Bedah Kampus Bilkent University

Kuliah di Luar Negeri, 19 Des 2022

Kalau anda tertarik melanjutkan studi di Turki, anda mungkin bisa mempertimbangkan Bilkent University sebagai salah satu alternatif tujuan studi di negara yang terkenal dengan wisata balon udaranya ini. Bilkent University adalah salah satu universitas swasta yang berlokasi di Ankara, ibukota Turki. Universitas swasta pertama di Turki yang sudah berdiri sejak tahun 1984 ini secara konsisten terus mempertahankan kualitas pendidikan sehingga dapat terus menjadi salah satu universitas terbaik di Turki. Saat ini, Bilkent University berada di urutan ke-4 perguruan tinggi terbaik di Turki dan urutan 561-570 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia tahun 2023 versi QS.    

Selain kualitas pendidikan yang mumpuni, Bilkent University juga menawarkan berbagai fasilitas menarik untuk menambah pengalaman sosial dan budaya mahasiswa seperti 100 klub mahasiswa yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk bersosialisasi, Bilkent Cyberpark yang merupakan salah satu taman teknologi di Turki serta The Bilkent Symphony Orchestra yang menampilkan lebih dari 50 konser setiap tahunnya. Selain itu, mahasiswa di Bilkent University juga memiliki akses untuk menggunakan The Bilkent University Library yang juga merupakan perpustakaan akademik terluas di Turki.

Lalu program studi apa saja yang ditawarkan di universitas ini?

Program Studi di Bilkent University

Bilkent University membuka berbagai program studi di berbagai jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pascasarjana. 

Untuk jenjang sarjana, terdapat setidaknya 34 program studi di berbagai bidang seperti art, design and architecture, business administration, economics, administrative and social sciences, engineering, humanities and letter, science, music and performing arts dan applied sciences. Sementara itu, untuk jenjang pascasarjana, tersedia setidaknya 58 program studi di berbagai bidang seperti economics and social sciences, education dan engineering and science.

Yang menarik adalah pelajar internasional yang datang untuk belajar di Bilkent University juga tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa mengingat bahasa pengantar utama yang digunakan di Bilkent University adalah bahasa Inggris. Komunitas pelajar internasional yang cukup besar di Bilkent University dengan perwakilan dari 73 negara juga akan membantu pelajar internasional beradaptasi cepat dengan berbagai kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi ini. 

          Baca juga: Yuk Persiapkan Kuliah di Turki dengan Belajar Bahasa Turki! 

Mendaftar di Bilkent University

Prosedur pendaftaran, persyaratan dan dokumen pendukung yang diperlukan untuk mendaftar di Bilkent University dapat berbeda tergantung jenjang pendidikan yang dituju.

Pendaftaran jenjang sarjana di Bilkent University

Bagi calon mahasiswa jenjang S1 yang ingin melanjutkan studi di Bilkent University, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi pada saat pendaftaran antara lain :

Memiliki salah satu kualifikasi sebagai berikut :

  1. Ujian Nasional, dengan skor minimal 53 dari nilai total 60

    a. SAT, dengan skor reasoning test dengan skor minimal 900 (dari nilai total 1600) dan subject test dengan skor minimal 500 (dari nilai total 800)
    b. Cambridge International A Level
    c. International Baccalaurete (IB) dengan skor minimal 28 (dari nilai total 45) dengan minimal satu HL subject yang terkait dengan program studi yang dilamar
    d. Pemegang medali emas, perak atau perunggu dari International Science Olympiads yang diakui oleh TUBITAK (The Scientific and Technical Research Council of Turkey)

  2. Memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris seperti IELTS dengan skor minimal 6.5 (minimal 5.5 untuk semua band) dan TOEFL iBT dengan skor minimal 87 yang diperoleh dalam 2 (dua) tahun terakhir.

Calon mahasiswa wajib menyediakan kopi dokumen di atas dan menggungah seluruh dokumen melalui portal pendaftaran online pada tautan https://stars.bilkent.edu.tr/intapp/

Pendaftaran untuk jenjang Sarjana di Bilkent University umumnya dibuka pada bulan Februari – Juli setiap tahunnya.

Pendaftaran jenjang pascasarjana di Bilkent University

Persyaratan untuk pendaftaran jenjang pasca sarjana di Bilkent University cukup bervariasi, tergantung program studi yang diinginkan. Meskipun demikian, terdapat beberapa persyaratan umum yang perlu dipenuhi oleh seluruh calon mahasiswa pasca sarjana antara lain :

  1. Hasil ALES (Academic Personnel and Posggraduate Education Entrance Exam) atau GRE. Selain itu, pendaftar program studi pascasarjana di bidang business administration juga membutuhkan hasil GMAT. Skor minimal yang dibutuhkan untuk masing-masing program studi dapat dilihat langsung di website masing-masing fakultas
  2. Kemampuan berbahasa Inggris. Skor minimal yang dibutuhkan untuk masing-masing program studi dapat dilihat langsung di website masing-masing fakultas
  3.  Transkrip nilai
  4. Rekomendasi dari akademisi atau pihak lain yang dapat menilai kemampuan akademis pendaftar

Calon mahasiswa dapat mengunggah seluruh dokumen pendaftar yang dibutuhkan sesuai ketentuan program studi melalui portal pendaftaran online pada tautan https://stars.bilkent.edu.tr/gradapp/.

Batas waktu pendaftaran berbeda-beda tergantung pilihan program studi. 

          Baca juga: Ingin Kuliah di Turki? Simak Informasi Tentang Turkiye Burslari Scholarship 

Beasiswa yang Dapat Diikuti

Untuk membantu pelajar internasional melanjutkan studi di Bilkent University, Pemerintah Turki dan Bilkent University menyediakan beberapa beasiswa yang dapat dicoba antara lain :

  1. Turkiye Burslari Scholarship, sebuah program beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Turki bagi pelajar internasional di seluruh jenjang pendidikan yang ingin berkuliah di berbagai perguruan tinggi di Turki, termasuk Bilkent University. Beasiswa ini menanggung komponen pembiayaan mahasiswa mulai dari biaya kuliah, biaya kelas bahasa Turki selama 1 (satu) tahun, akomodasi, asuransi kesehatan sampai biaya penerbangan PP
  2. Partial atau full tuition waiver scholarship, yang diberikan Bilkent University kepada mahasiswa dengan prestasi akademik baik. Melalui beasiswa ini, mahasiswa bisa mendapatkan keringanan biaya kuliah sebesar 20-100% tergantung hasil seleksi yang dilakukan oleh universitas. Mahasiswa yang berhasil mendapatkan pembebasan biaya kuliah sepenuhnya (full tuitition waiver scholarship) juga mendapatkan kesempatan untuk mendaftar beasiswa akomodasi (accommodation scholarship) yang disediakan oleh universitas.

Ingin Kuliah di Turki? 

Hunters, apakah kamu ingin juga berkuliah di Turki? Jika kamu ingin berkuliah di luar negeri namun bingung harus memulai dari mana, yuk segera konsultasi bersama mentor expert Schoters! 

Bilkent University-1