Beasiswa MOE Huayu Enrichment untuk Studi di Taiwan

Program Beasiswa Kementerian Pendidikan (MOE) Taiwan merupakan program beasiswa non-gelar bagi Warga Negara Indonesia yang berminat mengikuti kursus bahasa Mandarin di Taiwan selama 6 Bulan. Beasiswa ini memberikan tunjangan bulanan sebesar NTD 25.000 atau setara dengan 12 juta rupiah per bulan. Periode penerimaan beasiswa antara 1 September 2022 s/d 31 Agustus 2023.

Persyaratan

  1. Warga negara Indonesia
  2. Minimal berusia 18 tahun. 
  3. Sudah lulus bangku SMA.
  4. Memiliki prestasi akademik dan moral yang baik.

 

           Baca Juga: Manfaat Kuliah di Luar Negeri untuk Pelajar SMA/SMK, Yuk Simak Disini! 

 

 

Dokumen yang Harus Persiapkan

  1. Formulir pendaftaran Beasiswa HES (lampiran 2).
  2. Fotokopi Paspor dan Kartu Keluarga.
  3. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai Pendidikan Terakhir (Ijazah dan transkrip harus dalam bahasa Inggris atau Mandarin. Jika dokumen tidak dalam bahasa Inggris atau Mandarin, maka harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Mandarin, dan harus dilegalisir sampai tahap TETO. Apabila kamu  merupakan lulusan dari luar negeri, maka ijazah dan transkrip perlu dilegalisir di kantor TETO di negara tersebut.)
  4. Fotokopi Bukti Formulir Pendaftaran Language Center, yang membuktikan bahwa kamu telah mendaftar ke Language Center di Taiwan 
  5. Dua surat rekomendasi yang sudah ditandatangani dan tersegel rapat dalam amplop. (contoh pemberi rekomendasi: oleh Kepala Sekolah, Rektor, Dekan, Profesor atau Supervisor). Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotokopi dan dengan tanda tangan digital TIDAK BERLAKU.

Cara Pendaftaran

Pengumuman beasiswa akan dilakukan oleh pihak penyelenggara atau TETO yang akan mengirimkan pengumuman beasiswa secara individu kepada masing-masing penerima beasiswa via email sebelum tanggal 10 Juni 2022. Nantinya, TETO tidak akan menghubungi satu per satu peserta yang tidak lolos program HES.

 Dokumen pendaftaran dan dokumen lainnya dapat dikirimkan ke:

Kantor Taipei Economic and Trade Office (TETO)

Gedung Artha Graha lt.17,

Jl. Jend Sudirman kav 52-53, SCBD, Jakarta 12190

(dituliskan di amplop depan: “Pendaftaran Beasiswa HES”)

 

 

      Baca Juga: Yuk Simak Informasi Terkait Beasiswa SUSTech S-1

 

 

Cakupan Beasiswa

Penerima beasiswa ini akan mendapatkan fasilitas dan tunjangan berupa biaya hidup sebesar NTD 25.000 atau setara dengan Rp.12.000.000 per bulan selama periode belajar bahasa Mandarin di Taiwan. Pemberian beasiswa dihitung sejak hari pertama kandidat berada di Taiwan. 

Durasi Beasiswa

Durasi program belajar bahasa Mandarin ini berjalan selama 3, 6, 9, hingga 12 bulan. Tergantung pada periode mana yang dipilih oleh kandidat. Seluruh periode akan melewati semester musim panas yang jatuh pada bulan Juni hingga Juli atau Juli hingga Agustus. 

Periode program ini dimulai pada bulan September dan berakhir pada periode yang dipilih hingga paling lama 12 bulan yakni pada bulan Agustus tahun berikutnya. Pemberian beasiswa dilaksanakan selama periode belajar yang dipilih siswa. 

Setelah menyelesaikan program belajar bahasa Mandarin, peserta yang memilih program dengan durasi 3, 6, dan 9 bulan wajib kembali ke negara asalnya. Dikecualikan untuk peserta yang memilih program dengan durasi 12 bulan, dia dapat mengajukan perpindahan ke Mandarin Language Center lain setelah 1 semester.

Tahapan Seleksi

  1. Kandidat memilih Mandarin Language Center yang secara resmi terdaftar pada Kementerian Pendidikan (MOE) Taiwan
  2. Kandidat mendaftar pada Mandarin Language Center pilihannya dan menunggu surat penerimaan atau admission letter. Surat ini wajib dilampirkan saat mendaftar pada beasiswa Huayu Enrichment ini.
  3. Kandidat mengirimkan semua berkas pendaftaran dan mengisi formulir daring pada tanggal 1 Februari hingga 31 Maret 2023.
  4. Setelah kandidat mengirimkan berkas melalui pos dan mengisi formulir, peserta yang berhasil melewati tahapan seleksi berkas akan diundang untuk menghadiri seleksi wawancara dengan pihak internal TETO.
  5. Jika kalian lolos pada seleksi wawancara, kalian akan diminta untuk membayar biaya pendidikan ke Mandarin Language Center paling lambat pada tanggal:
    a. Periode bulan September hingga Desember: 30 September.
    b. Periode bulan Januari hingga Agustus: 15 Januari.
  6. Setelah lolos kalian akan diundang untuk menandatangani dokumen Perjanjian dan Kesepakatan Bersama Beasiswa Huayu Enrichment.
  7. Setelah menyelesaikan pembayaran, dokumen beasiswa kalian akan diproses untuk mendapatkan beasiswa biaya hidup.
  8. Jika kalian ingin membatalkan beasiswa ini, kalian dapat membatalkannya hingga tanggal 31 Desember.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Beasiswa MOE Huayu Enrichment

Ingin lolos beasiswa MOE Huayu Enrichment? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa MOE Huayu Enrichment? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)