Informasi Tentang Cara Beasiswa ke Jepang Setelah Lulus SMA

Dari tahun ke tahun, Jepang terus menjadi destinasi studi favorit bagi pelajar internasional dari seluruh penjuru dunia. Selain kualitas pendidikan kelas dunia yang dapat dibanggakan, Jepang adalah negara yang memiliki kekayaan budaya dan serta lingkungan yang aman, kondusif serta ramah pelajar yang membuat popularitas Jepang sebagai negara tujuan studi tidak pernah redup.

Menariknya lagi, terdapat banyak beasiswa yang bisa dicoba oleh pelajar internasional dari berbagai jenjang pendidikan, termasuk calon mahasiswa yang baru saja menyelesaikan pendidikan SMA. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih jauh tentang serba serbi cara mendapatkan beasiswa ke Jepang setelah lulus SMA.

Jenis Beasiswa Yang Tersedia di Jepang

Terdapat banyak sekali beasiswa di Jepang yang bisa dicoba oleh pelajar yang baru lulus SMA termasuk di antaranya :

  1. Beasiswa Pemerintah Jepang (MEXT)

  2. Beasiswa Japan Student Services Organization (JASSO)
  3. Beasiswa dari Pemerintah Lokal di Jepang
  4. Beasiswa dari institusi swasta lainnya

Baca juga: Kuliah di Jepang dengan Beasiswa MEXT-Undergraduate

Beasiswa Pemerintah Jepang (MEXT)

Beasiswa Pemerintah Jepang (MEXT) adalah beasiswa fully funded yang dibuka oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang untuk pelajar internasional yang tertarik untuk belajar di Jepang sejak tahun 1954. Terdapat 7 (tujuh) jenis beasiswa di bawah beasiswa MEXT ini, termasuk salah satunya adalah beasiswa program undergraduate atau Gakubu, yang dibuka untuk lulusan sekolah formal tingkat SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1 di Jepang. Beasiswa ini dibuka untuk berbagai jurusan yang termasuk dalam bidang studi seperti social sciences and humanities, natural sciences, agricultural studies, medicine and dentistry. 

Persyaratan Beasiswa

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa ini adalah sebagai berikut :

  1. Lulusan sekolah formal tingkat SMA/SMK dan sederajat

  2. Berusia maksimal 24 tahun pada saat pendaftaran dibuka
  3. Memiliki nilai pengetahuan semester 4 dan 5 minimal 84 untuk masing-masing mata pelajaran berikut :
    1. Pelamar yang memilih bidang studi IPA : Matematika, Bahasa Inggris, Kimia
    2. Pelamar yang memilih bidang studi IPS : Matematika, Bahasa Inggris
  4. Pelamar bidang studi kategori IPA tidak dapat mendaftar beasiswa ini apabila nilai pengetahuan mata pelajaran di atas kurang dari 84 walaupun memiliki sertifikat JLPT
  5. Pelamar bidang studi kategori IPS masih bisa mendaftar beasiswa ini apabila nilai pengetahuan mata pelajaran di atas kurang dari 84 dengan melampirkan sertifikat berikut :

     

    1. Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level N3
    2. J-Test minimal level D-E (500 poin)
    3. EJU minimal 240 poin unuk tes Bahasa Jepang
  6. Pelamar yang memiliki nilai EJU mata pelajaran apa pun akan menjadi poin tambahan

Tertarik berkuliah di Jepang setelah lulus SMA dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Prosedur Pendaftaran

Pelajar yang tertarik untuk mengikuti beasiswa ini dapat mendaftar melalui Kedutaan Besar Jepang (embassy recommendation) sebelum perkuliahan dimulai dengan prosedur sebagai berikut :

  1. Melakukan registrasi online melalui tautan https://daftar.beasiswamext.com/
  2. Setelah registrasi, email konfirmasi berisi nomor ujian akan dikirimkan ke alamat email masing-masing
  3. Lengkapi dokumen yang diperlukan, disusun sesuai urutan yang telah ditetapkan dan dimasukkan ke dalam 1 (satu) amplop besar (ukuran bebas) untuk dikirimkan ke Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Selain melalui Kedutaan Besar Jepang, pelajar juga dapat mendaftar beasiswa ini langsung ke universitas di Jepang (university recommendation). Tata cara pendaftaran dan batas waktu pendaftaran melalui jalur university recommendation dapat berbeda-beda tergantung sekolah asal sehingga pelajar disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan sekolah asal masing-masing untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran MEXT melalui jalur university recommendation.

