Cek Panduan China AUN Scholarship Terlengkap Di Sini!

Program Beasiswa Pemerintah China AUN Scholarship adalah beasiswa penuh yang didirikan oleh Kementerian Pendidikan Republik Rakyat China untuk ASEAN University Network (AUN) yang mendukung siswa, guru, dan cendekiawan dari negara-negara ASEAN untuk belajar di China dan meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Beasiswa ini hanya mendukung mahasiswa pascasarjana, yaitu Magister dan Doktoral.

 

Cakupan China AUN Scholarship

Beasiswa ini mencakup studi utama dan studi bahasa Mandarin (persiapan). Kursus bahasa berlangsung selama satu tahun, sedangkan durasi beasiswa untuk studi utama sesuai dengan yang dipersyaratkan. Adapun cakupan lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Biaya kuliah
  2. Subsidi asrama atau akomodasi universitas gratis
  3. Uang saku sebanyak CNY 3,000 per bulan untuk program master, sedangkan mahasiswa program doktor sebanyak CNY 3,500 per bulan.
  4. Asuransi kesehatan komprehensif sebesar CNY 800 per orang per tahun atau CNY 400 per orang (untuk program yang berlangsung kurang dari enam bulan).

 

Universitas dan jurusan

Universitas-universitas China yang ditunjuk menawarkan program akademik kepada penerima beasiswa di bidang sains, teknik, pertanian, kedokteran, ekonomi, hukum, manajemen, pendidikan, sejarah, sastra, filsafat, dan seni rupa, dan lain-lain. Silakan kunjungi situs web http://www.campuschina.org untuk informasi lebih lanjut tentang universitas-universitas China dan jurusan yang ditawarkan.

 

Persyaratan umum China AUN Scholarship

  1. Menjadi warga negara anggota ASEAN (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam), serta dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani.
  2. Menjadi pemegang gelar Sarjana atau setara yang unggul secara akademis di bawah usia 35 tahun ketika melamar program Magister.
  3. Menjadi pemegang gelar Master atau sederajat yang unggul secara akademis di bawah usia 40 tahun ketika melamar program doktor.
  4. Telah lulus HSK (Level 4) saat melamar program pascasarjana yang diajarkan dalam bahasa Mandarin.
  5. Telah memperoleh IELTS atau TOEFL ketika mendaftar untuk program pascasarjana pengajaran bahasa Inggris.
  6. Memenuhi persyaratan penerimaan universitas pilihan dalam hal kemahiran bahasa dan kemampuan akademik, antara lain ketika mendaftar untuk program yang diajarkan dalam bahasa selain bahasa Mandarin.

 

Tertarik dengan beasiswa China AUN Scholarship dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

 

 

Baca Juga: Rekomendasi Beasiswa Kuliah ke China dan Tips Mendapatkannya!

 

Proses pendaftaran China AUN Scholarship

  1. Kandidat harus mengetahui universitas dan jurusan yang ditawarkan dengan mengunjungi situs web http://www.campuschina.org.
  2. Kandidat dapat:
  3. Mendaftar ke Sekretariat AUN untuk peluang Beasiswa Pemerintah China tanpa Surat pra-penerimaan apa pun. Dalam hal ini kandidat dapat memilih institusi pilihan mereka selama proses pendaftaran online.
  4. Ajukan permohonan ke universitas target untuk mendapatkan surat pra-penerimaan dan serahkan Surat tersebut bersama dengan dokumen pendaftaran ke Sekretariat AUN. Pelamar dengan dokumen penerimaan akan mendapatkan prioritas dalam meraih beasiswa.
  5. Pemohon harus mengisi dan menyerahkan Formulir Pendaftaran Beasiswa Pemerintah China secara online melalui http://www.campuschina.org dan klik “Aplikasi Beasiswa untuk Siswa” untuk membuat akun. Mohon diperhatikan bahwa Sekretariat AUN hanya menerima lamaran dalam versi bahasa Inggris.
  6. Masukkan detail pribadi dengan mengisi semua informasi, memverifikasi, dan menyimpan informasi. Setelah menyelesaikan bagian ini, kembali ke halaman sebelumnya dengan klik “Selesai” dan mulailah mengisi informasi aplikasi.
  7. Pilih Kategori Program “Tipe A”. Masukkan Nomor Agensi “00005” yang benar.
  8. Masukkan informasi pendaftaran, diikuti dengan bagian “Kemahiran Bahasa dan Rencana Studi” dan unggah “Dokumen Pendukung” sesuai permintaan, lalu klik “Kirim” untuk menyelesaikan aplikasi. 
  9. Ketika pelamar aplikasi “Tipe A” memilih “Preferensi Institusi”, sistem akan secara otomatis mencocokkan universitas yang tersedia sesuai dengan “Kategori Mahasiswa, Bahasa Pengajaran Pilihan” yang dipilih.
  10. Setelah aplikasi diserahkan, perubahan tidak dapat dilakukan pada “Detail Pribadi” dan “Informasi Aplikasi”.
  11. Klik “Cetak Formulir Aplikasi” dan unduh formulirnya.
  12. Menyerahkan permohonan beasiswa ke formulir online Sekretariat AUN (https://forms.gle/MQdbYnu4eSYQMY4u9) paling lambat 1 Maret 2024
  13. Hanya kandidat yang berhasil yang akan diinformasikan melalui email pada bulan Juli-Agustus 2024.

 

Persyaratan dokumen China AUN Scholarship

  1. Salinan paspor.
  2. Ijazah (fotokopi yang dilegalisir notaris).
  3. Transkrip Akademik.
  4. Sertifikat kemahiran bahasa (HSK/TOEFL/IELTS).
  5. Dokumen penerimaan atau pra-penerimaan dari universitas.
  6. Rencana studi atau penelitian yang ditulis dalam bahasa Inggris (tidak kurang dari 1000 kata/karakter untuk pascasarjana).
  7. Pelamar program seni atau desain harus menyediakan karyanya sendiri.
  8. Pelamar yang akan belajar selama lebih dari enam bulan harus menyerahkan salinan formulir pemeriksaan kesehatan fisik.
  9. Sertifikat catatan non-kriminal.

 

Deadline China AUN Scholarship

Setelah menyelesaikan prosedur aplikasi online di http://www.campuschina.org, harap menyerahkan semua dokumen softcopy melalui link pendaftaran online paling lambat tanggal 1 Maret 2024.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan China AUN Scholarship

Ingin lolos beasiswa China AUN Scholarship? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

china aun scholarship

Sumber : 

  1. https://www.aunsec.org/aun-action/scholarships/china-aun-scholarship-20232024