peringkat sebagai salah satu dari 20 negara tujuan teratas untuk pelajar internasional di seluruh dunia. Bahkan, siswa internasional mencapai angka 62.542 pada tahun 2019/2020 berdasarkan data dari Statista 2022. Mesir memberi kesempatan kepada pelajar internasional untuk melanjutkan studi di sana melalui beberapa beasiswa Mesir yang ditawarkan.

Biaya hidup di Mesir hampir serupa dengan biaya hidup di Indonesia, bahkan biaya hidup di Mesir relatif rendah. Negara ini merupakan negara yang sangat terjangkau untuk ditinggali apalagi sebagai mahasiswa yang tinggal di kos-kosan karena biaya transportasi, belanja makanan, jajanan, dan hal lainnya tidak mahal. Bagi mahasiswa internasional yang memiliki mata uang lebih tinggi daripada mata uang Mesir ini merupakan suatu keuntungan yang bisa di dapatkan.

Apa saja beasiswa Mesir yang dapat kamu apply? Yuk simak ulasannya berikut ini!

 

3 Beasiswa Mesir Untuk Jenjang S1/S2/S3

1. Beasiswa Mesir S1: Al-Azhar Kairo Mesir Scholarship

Al-Azhar Kairo Mesir Scholarship adalah beasiswa Mesir dengan pendanaan penuh. Simak informasi lengkapnya sebagai berikut:

Persyaratan

1. Calon mahasiswa yang akan melanjutkan ke Universitas Al-Azhar adalah lulusan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren yang telah memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku di Universitas Al-Azhar, di antaranya memenuhi syarat kompetensi bahasa dari lembaga yang diakui Universitas Al-Azhar

2. Sebagai dasar pemberian rekomendasi beasiswa dan non beasiswa, Kementerian Agama akan bekerja sama dengan Pusat Bahasa Al-Azhar Markaz Syaikh Zayd (MSZ), dalam menyelenggarakan uji kompetensi yang meliputi Ikhtibâr Tashfiyah, Tes Wawasan Kebangsaan, dan Tahdîd Mustawâ. Ketentuan teknis akan diumumkan terpisah oleh MSZ  melalui cabangnya di Indonesia

3. Warga negara Indonesia (WNI)

4. Memiliki ijazah Madrasah Aliyah (dengan usia ijazah maksimal tiga tahun sejak dikeluarkan)

5. Memiliki semua dokumen yang diminta pada formulir pendaftaran

6. Membayar biaya mengikuti ikhtibâr tashfiyah/tahdid mustawa sebesar Rp400.000

Cakupan

Dua puluh orang terbaik berdasarkan hasil uji kompetensi akan menerima beasiswa Mesir penuh Universitas Al-Azhar.

Dokumen yang Dibutuhkan

1. Surat keterangan lulus ujian sekunder Al-Azhar, atau yang setara

2. Sertifikat sekunder misi Islam atau yang setara (sertifikat sekunder yang setara dengan sertifikat sekunder Al-Azhar atau sertifikat sekunder misi Islam yang dikeluarkan dari luar A.R.E, harus disertifikasi oleh Kementerian Luar Negeri Mesir) atau sertifikat yang setara dengan sertifikat universitas Al-Azhar yang telah disamakan oleh the Main Committee of Certificates Equivalence di Universitas Al-Azhar (sertifikat yang dikeluarkan dari luar A.R.E harus disertifikasi oleh Kementerian Luar Negeri Mesir)

3. Tiga (3) salinan sertifikat kualifikasi asli (sertifikat harus asli, bukan salinan)

4. Surat keterangan tempat lahir atau transkrip nilai resmi, apabila surat keterangan tersebut dikeluarkan dari luar A.R.E, maka harus disahkan oleh instansi yang berwenang.

5. Tiga (3) salinan akte tempat lahir asli (asli bukan copy).

6. Surat persetujuan yang dikeluarkan dari kedutaan tempat siswa berafiliasi, untuk menyatakan bahwa siswa tersebut memperoleh sertifikat sekunder yang setara dari luar negeri. Keaslian sertifikat itu harus diverifikasi oleh kedutaan, dan untuk memastikan apakah siswa tersebut diizinkan untuk bergabung dengan universitas atau tidak.

7. Paspor asli untuk check-in

8. Paspor pelajar harus valid dan berisi visa yang jelas

9. Tiga (3) salinan paspor asli

10. Sertifikat kemahiran bahasa Arab

11. Sertifikat gelar

12. Transkrip akademik

13. Paspor

14. Sertifikat bahasa Inggris

Cara Daftar

Daftar online ke Pendaftaran MSZ Cabang Indonesia.

 

Baca Juga: Tertarik Melanjutkan Studi di Universitas Al-Azhar? Simak Info Lengkapnya disini!

 

2. Beasiswa S2 Mesir: ESED Scholarship

ESED (The Education for Sustainable Energy Partnership) Scholarship adalah beasiswa Mesir dengan pendanaan sebagian (partial funded). Simak informasi lengkapnya  sebagai berikut:

Persyaratan

1. Melakukan studi tingkat master di bidang yang terkait dengan pengembangan energi berkelanjutan

2. Mengejar studi penuh waktu setidaknya selama satu tahun sekolah penuh (dua atau tiga semester) pada pertengahan hingga akhir 2023

3. Menjadi warga negara berkembang dalam daftar penerima bantuan pembangunan resmi yang diidentifikasi oleh Komite Bantuan Pembangunan OECD

4. Berkomitmen untuk berkontribusi pada pembangunan negara asal mereka setelah studi diselesaikan

5. Menjadi siswa berprestasi: nilai luar biasa di 20% teratas di kelas, berkomitmen untuk pengembangan energi nol karbon, sejarah keterlibatan masyarakat, dan bertekad untuk memajukan pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki

Cakupan

Program The Education for Sustainable Energy Partnership (ESED) menawarkan beasiswa kepada 12 siswa setiap tahun dengan nilai maksimal 10.000 USD per tahun studi selama maksimal 2 tahun.

Dokumen yang Dibutuhkan

1. Paspor

2. CV

3. Surat Penerimaan

4. Garis besar program

5. Transkrip

6. Dua surat referensi (akademik dan pribadi)

Cara Daftar

Mendapatkan surat penerimaan dan daftar melalui aplikasi online.

 

3. Beasiswa S2/S3 Mesir: WAMY Scholarship

Bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan S2 dan S3, terdapat beasiswa  Mesir dari WAMY (The World Assembly of Muslim Youth), Jeddah. Beasiswa Mesir ini diberikan kepada mahasiswa muslim yang ingin melanjutkan studinya di Mesir khususnya di Universitas Al Azhar ataupun Universitas lainnya yang ada di Mesir. 

Persyaratan

Syarat utama untuk mendaftar beasiswa ini antara lain:

1. Sudah naik tingkat dengan nilai minimal jayyid

2. Belum mendapat beasiswa dari lembaga mana pun. 

Cakupan

Beasiswa yang diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama belajar di Mesir. 

Cara Daftar

Info pendaftaran bisa cek di WAMY Indonesia.

 

Baca Juga: Simak Informasi Detail Mengenai Beasiswa WAMY!

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Beasiswa Mesir

Ingin lolos mendapatkan beasiswa Mesir? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa Mesir? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

beasiswa mesir