 Beasiswa Japan Student Service Organization (JASSO)

Setiap tahunnya, JASSO membuka program beasiswa Monbukagakusho Honors Scholarship for Privately Financed International Students untuk pelajar internasional yang sudah diterima di berbagai jenjang pendidikan dan program studi di perguruan tinggi di Jepang, termasuk jenjang dan program studi di tingkat sarjana (undergraduate) yang umumnya ditempuh setelah lulus SMA.

Persyaratan Beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa ini, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai berikut :

  1. Memiliki visa untuk belajar di Jepang
  2. Mampu memenuhi persyaratan grade point yang ditentukan (termasuk kemampuan berbahasa)
  3. Dukungan keuangan yang diterima dari keluarga tidak boleh melebihi 90.000 Yen
  4. Penghasilan tahunan wali murid yang tinggal di Jepang tidak boleh melebihi 5.000.000 Yen

Prosedur Pendaftaran

Untuk mendaftar beasiswa ini, pelajar harus terlebih dahulu diterima di program studi salah satu perguruan tinggi di Jepang. Pelajar kemudian dapat meminta rekomendasi beasiswa dari perguruan tinggi masing-masing untuk diajukan dan diseleksi oleh Jasso untuk menerima beasiswa.

Beasiswa Pemerintah Lokal Jepang

Untuk mendukung pelajar internasional yang sedang melanjutkan studi di Jepang, banyak pemerintah lokal dan asosiasi lokal di Jepang yang juga menawarkan beasiswa kepada pelajar yang tinggal dan bersekolah di distrik masing-masing, termasuk pelajar yang berkuliah di jenjang Sarjana  Beberapa pemerintah lokal yang menawarkan beasiswa ini antara lain Kota Kitami di Hokkaido, Prefektur Iwate, Kota Ohtawara, Kota Shinjuku di Tokyo, Kota Kawasaki di Kanagawa, Kota Kyoto di Kyoto, Kota Kobe di Hyogo dan masih banyak lagi.

Persyaratan Beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa ini, pelajar harus terlebih dahulu diterima di program studi salah satu perguruan tinggi di Jepang. Tata cara, dokumen pendukung dan batas waktu pendaftaran berbeda-beda tergantung beasiswa yang dituju.

 Baca Juga: Beasiswa MEXT Tokyo Institute for Technology untuk Kuliah di Jepang

Beasiswa Institusi Swasta Lainnya di Jepang

Pelajar yang ingin melanjutkan studi dan diterima belajar di Jepang setelah lulus SMA juga bisa mencari tawaran beasiswa dari berbagai institusi swasta di Jepang. Persyaratan, tata cara dan dokumen pendukung yang diperlukan untuk beasiswa ini berbeda-beda tergantung organisasi penyedia beasiswa.

Beberapa institusi swasta yang membuka beasiswa untuk jenjang sarjana (undergraduate) bagi pelajar Indonesia antara lain The Asian Foundation for International Scholarship Interchange, Iizuka Takeshi Sholarship Foundation di Prefektur Tochigi, Ichihara International Scholarship Foundation di Prefektur Aichi, Inner Trip Foundation di Greater Tokyo Japan dan masing banyak lagi.

Tips Cara Mendapatkan Beasiswa di Jepang Setelah Lulus SMA 

Melihat banyaknya pihak yang menawarkan kesempatan beasiswa di Jepang setelah lulus SMA, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu pelajar internasional untuk mendapatkan beasiswa di Jepang setelah lulus SMA :

  1. Carilah informasi terbaru tentang beasiswa dari berbagai sumber resmi untuk mengetahui berbagai ketentuan mengenai beasiswa yang diinginkan seperti cakupan beasiswa, persyaratan beasiswa, prosedur beasiswa. Mengetahui informasi terbaru membantu diri mempersiapkan pendaftaran beasiswa sedari dini 
  2. Tingkatkan kemampuan berbahasa Jepang. Memang tidak semua beasiswa meminta bukti kemampuan berbahasa Jepang. Namun, untuk mendapatkan beasiswa ke Jepang setelah lulus SMA, bukti kemampuan berbahasa Jepang bisa memberikan keunggulan calon mahasiswa dibandingkan mahasiswa lain
  3. Tingkatkan nilai mata pelajaran saat masih duduk di bangku SMA. Salah satu persyaratan yang sering dilihat oleh penyedia beasiswa tentu saja adalah nilai mata pelajaran saat masih duduk di bangku SMA
  4. Memenuhi berbagai persyaratan dengan tepat. Tentu saja, memenuhi persyaratan pendaftaran sesuai ketentuan bisa membantu meningkatkan peluang anda mendapatkan beasiswa 

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Selamat mencoba!