Begini 5 Cara Kerja di Korea beserta Tipsnya Lengkap!

Kerja di Korea menjadi salah satu negara tujuan pengembangan karier bagi banyak orang. Selain terkenal sebagai negara dengan industri-industrinya yang maju, Korea juga membuka kerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam hal penyaluran tenaga kerja asal WNI ke Korea. Dengan bekerja di negara Korea, tentunya pengalaman yang didapatkan akan berbeda dan gaji yang ditawarkan di negara ginseng ini sangat menggiurkan. Yuk, simak 5 cara kerja di Korea dan 5 tips kerja di Korea yang wajib diketahui! 

 

A. 5 Cara kerja di Korea

1. Mengikuti program G to G

Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja Korea Selatan untuk membuka kerjasama penyaluran tenaga kerja asal WNI ke Korea melalui program Government to Government (G to G). Bekerja dengan mengikuti program ini akan memberikan berbagai keuntungan bagi para pekerja asal WNI dan juga akan dilindungi sebagai pekerja migran.

2. Bekerja di perusahaan dengan cabang di Korea

Jika Hunters adalah seorang dari lulusan perguruan tinggi, cobalah melamar kerja ke perusahaan yang memiliki cabang di Korea. Perusahaan tersebut bisa saja perusahaan Indonesia maupun perusahaan multinasional. Dengan perjalanan karier yang baik, bisa saja mengantarkan Hunters untuk ditempatkan di perusahaan cabang di Korea.

3. Menjadi asisten riset di institusi pendidikan Korea

Sebagai lulusan sarjana, Hunters memiliki kesempatan untuk menjadi seorang asisten riset. Banyak universitas di Korea yang membutuhkan asisten untuk membantu kemajuan riset di kampus. Namun, untuk bisa bekerja di bidang ini tentunya Hunters harus bisa berbahasa Korea.

4. Mencari informasi lowongan sendiri

Cara kerja di Korea selanjutnya adalah dengan rutin mencari informasi lowongan kerja sendiri. Cari tahu bidang dan posisi pekerjaan mana yang Hunters cari dan pastikan bahwa lowongan pekerjaan tersebut adalah lowongan kerja yang resmi dan terpercaya.

5. Menjadi lulusan dari sekolah atau universitas di Korea

Cara selanjutnya adalah dengan melanjutkan jenjang studi di universitas Korea. Setelah lulus dari universitas di Korea, peluang bekerja di Korea akan semakin terbuka lebar dan Hunters bisa mulai merencanakan karier untuk masa depan.

 

Baca Juga : Syarat Kerja dan Budaya Kerja di Korea yang Harus Diketahui!

 

B. 5 Tips agar bisa keterima kerja di Korea

1. Belajar bahasa Korea

Kemampuan bahasa Korea sangat penting apabila ingin bekerja di Korea. Oleh karena itu, tips pertama adalah Hunters dapat mulai belajar bahasa Korea dari sekarang. Hunters dapat mulai belajar secara otodidak atau mengikuti bimbingan bahasa Korea jika ingin hasil perkembangan kemampuan berbahasa yang lebih cepat.

2. Cari tahu tentang budaya di Korea

Sebelum memutuskan untuk bekerja di Korea, cari tahu terlebih dahulu tentang budaya di Korea. Hunters bisa mulai mencari tahu budaya kerja di sana dan budaya dalam bersosialisasi dengan masyarakat di Korea. Pengetahuan ini tentunya akan membantu Hunters agar bisa beradaptasi dengan baik saat keterima kerja di Korea.

3. Lakukan riset mendalam

Tips selanjutnya adalah melakukan riset mendalam tentang bidang dan posisi pekerjaan yang diinginkan. Hunters dapat riset seputar kualifikasi bidang kerja, pekerjaan yang dilakukan, dan jenis perusahaan apa yang akan menjadi target tujuan Hunters bekerja.

4. Penuhi semua persyaratan dan dokumen

Setiap bidang industri di Korea memiliki persyaratan dan kualifikasi yang berbeda-beda yang harus disiapkan. Dokumen yang umumnya harus disiapkan adalah visa kerja di Korea, sertifikat keahlian, ijazah, sertifikat kemampuan bahasa, dan lain-lain.

5. Latihan interview kerja

Jika Hunters mendapatkan kesempatan wawancara kerja dengan perusahaan di Korea, maka persiapkan diri dengan baik. Hunters dapat berlatih untuk mempersiapkan wawancara, seperti mencatat poin-poin penting yang ingin disampaikan ketika wawancara, memikirkan jawaban untuk pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara kerja, dan lain-lain.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja di Korea

Ingin lolos kerja di Korea? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.