Beasiswa S-1 Luar Negeri, Rekomendasi Terbaik Untuk Pelajar Indonesia!

Info Beasiswa, 05 Sep 2022

Beasiswa S-1 luar negeri masih jadi incaran banyak pelajar Indonesia. Keinginan untuk bisa menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri sangat menggebu-gebu demi untuk merasakan segudang manfaat dan ilmu baru lagi melalui kualitas pendidikan yang lebih baik.

Namun, satu hal yang selama ini selalu menjadi ganjalan adalah biaya yang mahal untuk kuliah S-1 di luar negeri. Makanya, tidak heran kalau hanya orang-orang yang mampu secara finansial saja yang bisa mewujudkan cita-citanya untuk bisa berkuliah S-1 di luar negeri. Sebenarnya ada cara yang bisa dicoba oleh orang-orang yang memang berniat untuk bisa melanjutkan studi, yaitu dengan menggunakan program beasiswa.

Selain bisa mengurangi biaya kuliah, banyak fasilitas dan manfaat yang bisa Hunters dapatkan. Meskipun, untuk bisa mendapatkan beasiswa diperlukan berbagai persiapan, syarat, dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Nah, bagi Hunters yang memang berniat ingin melanjutkan pendidikan jenjang S-1 ke luar negeri dan membutuhkan beasiswa yang berkualitas, berikut merupakan beberapa rekomendasi beasiswa S-1  luar negeri secara penuh yang Schoters rekomendasikan untuk Hunters coba.

Daftar Beasiswa S-1 Luar Negeri

1. MEXT Scholarship

Beasiswa S-1 luar negeri yang pertama yaitu MEXT Scholarship. Bagi Hunters yang punya impian untuk lanjut studi S-1 di Jepang mungkin bisa mencoba beasiswa yang satu ini. Dalam beasiswa ini memang tidak diwajibkan fasih berbahasa Jepang. Meskipun begitu, Hunters disarankan menguasai Bahasa Jepang setidaknya pada tingkat dasar.

Ada 3 jenis beasiswa MEXT yaitu: Undergraduate (Gakubu), Specialized Training Collage (Senshu), dan College of Technology (Kosen) dengan berbagai pilihan program pendidikan yang bisa kamu akses di sini.

Untuk bisa mengikuti beasiswa ini adalah pastikan sudah lulus sekolah tingkat SMA/SMK/Sederajat, saat mendaftar maskimal berusia 24 tahun. MEXT scholarship menawarkan beberapa fasilitas hingga biaya kuliah yang ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar 117.000 Yen atau Rp 15 jutaan per bulan, tiket pesawat PP Indonesia-Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar, dan tanpa terikat ikatan dinas 

2. Mitsui Bussan Scholarship

Beasiswa S-1 luar negeri selanjutnya adalah Mitsui Bussan Scholarship. Beasiswa ini bisa menjadi pilihan Hunters apabila ingin melanjutkan S-1 di Jepang. Manfaat yang ditawarkan mencakup banyak manfaat mulai dari pelatihan bahasa Jepang hingga biaya kuliah. 

Syarat untuk mendapatkan beasiswa adalah pastikan Hunters berusia di bawah 20 tahun, belum menikah dan bersedia tidak menikah selama penerimaan beasiswa, lulusan SMA jurusan IPA dan IPS, bersedia untuk belajar bahasa Jepang dan beberapa syarat lainnya yang bisa diakses di sini.

Beasiswa Mitsui Bussan terdiri atas biaya pendaftaraan gratis, tunjangan hidup senilai 145.000 Yen atau sekitar Rp16 jutaan, tiket pesawat PP Indonesia–Jepang, tunjangan kedatangan senilai 50.000 Yen atau sekitar Rp5,5 jutaan saat Hunters datang ke Jepang, dan gratis biaya perkuliahan termasuk gratis kursus Bahasa Jepang.

          Baca dulu: Beasiswa Pertukaran Mahasiswa S-1 dan S-2 ke Tohoku University Jepang

Beasiswa S-1 Luar Negeri

3. Orange Tulip Scholarship

Orange Tulip Scholarship adalah beasiswa S-1 luar negeri yang bisa menjadi pilihan Hunters untuk lanjut studi S-1 di Eropa. Program beasiswa ini merupakan kerja sama pemerintah Belanda melalui Nuffic Neso Indonesia yang bekerja sama dengan sekitar 25 perguruan tinggi terbaik di negara tersebut.

Sebelum memilih beasiswa ini, beberapa syarat yang perlu diperhatikan seperti tidak sedang bekerja atau menempuh studi di Belanda, sedang dalam proses pendaftaraan, atau telah diterima pada salah satu kampus Mitra Orange Tulip Scholarship.

Salah satu benefit yang Hunters akan dapatkan yaitu potongan biaya pendidikan sebesar 30 hingga 100 persen dari mulai masuk kuliah pertama kali hingga lulus kuliah.

4. IFA Paris Scholarship

Bercita-cita menjadi desainer kelas dunia dan berkuliah di kampus desainer terbaik dunia? IFA Paris Scholarship bisa menjadi pilihan beasiswa yang menarik untuk Hunters! Khusus untuk program S-1, Hunters bisa memilih empat program studi seperti Bachelor Fashion Design and Technology, Bachelor Visual Merchandising, Bachelor Fashion Marketing, dan Bachelor Fashion Sustainability.

Hunters bisa mendaftar beasiswa S-1 luar negeri ini dengan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi yaitu minimum usia 16 tahun, memiliki skor IELTS 5.5 dan TOEFL 65, memiliki minat pada bidang fashion dan desainer, wajib melampirkan portofolio hasil karya, dan membayar biaya pendaftaran sebesar 150 Euro.

Beberapa benefit yang Hunters akan dapatkan dari IFA Paris Scholarship mencakup bebas biaya pendidikan, dan pengurangan biaya pendidikan sebesar 20 hingga 40 persen tergantung dari program beasiswa apa yang dipilih.

5. KAIST Scholarship

Bagaimana dengan pendidikan S-1 di Korea Selatan? Kabar bahagia untuk Hunters, khususnya peminat ilmu pengetahuan dan sains, Beasiswa S-1 ini bisa menjadi pilihan beasiswa yang menarik, loh! Dalam program beasiswa KAIST menghadirkan beberapa manfaat seperti gratis biaya kuliah selama delapan semester, dukungan biaya hidup hingga 300 dolar atau Rp 4,3 juta per bulan, dan bebas biaya asuransi kesehatan.

Beberapa syarat yang harus Hunters penuhi seperti: sudah lulus SMA sebelum 31 Agustus 2022, siap untuk berkuliah pada musim gugur 2022 ini, memenuhi nilai TOEFL iBT minimal 83, TOEFL PBT minimal 63, TOEFL CBT minimal 220, IELTS minimal 6,5, TOEIC Listening dan Reading minimal 720, dan TEPS minimal 326. dokumen lainnya dapat dilihat di sini.

6. Türkiye Burslari Scholarship

Beasiswa S-1 luar negeri yaitu Türkiye Burslari Scholarship dibuka setiap tahun.  Pemerintah Turki bekerja sama dengan 12 universitas ternama dan terbaik dari seluruh Turki.

Adapun syarat mengikuti beasiswa ini yaitu: prestasi akademik minimum untuk program S-1 yaitu 70%, sementara itu, untuk program ilmu kesehatan seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi minimum 90%, dan berusia maksimal 21 tahun untuk program S-1. Beasiswa ini menawarkan berbagai program dan pastinya terbuka untuk pelajar dari seluruh negara.

Beberapa manfaat yang bisa Hunters dapatkan antara lain uang bulanan sebesar 800 Lira Turki atau setara Rp 1,5 jutaan, gartis tiket PP Indonesia-Turki, asuransi kesehatan, akomodasi, serta gratis kursus gratis bahasa Turki selama 1 tahun.

7. K-ARTS Scholarship

Pilihan beasiswa S-1 luar negeri lainnya adalah K-ARTS Scholarship. Beasiswa ini ditujukan untuk Hunters yang memang bercita-cita menjadi seniman hebat dan berkesempatan belajar seni di Korea National University of Arts. Beberapa jurusan yang tersedia dapat dilihat di sini.

Beberapa benefit dari beasiswa ini seperti gratis tiket pesawat PP ke negara asal, tunjangan bulanan sebesar 800.000 Won atau setara Rp10 jutaan per bulan, pelatihan Bahasa Korea intensif selama 4 bulan sebelum masuk, gratis biaya kuliah penuh untuk semester reguler, dan asuransi kesehatan.

Untuk bisa mengikuti beasiswa ini, ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan seperti: menyelesaikan jenjang pendidikan SMA atau sederajat, memenuhi persyaratan keahlian berbahasa Korea yang sudah ditetapkan di setiap departemen, dan memiliki syarat keterampilan dan bakat yang dibutuhkan melalui pengajuan portofolio yang disyaratkan masing-masing jurusan serta beberapa syarat lainnya.

          Baca juga: Beasiswa S-1, S-2, dan S-3 di Jiangsu University China

Nah, itulah beberapa beasiswa fully funded S-1 di luar negeri yang bisa kamu pilih. Jika Hunters yang masih bingung ingin mencari beasiswa yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan, Schoters bisa menjadi tempat yang tepat untuk Hunters yang ingin berkonsultasi mencari beasiswa terbaik. Schoters sebagai jasa layanan tes beasiswa luar negeri siap membantu Hunters mencari program beasiswa yang tepat untuk masa depan.

Program Bimbingan Beasiswa ke Luar Negeri

Tertarik mendaftar beasiswa dan kampus di luar negeri? Segera persiapkan diri kamu dengan Schoters -> Cari program yang cocok dengan kebutuhanmu!

Ingin persiapan beasiswa tetapi masih ragu apakah profil kamu cocok? -> Yuk konsultasikan ke konsultan expert Schoters!

Beasiswa S-1 Luar Negeri